Home » Blog » Makanan yang Menyehatkan Ginjal Harus Mengandung Ini

Makanan yang Menyehatkan Ginjal Harus Mengandung Ini

Makanan yang menyehatkan ginjal

Sahabat sehat setidaknya ada 8 jenis kandungan yang harus ada pada makanan yang menyehatkan ginjal dan bisa menjaga fungsi ginjal dengan baik. Lalu Apa saja kandungan tersebut dan bagaimana perannya terhadap ginjal serta apa sajakah makanannya, selengakpanya dibawah ini.

Sebelum mengetahui makanan yang menyehatkan ginjal ada baiknya mengetahui terlebih dahulu fungsi ginjal. Dilansir dari website kemenkes.go.id penjelasan mengenai ginjal adalah sebagai berikut.

Ginjal merupakan organ penting yang berfungsi menjaga komposisi darah dengan mencegah menumpuknya limbah dan mengendalikan keseimbangan cairan dalam tubuh, menjaga level elektrolit seperti sodium, potasium dan fosfat tetap stabil, serta memproduksi hormon dan enzim yang membantu dalam mengendalikan tekanan darah, membuat sel darah merah dan menjaga tulang tetap kuat.

DAPATKAN SAYUR YANG MENYEHATKAN GINJAL DI SESA.ID

Makanan yang Menyehatkan Ginjal Harus Mengandung Ini

  1. Makanan Rendah Kalium atau Potasium

Potasium atau kalium merupakan elektrolit dalam tubuh yang jika berlebihan dalam tubuh akan menganggu fungsi dari ginjal. Dengan menkonsumsi makanan yang renah kalium akan membantu meringakan fungsi kerja ginjal sebagai menjaga level elektrolit dalam tubuh. Berikut makanan yang memiliki rendah potasium atau kalium.

  • Paprika Merah
  • Sayur Kale
  • Buah Apel
  • Kol
  • Kubis
  • Kacang Polong
  • Kacang Hijau
  • Nanas

Kale Batang Organik

Kale Batang Organik

  1. Mengandung Sedikit Fosfor

Salah satu fungsi ginjal ialah yang menstabilkan level elektrolit salah satunya fosfat. Dan fosfor adalah salah satu senyawa yang terkandung dalam fosfat.Sehingga dengan memilih untuk konsumsi makanan rendah fosfor akan membantu menyehatkan ginjal karena akan membantu tugas ginjal dalam menjaga level elektrolit dalam tubuh, Beberapa makanan yang memiliki kandungan sedikit fosfor adalah berikut ini.

  • Susu Kedelai
  • Keju
  • Putih Telur

Kacang kedele organik contoh makanan organik

Kacang Kedelai 

  1. Makanan yang Mengandung Anti Inflamasi

Anti inflamasi atau lebih dikenal dengan anti radang adalah sifat yang dimiliki makanan tertentu yang berperan besar dalam mengurangi radang. Makanan yang mampu sebagai anti inflamasi adalah makanan yang mengandung kandungan sebagai berikut.

  1. Makanan yang mengandung banyak Protein

    1. Putih telur
    2. Buah Apel
  2. Makanan yang mengandung lemak omega 3

    1. Ikan ( Ikan sarden, kakap, Salmon, Makerel)
    2. Kacang – Kacangan (Edamame, kedelai, walnut, almond, hazelnut)
  3. Mengandung Asam Oleat

    1. Minyak Zaitun
    2. Bawang Putih

https://sesa.id/pomace-olive-oil-sesa-1-l.html

  1. Mengandung Antioksidan dan Antosianin

Dengan konsumsi makanan yang mengandung antioksidan akan mampun menjaga kesehatan ginjal karan mampu meringkan tugas ginjal sebagai mencegah tumpukan limbah dalam tubuh. Berikut ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi menjaga Kesehatan ginjal adalah sebagai berikut.

  • Blueberry
  • Biji – Bijian (quinoa, biji bunga matahari, biji chia, biji labu, biji rami)

https://sesa.id/sayur-dan-buah/blueberry-125-g.html

  1. Makanan dengan Lemak Tak Jenuh

Salah satu alasan mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak tak jenuh adalah karena untuk melindungi ginjal dari degenerasi ginjal. Berikut makanan yang mengandung lemak tak jenuh.

  • Minyak Zaitun
  1. Dengan Kandungan Fitokimia

Salah satu fungsi dari fitokimia ialah membantu mencegah radikal bebas sehingga mampu membuat fungsi ginjal lebih baik lagi dalam mencegah penumpukan limbah dalam tubuh. Berikut makanan yang mengandung fitokimia ialah sebagai berikut.

  • Kubis
  1. Makanan yang Mengandung Asparigin

Kandungan asparigin dalam makanan mampu bekerja sebagai pembersih organ ginjal secara alami. Dengan kandungan ini akan membuat tugas ginjal lebih baik karena asparigin mampu membersihkan ginjal sehingga bekerja lebih efektif. Salah satu makanan yang mengandung asparigin ini ialah sebagai berikut

  • Asparagus

https://sesa.id/asparagus-natural-250-gr.html

  1. Makanan Memiliki Kandungan Vitamin A

Vitamin A memiliki peranan dalam tubuh sebagai pembentuk atau memproduksi jaringan epitel. Yaitu jaringan yang melapisi tabug filtrasi kecil di dalam ginjal dan saluran kemih. Banyak makanan yang mengandung vitamin A salah satu makan yang baik dan menyehatkan ginjal adalah sebagai berikut.

  • Apel

Sahabat sehat diatas adalah kandungan yang setidaknya dimiliki makanan yang menyehatkan ginjal. Dengan mengonsumsi makanan diatas merupakan salah satu usaha untuk mengatasi agar ginjal tetap sehat dan terjauhi dari penyakit kronis ginjal.

Dilansi dari website kemkes.go.id penyakit kronis ginjal atau PGK ialah. Penyakit ginjal kronis merupakan masalah kesehatan masyarakat global dengan prevalens dan insidens gagal ginjal yang meningkat, prognosis yang buruk dan biaya yang tinggi.

https://sesa.id/sayur-dan-buah.html

https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/61c976129fcd5/10-makanan-untuk-memperbaiki-fungsi-ginjal-yang-harus-diketahui

https://www.halodoc.com/artikel/inilah-8-makanan-yang-baik-untuk-kesehatan-ginjal

https://www.alodokter.com/daftar-makanan-yang-baik-untuk-ginjal

https://www.kompas.com/tren/read/2019/11/11/054200865/10-daftar-makanan-yang-baik-untuk-ginjal?page=all

https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-ginjal-2017.pdf

Gambar:

Pexels.com

Sesa.id