fbpx
Skip to content
Home » Blog » 16 Rekomendasi Makanan untuk Diet Menurtu Ahli Gizi

16 Rekomendasi Makanan untuk Diet Menurtu Ahli Gizi

Makanan untuk diet

Makanan untuk diet penurunan berat badan dapat menggunakan berbagai makanan sehat dan bergizi. Prinsip diet penurunan berat badan adalah mengurangi jumlah konsumsi makanan tertentu dengan kandungan energi dan lemak tinggi. Dan untuk mengetahui makanan apa saja yang direkomendasikan baca makanan untuk diet berikut.

Sebaliknya  menambah jumlah konsumsi makanan tertentu dengan kandungan energi dan lemak rendah. Apakah makanan untuk diet harus bernilai mahal? Tentu tidak, karena banyak sekali jenis makanan lokal khas Indonesia yang dapat digunakan untuk diet.

Rekomendasi Makanan untuk Diet Dari Ahli Gizi

Beberapa jenis makanan berikut dapat menjadi pilihan diet sahabat sehat sehari-hari

  1. Roti Wheatgrass

Roti wheatgrass dapat menjadi salah satu pilihan sahabat sehat untuk sarapan sehari-hari. Selain mengenyangkan lebih lama, roti ini juga menambah asupan serat sehari-hari. Konsumsi roti ini secara rutin dapat menghindarkan tubuh dari penyakit jantung koroner, stroke, dan diabetes melitus.

roti wheatgrass

Roti Tawar

  1. Beras Merah Makanan untuk Diet

Beras merah dapat menjadi pengganti beras biasa yang sahabat sehat konsumsi. Kandungan serat yang tinggi pada beras ini dapat membantu menurunkan berat badan dan mengontrol gula darah.

Jika sahabat sehat belum bisa mengkonsumsi beras merah secara utuh, mungkin bisa dicoba dengan mencampurkan beras putih yang biasa dikonsumsi dengan beras merah.

Beras Merah Organik

Berah Merah Organik

  1. Telur

Telur adalah penyumbang asupan protein dengan harga yang cukup terjangkau dibandingkan bahan pangan protein hewani lainnya. Cara pengolahannya yang mudah membuat telur cocok disajikan untuk menu sarapan, makan siang, maupun makan malam.

Namun perlu diingat sahabat sehat, untuk anda yang berusia dewasa maupun lansia, sebaiknya konsumsi kuning telur perlu dibatasi sebanyak 3 butir per minggu karena tingginya kandungan kolesterol dalam kuning telur.

  1. Ayam

Konsumsi daging ayam yang cukup tinggi membuat ayam menjadi salah satu bahan pangan yang menjadi menu masakan wajib di setiap rumah tangga.

Jika ingin lebih sehat, anda bisa mengkonsumsi daging ayam tanpa kulit dan diolah dengan menggunakan sedikit minyak. Hindari pengolahan ayam dengan cara digoreng ya agar asupan lemak jenuh anda tidak terlalu tinggi.

ayam kampung natural lebih bergizi

Ayam Kampung Natural

  1. Tempe Salah Satu Makanan untuk Diet

Kandungan protein dan isoflavon yang tinggi pada tempe dapat menjadi pilihan menu sehat yang wajib ada dalam piring makan sahabat sehat. Tempe juga tinggi akan asam lemak tidak jenuh yang dapat membantu tubuh mengontrol kadar kolesterol, tekanan darah, dan kadar gula darah.

Sahabat sehat tidak perlu bingung untuk mengolah tempe menjadi menu olahan apa, karena banyak sekali menu yang bisa dibuat dari tempe. Asupan protein dari pangan protein hewani dapat anda kurangi dan mengganti dengan protein dari tempe.

  1. Kacang Kedelai Hitam

Kacang kedelai hitam adalah bahan baku pembuat kecap yang tinggi akan protein dan serat. Konsumsi kacang kedelai hitam secara rutin dapat menghindarkan tubuh dari penyakit kardiovaskuler. Kacang kedelai hitam sangat nikmat jika dicampur ke dalam olahan salad anda.

  1. Kacang Merah Makanan untuk Diet

Sama halnya seperti kacang kedelai hitam, kacang merah tinggi akan protein dan serat. Kacang merah dapat diolah menjadi sup bersama daging dan sayuran atau dibuat menjadi makanan pembuka bersama salad.

Sumber Prebiotik Kacang Merah

Kacang Merah

  1. Edamame

Meskipun edamame bukan pangan lokal khas Indonesia, namun tidak ada salahnya jika sahabat sehat sekali-kali mengonsumsi edamame rebus untuk mendapatkan asupan protein. Edamame rebus dapat menjadi salah satu pilihan menu sehat yang bisa dikonsumsi di waktu senggang.

  1. Tomat

 Tomat dapat dikonsumsi dalam bentuk sup, sambal, atau menjadi camilan sehat diantara waktu makan utama. Kandungan antioksidannya yang tinggi dapat menghindarkan tubuh dari radikal bebas serta meningkatkan imunitas tubuh.

  1. Bayam Merah Makanan untuk Diet

Bayam merah dapat digunakan untuk olahan menu ketika diet. Sayuran ini bermanfaat dalam pembentukan hemoglobin darah serta tinggi antioksidan. Jika tidak ingin mengolah terlalu rumit, sahabat sehat cukup mengukus atau merebusnya untuk dijadikan sebagai cemilan.

Bayam Merah Organik Bergizi tinggi

Bayam Merah Organik

  1. Pare

Meskipun pare memiliki citarasa pahit, namun tidak sedikit orang yang suka mengkonsumsi pare baik sebagai lalapan maupun menjadi olahan tertentu.

  1. Paprika

Warna paprika yang berwarna-warni dan terang mencirikan sayuran ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Konsumsi paprika dalam menu olahan sayuran sehari-hari dapat meningkatkan imunitas tubuh.

paprika Makanan untuk Diet

Paprika Merah

  1. Seledri

Seledri adalah jenis sayuran yang paling sering terkontaminasi dengan pestisida dan bahan kimia berbahaya lain. Dengan cara pertumbuhan organik, sahabat sehat tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi seledri.

  1. Apel

Apel dapat menjadi pilihan buah ketika sedang diet karena buah ini memberikan rasa kenyang lebih lama. Konsumsi apel secara rutin juga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler. Apel dapat digunakan sebagai menu makan pagi atau makan malam.

Apel Fuji Premium Makanan untuk Diet

Apel Fuji Premium

  1. Strawberry

Dibandingkan dengan produk organik, pihak Soil Association menyebutkan bahwa apel non-organik rata-rata disemprot dengan pestisida 16 sampai 30 kali. Jadi, tidak ada salahnya jika sahabat sehat membayar sedikit lebih mahal untuk makanan sehat organik sebagai salah satu menu diet daripada mengeluarkan biaya pengobatan karena sakit yang ditimbulkan dari makanan non-organik.

  1. Ikan

Ikan memiliki kandungan asam lemak tidak jenuh yang tinggi, sehingga sangat baik digunakan sebagai salah satu menu diet karena dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Semua jenis ikan dapat digunakan sebagai makanan untuk diet.

Namun alangkah baiknya memilih ikan laut dalam yang lebih tinggi kandungan omega nya. Hindari pengolahan ikan dengan cara digoreng karena minyak yang digunakan dapat meningkatkan asupan energi dan lemak.

Sahabat sehat dapat mengolah ikan dengan cara dikukus, dierebus, atau dipanggang dengan menambahkan berbagai sayuran bewarna untuk semakin memperkaya kandungan gizinya.

Resep makanan sehat protein hewani

Ikan Salmon Makanan untuk Diet

Anjuran Diet Sehat Sesuai PGS

    • Konumsi makanan diet harus tetap memperhatikan anjuran porsi makan sesuai pedoman gizi seimbang (PGS).
    • Ingat, jangan menghilangkan atau tidak mengonsumsi sama sekali salah satu kelompok pangan ya sahabat sehat.
    • Faktor yang paling menentukan kualitas asupan gizi tetaplah keberagaman bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.
    • Tidak ada satupun bahan makanan yang memiliki kandungan zat gizi yang sempurna.
    • Sebaiknya sahabat sehat menyesuaikan anggaran belanja dan kebutuhan sehari-hari agar tetap sehat dengan makanan sehat dan bergizi.
    • Yang terpenting adalah, makanan untuk diet tidak harus selalu bernilai mahal karena kita bisa memanfaatkan pangan lokal yang sedang musim di daerah sekitar dengan mengolah menggunakan gula, garam, dan minyak yang minim.
    • Selain itu, cara pengolahan makanan harus menjadi perhatian. Olah makanan dengan memperhatikan aspek kebersihan dan keamanan pangan agar makanan terhindar dari cemaran mikroba.
    • Jika anda mengolah pangan protein hewani, gunakan bumbu penyedap seperlunya saja karena rasa gurih bisa berasal dari makanan itu sendiri.
    • Cara pengolahan dengan cara ditumis menggunakan sedikit minyak, direbus, atau dipanggang lebih sehat dibandingkan dengan digoreng menggunakan minyak yang sangat banyak.

Nah, selamat berkreasi sendiri sahabat sehat untuk membuat makanan untuk diet dari dapur rumah anda.

banner-web-sesa-roti

 

http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK%20No.%2041%20ttg%20Pedoman%20Gizi%20Seimbang.pdf

https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/healthy-diet

Sumber Gambar :

Sesa.id

https://www.freepik.com/