Home » Blog » 20 Olahan Makanan yang Mengandung Prebiotik Lezat dan Bernutrisi

20 Olahan Makanan yang Mengandung Prebiotik Lezat dan Bernutrisi

Sahabat Sehat pasti pernah bahwa mendengar makanan prebiotik memiliki banyak manfaat bagi tubuh terutama menjaga kesehatan saluran cerna. Baca terus artikel ini untuk menjelajahi 20 olahan makanan yang mengandung prebiotik lezat dan memiliki nutrisi tinggi untuk dijadikan sebagai referensi makanan kamu!

Makanan yang Mengandung Prebiotik

Pisang

pisang-lampung sesa

Pisang Lampung Sisir

  1. Smoothies Pisang Apel Biji Chia

Cara membuatnya cukup sederhana, cukup blender 1 buah pisang, 1 buah apel, 1 sdm biji chia dan sedikit air sesuai selera. Juga dapat dijadikan alternatif olahan makanan bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badannya karena kalorinya yang rendah namun sangat mengenyangkan.

  1. Smoothies Pisang, Susu Almond, Biji Chia

Smoothies ini dapat dijadikan sebagai camilan yang simpel, mengenyangkan dan sehat karena Sahabat Sehat bisa mendapatkan prebiotik dari ketiga bahan-bahannya.

Cara membuatnya tinggal blender 1 buah pisang beku dengan 250 ml susu almond coklat. Setelah itu taburi 1 sdm biji chia sebagai topingnya.

  1. Banana Mango Smoothies Bowl

Cara membuatnya siapkan 1 buah mangga dan 2 buah pisang beku, 150 ml yougurt plain, 3 buah stroberi yang dipotong-potong, 1 sdm biji chia, dan 2 sdm granola.

Setelah itu blender mangga, pisang dan yogurt. Lalu beri toping dengan biji chia, potongan stoberi, dan granola.

DAPATKAN MAKANAN MENGANDUNG PREBIOTIK DI SESA.ID

  1. Kolak Pisang

Apabila Sahabat Sehat punya stok pisang kepok dan ingin makanan yang hangat-hangat, cocok sekali jika pisang tersebut dibuat kolak. Cara membuatnya didihkan air dan masukkan gula merah, gula pasir, dan daun pandan kemudain aduk sampai larut.

Setelah itu masukan potongan pisang, tunggu sampai empuk. Terakhir, masukkan santan dan koreksi rasa.

  1. Pisang Yogurt Madu

Menu ini sangat enak dan praktis. Sahabat Sehat tinggal potong-potong 2 buah pisang, lalu tambahkan yogurt yang berasa dan 1 sdm madu.  Dan lebih nikmat apabila disajikan dalam keadaan dingin.

Oatmeal

oatmel makanan yang mengandung prebiotik

Oatmeal Makanan yang Mengandung Prebiotik

  1. Oatmeal Soya Yougurt Beri

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat oatmeal soya yougurt beri yaitu 5 sendok makan oatmeal, 200 ml susu kedelai, 3 sendok makan yougurt plain, 2 sendok makan granola, dan 50 gram buah beri.

Cara membuatnya juga Sahabat Sehat hanya perlu waktu sekitar 2 menit saja dengan cara tuang oatmeal, susu kedelai, yougurt, dan buah beri. Setelah itu, Oatmela soya yougurt beri siap disajikan. Bahan-bahan yang dingin lebih nikmat untuk disantap.

  1. Pancake Oatmeal

Bahan yang perlukan untuk membuat 1 porsi pancake yaitu 2 sdm tepung terigu, 3 sdm oatmeal, 1 sdm gula pasir, 75 ml susu UHT full cream, ½ butir telur, ¼ sdt baking powder, ¼ sdt kayu manis, ¼ sdt vanili.

Cara membuatnya Masukan semua bahan dan aduk rata. Tuang adonan di teflon. Balikkan pancake apabila sudah ada gelembung dan tunggu hingga matang. Angkat dan Sahabat sehat bisa menambahkan toping sesuai selera.

  1. Bubur Oatmeal Savoury

Bahan yang diperlukan untuk 2 porsi : 7 sdm oatmeal, 1 sdm mentega, 1 siung bawang putih cincang, 1 siung bawang merah iris, secukupnya air putih matang, 1/2 sdm saus tiram, 1/2 sdt kaldu bubuk, 1/2 sdt garam.

Untuk toppingnya telur rebus, ayam suir, minyak wijen, merica, irisan bawang daun dan kecap manis atau topping lain sesuai selera.

Cara membuatnya tumis bawang merah dan putih dengan mentega, masukan oatmeal, lalu masukan air secukupnya dan aduk rata.  Tambahkan saus tiram, kaldu bubuk, dan garam lalu aduk rata kembali sampai oatmeal matang merata. Setelah matang tambahkan topping diatasnya.

  1. Omlet Oat Bayam

Bahan yang diperlukan yaitu 1 butir telur, 15 gram oat, 1/2 ikat bayam rebus yang dipotong-potong, 40 gram dada ayam cincang, 1 buah tomat iris,  1 siung bawang putih dan 1 siung bawang merah cincang,  2 buah cabai rawit cincang, 1 sdm minyak goreng, ¼ sdt garam, secukupnya lada dan kaldu jamur.

Cara membuatnya tumis bawang merah, bawang putih, cabai.  Masukkan daging ayam cincang, masak sampai daging berubah warna. Kocok telur, campur dengan garam, lada, dan kaldu jamur. Masukkan bayam rebus, oat, dan tumisan di atas. Aduk sampai rata dan tata irisan tomat di atasnya.

  1. Tofu Oatmeal Asin Pedas

Bahan yang diperlukan 1 lenjer tofu, 1 sdm tepung maizena, 6 sdm oatmeal, 2 siung bawang putih iris. 3 buah cabe rawit, secukupnya garam dan penyedap rasa

Cara membuatnya  Goreng potongan tofu yang sudah dibaluri tepung maizena, sisihkan. Goreng sebentar oatmeal, sisihkan. Kemudian tumis bawang putih dan cabe rawit. Setelah wangi, kemudian masukan oatmeal yg sudah digoreng. Bumbui dengan garam dan penyedap,. Tes rasa, lalu masukkan tofu yg sebelumnya sudah digoreng. Aduk2 hingga bumbu merata.

Asparagus

asparagus makanan yang mengandung prebiotik

Asparagus Makanan yang Mengandung Prebiotik

  1. Cah Asparagus Jamur

Cara membuatnya tumis bawang bombay, masukan asparagus dan jamur yang telah dibersihkan dan dipotong-potong. Lalu  tambahkan sedikit air, garam, dan kaldu jamur. Koreksi rasa, dan taburi dengan bawang goreng agar lebih nikmat. Untuk porsi sesuai jumlah anggota keluarga ya!

  1. Asparagus Ebi

Menu asparagus lainnya yaitu asparagus ebi. Cara membuatnya pertama tumis ebidan bawang putih. Lalu masukkan asparagus yang telah dipotong, cabe, saus tiram, gula pasir, dan garam, aduk hingga tercampur rata.

Tambahkan air dan masak hingga air menyusut. Sahabat Sehat juga bisa mengganti ebi dengan udang. Selamat mencoba.

  1. Grill Asparagus

Cara membuatnya bersihkan asparagus dan buah bagian yang keras, lalu taburkan garam dan diamkan beberapa menit. Setelah itu, panaskan butter, masukkan cincangan bawang putih, tumis hingga harum. Kemudian masukkan asparagus, aduk hingga layu dan rata. Tambahkan garam dan sedikit lada sesuai selera.

Bawang Bombay

bawang bombay

Bawang Bombay

  1. Onion Ring Crispy

Cara membuatnya kupas, cuci, dan potong bawang bombay berbentuk lingkaran, pisahkan satu persatu lingkarannya. Rendam dengan air es selama 5 menit. Gulingkan potongan bombay ke adonan kering (tepung terigu).

Celupkan ke adonan basah (terigu+air). Balut dengan tepung roti (ulangi 2-3x) sesuai selera. Kemudian goreng bawang bombay di minyak panas hingga berwarna keemasan. Sajikan dengan saus pedas atau mayo akan lebih enak

  1. Sambal Bawang Bombay

Sambal bawang bombay ini bisa disajikan dengan berbagai menu makanan. Cara membuatnya tumis bawang bombay cincang, cabai dan tomat yang dihaluskan (jumlahnya sesuai selera). Setelah itu, tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk tumis sampai matang dan siap disajikan.

Kacang Hijau

Kacang Hijau

Kacang Hijau

  1. Kue Kacang Hijau Panggang

Bahan yang diperlukan : 150 gr kacang hijau, 100 gr gula pasir, 500 ml santan cair, 50 gr tepung beras, kelapa parut secukupnya, dan 1/4 sdt garam. Cara membuatnya: Rebus kacang hijau hingga lunak, angkat, lalu haluskan.

Lalu campur kacang hijau yang telah halus dengan gula, santan, tepung beras, garam, dan kelapa parut. Aduk campuran hingga rata. Masukkan campuran ke dalam loyang sambil dipipihkan dan panggang hingga kecoklatan. Keluarkan kue dari loyang kemudian potong kecil-kecil selagi panas.

  1. Es Kacang Hijau Kelapa

Bahan yang diperlukan : 150 gr kacang hijau kulit, rendam selama dua jam, 400 ml air, 2 lembar daun pandan, 50 gr gula pasir, 1/4 sdt garam, 2 buah kelapa dikeruk panjang, 500 gr es serut. Selanjutnya bahan kuah santan : 1000 ml santan cair, 1/2 sdt garam, 4 lembar daun pandan. Bahan sirup gula: 300 gr gula merah, 2 lembar daun pandan, 250 ml air, 1/2 sdt garam.

Cara membuat : Kukus kacang hijau yang telah direndam, selama 20 menit hingga mekar. Rebus kacang hijau, air, dan daun pandan hingga matang. Tambahkan garam dan gula kemudian aduk hingga larut. Sisihkan.

Kemudian ntuk membuat kuah santan, rebus santan, garam, dan daun pandan kemudian aduk hingga mendidih. Lalu untuk membuat sirup gula, rebus gula merah, air, daun pandan, dan garam sampai kental.

Setelah itu, siapkan gelas dan masukkan kacang hijau secukupnya. Taruh es serut di atas kacang hijau kemudian siram dengan kuah santan dan sirup gula.

  1. Es Kacang Hijau Nangka

Bahan yang diperlukan : 200 gr kacang hijau rendam 1 jam, 8 buah nangka yang dipotong dadu, 150 gr gula merah, 3 cm jahe geprek, 600 ml santan cair, 1/2 sdt garam, 2 lembar daun pandan.

Cara membuatnya rebus kacang terlebih dahulu hingga matang dan empuk. Masukkan santan, gula merah, jahe, garam, dan daun pandan ke dalam rebusan kacang. Aduk dan biarkan hingga mendidih, angkat, dan dinginkan.

Campurkan potongan daging nangka ke dalam rebusan kacang yang sudah matang. Sajikan beserta es batu.

Rumput Laut

  1. Sup Rumput Laut

Yang suka nonton drama korea pasti tidak asing dengan sup rumput laut. Bahan-bahannya : 300 ml air, 50 gr daging cincang, 1/2 sdm minyak wijen, 1/4 sdt Garam, 1/8 sdt merica, wijen sangrai untuk taburan.

Cara membuatnya rendam rumput laut selama 15 menit, tiriskan dan potong kecil.  Tumis bawang putih dengan minyak wijen, masukan daging sapi giling, lalu masukkan  rumput laut setelah beberapa saat.

Tambahkan air, masak hingga mendidih. Tambahkan garam dan merica sesuai selera.  Taburi dengan biji wijen yang sudah disangrai.

  1. Es Alpukat Rumput Laut

Bahan-bahan diperlukan : 1/2 buah alpukat, 50 gr rumput laut , 1 sdt biji selasih, secukupnya es batu. Bahan kuah : 50 gr santan, 2 sdm gula pasir, sejumput garam dan vanili bubuk, dan 300 ml air panas

Cara membuat : aduk bahan buah menjadi satu, biarkan dingin. Tuang kedalam alpukat, rumput laut, selasih. Aduk merata hingga bercampur. Terakhir tuang es batu secukupnya.

Apakah Sahabat Sehat tertarik mencoba resep-resep diatas? Sahabat Sehat dapat mengunjungi laman ini ya! https://sesa.id/ untuk mempersiapan bahan-bahannya ya!

banner_sesa_web_9_

cookpad

https://hellosehat.com/nutrisi/resep-sehat/resep-kacang-hijau/

Sumber gambar : pexels