Home » Blog » Inilah 22 Manfaat Apel Fuji Organik Untuk Terhindar Dari Berbagai Penyakit

Inilah 22 Manfaat Apel Fuji Organik Untuk Terhindar Dari Berbagai Penyakit

Manfaat Apel Fuji Organik

Mengenal Apel Fuji Organik

Apel merupakan salah satu buah yang popular di dunia. Buah apel telah dipercaya sejak dulu memiliki aneka ragam manfaat Kesehatan dengan didukung oleh berbagai macam penelitian dari para ahli. Buah Apel mengandung antioksidan, vitamin, serat makanan, dan berbagai zat gizi lainnya yang dapat membantu mencegah timbulnya beberapa penyakit. Sebenarnya apa saja sih manfaat manfaat apel fuji untuk lebih jelasnya baca informasi berikut.

Buah Apel terdiri dari berbagai bentuk, warna, dan rasa dan menyediakan berbagai macam zat gizi yang dapat bermanfaat bagi berbagai aspek kesehatan seseorang. Salah satu apel yang banyak diminati adalah Apel Fuji. Apel Fuji memiliki ukuran yang besar, rasa manis madu, bertekstur keras, segar dan berair serta memiliki serat buah yang padat.

Kandungan Gizi Apel Fuji Organik

Apel Fuji memiliki kandungan gizi yang beragam seperti energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, serta bebagai macam vitamin dan mineral. Selain itu, Apel Fuji juga kaya akan polifenol dan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi Kesehatan tubuh kita.

Kandungan Gizi Apel Fuji

Kandungan Gizi Apel Fuji Organik

Manfaat Apel Fuji Organik

Dengan kandungan gizi yang  sangat beragam, tidak heran bila apel fuji memiliki segudang manfaat Kesehatan. Berikut ini adalah 22 manfaat Apel fuji yang perlu sahabat sehat ketahui!

  1. Menurunkan Kolesterol

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa terdapat hubungan konsumsi apel dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular. Hal ini diduga terkait dengan manfaat penurun kolesterol dari serat larut yang terdapat dalam apel. Kandungan serat pada buah apel dapat membantu mencegah naiknya kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh.

Serat membantu mencegah penumpukan kolesterol pada lapisan dinding pembuluh darah, sehingga menurunkan kejadian aterosklerosis (pembatasan aliran darah di arteri akibat penumpukan plak) dan penyakit jantung. Hal ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi apel secara teratur juga dapat mengurangi peradangan yang menjadi pemicu penuaan dini dan munculnya berbagai macam penyakit.

  1. Menjaga Berat Badan Ideal

Apel kaya akan kandungan serat. Konsumsi pangan sumber serat dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal. Serat yang terkandung dalam apel dapat membantu menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama bila dikonsumsi. Untuk membantu menjaga berat badan, Sahabat sehat dapat mengonsumsi buah ini sebagai salah satu alternatif menu diet.

CEK APEL FUJI DI SESA.ID

  1. Manfaat Apel Fuji Menjaga Kadar Gula Darah

Manfaat buah apel selanjutnya adalah dapat membantu menjaga kadar gula darah untuk tetap dalam batas normal. Buah Apel mengandung serat yang membantu memperlambat pencernaan, membuat sahabat sehat merasa kenyang lebih lama, dan juga memperlambat pencernaan glukosa, sehingga kadar gula darah dapat terkontrol.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Apel kaya akan kandungan vitamin C yang merupakan sumber antioksidan alami. Antioksidan berperan dalam menjaga daya tahan tubuh. Antioksidan mampu mencegah berbagai macam kerusakan sel yang disebabkan oleh adanya radikal bebas. Selain itu, vitamin C dalam apel juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan infeksi, baik infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri.

  1. Manfaat Apel Fuji Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat apel berikutnya adalah mampu membantu menjaga kesehatan jantung. Apel mengandung serat, vitamin C, antioksidan, dan kalium. Serat dapat membantu mengontrol tekanan darah, yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Sebuah penelitian menemukan bahwa asupan serat yang lebih tinggi berhubungan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

Vitamin C adalah antioksidan yang, bersama antioksidan lainnya, dapat berperan dalam melindungi beberapa aspek kesehatan jantung. Vitamin C juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mempertahankan tubuh dari infeksi dan penyakit. Kalium membantu pembuluh darah bekerja lebih rileks, mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan komplikasi kardiovaskular.

  1. Mencegah Kanker

Mengkonsumsi makanan kaya antioksidan dapat membantu mencegah stres oksidatif yang menyebabkan kerusakan sel dan dapat menyebabkan perkembangan kanker tertentu. Apel merupakan sumber antioksidan yang baik. Satu penelitian meta-analisis yang dilakukan pada tahun 2016 menyimpulkan bahwa mengonsumsi apel dapat membantu menurunkan risiko kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker kolorektal.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat apel lainnya yang perlu sahabat sehat ketahui adalah dapat menjaga kesehatan tulang. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat besi dan kalium yang terdapat dalam buah apel. Zat besi dan kalium berperan dalam menjaga kepadatan serta kekuatan tulang. 

Tidak hanya itu saja, kandungan antioksidan yang terdapat dalam apel juga dapat berperan sebagai antiinflamasi yang bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan massa tulang seiring bertambahnya usia.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes

Apel mengandung karbohidrat kompleks sehingga meskipun rasanya manis tetapi tidak akan membuat gula darah Sahabat sehat melonjak secara drastis. Apel adalah salah satu buah yang mempunyai indeks glikemik rendah sehingga diyakini baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

Pada tahun 2013, sebuah studi menemukan bahwa orang yang mengganti tiga porsi jus buah per minggu dengan jumlah buah utuh yang sama, termasuk apel, memiliki risiko 7% lebih rendah terkena diabetes tipe 2 daripada mereka yang tidak mengonsumsi buah.

Juga bagi mereka yang mengonsumsi serat lebih banyak memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Namun, penderita diabetes tetap disarankan untuk memeriksa kadar gula darah secara rutin dan makan apel segar–dibandingkan dengan produk apel kemasan (misalnya jus)

  1. Memelihara Kesehatan Pencernaan

Tentu sahabat sehat pernah mendengar bahwa serat itu baik untuk perncernaan. Dan apa yang sahabat sehat dengar itu merupakan sebuah fakta. Kedua jenis serat (larut dan tidak larut) memiliki peran penting dalam pencernaan. 

Buah Apel mengandung kedua jenis serat tersebut. Serat larut membantu memperlambat pencernaan, membuat sahabat sehat merasa kenyang lebih lama, dan juga memperlambat pencernaan glukosa, yang membantu mengontrol gula darah. Sementara itu, serat tidak larut dapat membantu proses pencernaan dan membantu mengatasi sembelit.

  1. Manfaat Apel Fuji Untuk Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan Quercetin dan flavonoid pada apel dapat membantu mengurangi kematian sel yang terjadi akibat proses penuaan. Tingginya antioksidan yang terdapat dalam apel dapat  membantu fungsi memori dan memelihara kesehatan otak.

  1. Meningkatkan Memori

Kandungan quercetin dan antioksidan dalam apel dapat berperan dalam mengurangi risiko terjadinya Alzheimer. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam apel juga dipercaya dapat meningkatkan memori otak.

  1. Menurunkan risiko hipertensi

Apel merupakan salah satu buah dengan kandungan serat yang tinggi. Serat pada buah apel dapat membantu mencegah meningkatnya lemak jahat atau kadar LDL di dalam tubuh. Serat membantu mencegah penumpukan kolesterol pada lapisan dinding pembuluh darah, sehingga menurunkan kejadian aterosklerosis. Hal ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Apel juga dapat berperan dalam membantu menjaga kesehatan kulit. Antioksidan yang terkandung dalam apel dapat meminimalisir kandungan radikal bebas dalam sel sehingga mencegah keriput dan perubahan kulit lainnya.

  1. Menjaga Kesehatan gigi

Gigi yang putih dan bersih adalah impian banyak orang. Perlu sahabat sehat ketahui bahwa buah apel memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu membersihkan gigi secara alami. Apel juga dapat membantu meningkatkan sekresi saliva yang dapat melawan bakteri secara alami. Meskipun demikian, sahabat sehat tetap perlu menyikat gigi ya.

  1. Melawan Asma

Antioksidan berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama karena fungsinya untuk menangkal efek buruk radikal bebas seperti kerusakan sel. Apel yang kaya akan antioksidan dapat membantu melindungi paru-paru dari kerusakan oksidatif. 

Sebuah penelitian besar yang diikuti lebih dari 68.000 wanita menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi apel lebih banyak memiliki risiko asma paling rendah. Selain itu, kulit apel juga mengandung flavonoid quercetin yang dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

  1. Mengatasi Bau Mulut

Apel mengandung senyawa pektin yang dapat meningkatkan produksi air liur dan berguna untuk membersihkan mulut dan mengontrol bau dalam mulut.

  1. Mencegah Batu Empedu

Batu empedu dapat terbentuk ketika kadar kolesterol dalam tubuhsahabat sehat cukup tinggi. Untuk mencegah kondisi ini terjadi, mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti yang terkandung dalam apel, dapat mengendalikan kadar kolesterol sehingga pembentukan batu empedu dapat dicegah.

Manfaat apel fuji organik

Apel Fuji Premium

  1. Manfaat Apel Fuji Untuk Menangkal Radikal Bebas

Apel Fuji kaya akan serat, vitamin, dan mineral, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan. Apel fuji juga mengandung banyak antioksidan, seperti quercetin, katekin, phloridzin, dan asam klorogenik. Antioksidan berperan dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama karena fungsinya untuk menetralisir radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul reaktif yang dapat terbentuk sebagai akibat dari proses alami dan tekanan lingkungan. Jika terlalu banyak radikal bebas menumpuk di dalam tubuh maka dapat menyebabkan stres oksidatif. Bila hal ini terus berlanjut maka dapat menyebabkan kerusakan sel. Kerusakan sel ini dapat mengakibatkan berbagai kondisi, termasuk kanker dan diabetes.

  1. Meneteralkan sindrom iritasi usus

Sindrom iritasi usus ditandai dengan adanya konstipasi, diare, sakit perut dan kembung. Hal ini dapat dihindari dengan membatasi konsumsi susu, lemak dan produk olahannya serta menigkatkan asupan serat. Apel banyak mengandung serat yang baik untuk Kesehatan tubuh sahabat sehat semuanya.

  1. Menurunkan Risiko Obesitas

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan tahun 2019, apel mengandung senyawa bioaktif yang dapat membantu meningkatkan bakteri usus yang sehat. Bakteri baik tersebut dapat membantu mengoptimalkan Kesehatan pada orang dengan obesitas. Kandungan serat yang terdapat pada Apel juga dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama dan membuat mereka cenderung tidak makan berlebihan.

  1. Manfaat Apel Fuji Menurunkan Risiko Stroke

Sebuah penelitian terdahulu yang dilakukan pada tahun 2000 menunjukkan bahwa  mengonsumsi apel selama 28 tahun memengaruhi risiko stroke pada 9.208 orang. Penelitian ini menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi apel lebih banyak memiliki risiko stroke trombotik yang lebih rendah. 

Apel mengandung banyak zat gizi yang dapat menurunkan risiko stroke. Suatu penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi serat lebih banyak banyak memiliki risiko penyakit kardiovaskular, penyakit jantung koroner, dan stroke yang lebih rendah.

  1. Meningkatkan Efek Prebiotik dan Bakteri Usus Yang Baik

Apel mengandung pektin, sejenis serat yang bertindak sebagai prebiotic dan berguna untuk memberi makan bakteri baik di usus Sahabat sehat semua. Usus kecil tidak menyerap serat selama pencernaan. Sebaliknya, ia menuju ke usus besar dan dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik.

Kini, Sahabat sehat telah paham betul berbagai manfaat apel fuji untuk menunjang kesehatan tubuh. Mulai sekarang, tidak ada kata menunda untuk tubuh yang sehat, investasikan kesehatan dengan memilih anekaragam buah-buahan dengan kualitas dan kebersihan terjaga di SESA aja!

https://www.medicalnewstoday.com/articles/267290#benefits

https://panganku.org/id-ID/view

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3978819/

https://www.cambridge.org/core/journals/public-health-nutrition/article/apple-intake-and-cancer-risk-a-systematic-review-and-metaanalysis-of-observational-studies/FA751EC6DB3CA3627E0218950AC106CC

https://www.healthline.com/nutrition/10-health-benefits-of-apples#TOC_TITLE_HDR_9

https://www.sehatq.com/artikel/menelaah-kandungan-apel-buah-favorit-dengan-rasa-yang-legit#manfaat-buah-apel-untuk-kesehatan

https://katadata.co.id/iftitah/berita/6178d279cf579/7-manfaat-buah-apel-untuk-kesehatan-jaga-jantung-dan-cegah-diabetes

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-apel-untuk-kesehatan/