Home » Blog » Kontrol Kadar Gula Anda dengan Konsumsi Buah Naga untuk Diabetes

Kontrol Kadar Gula Anda dengan Konsumsi Buah Naga untuk Diabetes

buah naga untuk diabetes

Seperti jenis buah pada umumnya, buah naga termasuk jenis buah lokal yang mengandung banyak manfaat serta khasiat untuk kesehatan manusia. Buah naga untuk diabetes merupakan salah satu manfaat yang bisa Sahabat Sehat dapatkan dari menyantap buah kaya serat ini.

Risiko Penyakit Diabetes

Siapa bilang kalau sakit hanya terjadi pada kalangan orang tua. Mari kita tinjau salah satu penyakit yang sering dijumpai di sekitar kita, diabetes. Penyakit diabetes dapat mengancam siapa saja tanpa apapun jenis kelaminnya dan berapapun usianya.

Penyakit diabetes terjadi karena adanya penumpukkan kadar glukosa yang tidak dapat lagi diserap oleh sel-sel di dalam tubuh. Jangan pernah anggap sepele penyakit ini, tanpa penanganan segera, penyakit diabetes akan semakin memburuk dan dapat menimbulkan adanya komplikasi lanjutan.

Beberapa gejala yang sering dijumpai oleh penderita diabetes adalah selalu merasa lapar dan haus setiap waktu dan adanya bekas luka yang tak kunjung sembuh dan pudar.

Faktor yang dapat diduga sebagai penyebab timbulnya penyakit diabetes ini antara lain adanya riwayat diabetes dalam keluarga, menerapkan pola hidup yang kurang sehat, konsumsi makanan manis secara berlebihan, dan lain sebagainya.

Cara Mengurangi Risiko Diabetes

Setiap penyakit pasti ada obat dan penanganannya. Bagi yang belum menemukan gejala penyakit diabetes, pertahankan dan cegah penyakit berbahaya ini dengan menerapkan pola makan yang sehat dan tepat.

Untuk yang sudah terlanjur menjadi penderita diabetes, tetap jalankan pola hidup sehat dan kurangi asupan gula agar kadar glukosa dalam tubuh tidak meninggi.

Cara penanganan lainnya adalah dengan rutin mengkonsumsi sayuran dan buah yang aman untuk diabetes salah satunya adalah buah naga untuk diabetes.

Kandungan Buah Naga untuk Diabetes

Buah naga merupakan sumber antioksidan yang sangat penting dalam menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh Sahabat Sehat. Bahkan menurut Indian Express dalam artikel JPNN.com, buah naga dikenal juga sebagai sumber vitamin C yang baik dibandingkan dengan wortel.

Buah naga termasuk jenis buah yang banyak mengandung kadar air serta diikuti dengan kandungan serat yang tinggi. Sebagaimana banyak orang ketahui bahwa makanan berserat tinggi sangat baik untuk menunjang pencernaan manusia.

Tak hanya itu, kandungan serat yang ada dalam buah naga diketahui dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah sehingga cocok untuk para penderita diabetes.

Buah naga untuk diabetes dapat menurunkan stres oksidatif pada penderita diabetes tipe 2 yang resisten atau sudah kebal dengan insulin.

Cara mengkonsumsi buah naga untuk penderita diabetes tidak ada bedanya dengan cara konsumsi pada umumnya. Penderita diabetes dapat menyantapnya secara langsung, campuran salad, atau diminum dalam bentuk jus.

Perlu diingat bahwa dalam menyantap buah naga sebaiknya tidak menambahkan pemanis dalam bentuk apapun di dalam olahan buah naga tersebut. Selain dapat menaikkan kadar gula dalam darah, khasiat buah naga tidak akan bekerja secara optimal nantinya.

Bagaimana Cara Menemukan Buah Naga Terbaik?

Apabila Sahabat Sehat tengah kebingungan mencari buah organik untuk penderita diabetes, Sesa.id punya solusi buah naga untuk diabetes. Di Sesa, kami menyediakan Buah Naga Merah 0.95 – 1 kg (isi 2 sampai 3 buah dalam 1 kg) dengan harga yang amah di kantong.

Buah naga merah dari Sesa.id juga telah melalui seleksi yang ketat dan hanya meloloskan produk yang benar-benar berkualitas. Lebih dari itu, Sahabat Sehat juga akan menikmati buah naga dengan karakter lebih merah, lebih manis, teksturnya juicy, dan tentunya kaya akan antioksidan.

Referensi: JPNN

Photo by Any Lane from Pexels