fbpx
Skip to content
Home » Blog » Manfaat Ayam Kampung untuk Tubuh Nutrisi Lebih Tinggi

Manfaat Ayam Kampung untuk Tubuh Nutrisi Lebih Tinggi

Manfaat Ayam Kampung

Ada begitu banyak manfaat ayam kampung, bahkan dari segi kesehatan. Selama ini Sahabat Sehat tentu sudah tahu tentang efek dari telur ayam kampung. Namun, ternyata bukan hanya telurnya saja yang bermanfaat.

Di Indonesia, unggas peliharaan yang bukan keturunan dari ras ini disebut ayam kampung (nama ilmiah: Gallus Gallus Domesticus). Bahkan, unggas ini memiliki banyak jenis dan di Indonesia sendiri sudah banyak pembudidayaannya.

Digadang-gadang berpotensi sebagai penghasil telur dan daging yang bisa mendatangkan keuntungan, menjadi penyebab banyaknya masyarakat memilih untuk memeliharanya. Terutama pada pemukiman yang berada di pedesaan.

DAPATKAN MANFAAT AYAM KAMPUNG SEKARANG DAN BELANJA DI SESA.ID

Manfaat Ayam Kampung dari Telurnya

Nutrisi-nutrisi dalam telur ayam kampung menjadikan harga jualnya cukup tinggi. Hal itu terjadi karena banyaknya yang mencari telur tersebut, meskipun banyak jenis telur lainnya yang diperjualbelikan. Berikut ini beberapa manfaat dari telurnya.

  1. Manfaat Ayam Kampung Dapat Menstabilkan Kolesterol

Terdapat kandungan omega-3 pada telur ini yang dapat membantu untuk menurunkan kadar trigliserida. Trigliserida sendiri merupakan penyusun kolesterol jahat pada tubuh manusia. Maka, dengan mengonsumsinya secara teratur mengatasi masalah kolesterol.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Terdapat antioksidan di dalamnya, seperti lutein dan zeaxanthin, manfaat ayam kampung akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Antioksidan tersebut dapat mengurangi risiko katarak dan penyakit degeneratif lainnya.

Telur Ayam Kampung

Telur Ayam Kampung

  1. Dapat Mencegah Kanker

Pada ayam jenis ini, kuning telurnya mengandung asam amino triptofan dan tripsin. Kedua kandungan tersebut dapat membantu mencegah risiko kanker dan menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat.

  1. Dapat Menambah Massa Otot

Sebagai sumber protein yang sangat baik, manfaat ayam kampung melalui telurnya dapat menambah massa otot. Maka, tidak jarang orang yang ingin membentuk ototnya mengonsumsinya secara teratur. Tidak hanya itu, telur ini juga bisa untuk diet.

BACA JUGA: Manfaat Probiotik untuk Dewasa yang Jarang Diketahui

  1. Risiko Penyakit Jantung Dapat Dicegah

Mengonsumsi telur ayam jenis ini juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung karena membantu mengubah struktur kolesterol jahat dalam tubuh. Rendahnya kadar kolesterol jahat dalam tubuh dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis lainnya.

Manfaat Ayam Kampung dari Dagingnya

Sahabat sehat pasti setuju jika daging unggas lokal lebih enak dibanding dengan daging unggas lainnya. Hal tersebut karena cara pemeliharaannya masih alami tanpa adanya bahan-bahan ilmiah. Berikut ini beberapa manfaat melalui dagingnya.

  1. Kandungan Toksinnya Sedikit

Walaupun pada kenyataannya masih sedikit orang sadar dan peduli dengan makanan yang mengandung toksin, karena efek sampingnya tidak langsung terlihat. Namun, toksin justru akan berbahaya karena dapat meningkatkan risiko kanker.

  1. Gizinya Lebih Tinggi

Faktanya, daging unggas lokal lebih bergizi daripada unggas jenis lainnya. Hal tersebut karena makanannya masih alami dan tidak mendapatkan suntikan hormon, antibiotic, atau pestisida. Jadi manfaat ayam kampung akan lebih empuk dan enak.

Ayam Contoh makanan bergizi

Ayam Kampung Organik

  1. Lemaknya Lebih Sedikit

Unggas lokal hanya memiliki sedikit lemak daripada unggas lainnya. Oleh karena itu, ukuran tubuhnya lebih kecil dari. Selain itu, dagingnya juga tipis, jadi tidak perlu waktu lama untuk mengolahnya.

  1. Tinggi Protein

Ayam merupakan salah satu penghasil protein terbesar setelah daging sapi. Protein hewani akan lebih berkualitas dan sehat jika berasal dari unggas lokal. Inilah penyebab mengapa jenis unggas ini digunakan dalam pembentukan tubuh atau perut sixpack.

  1. Dapat Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Hal tersebut karena ayam mengandung mineral yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Maka dari itu, sangat disarankan mengonsumsi olahan daging unggas lokal untuk membantu proses penyembuhan.

  1. Dapat Menstabilkan Kolesterol

Kadar lemaknya yang rendah membuat dagingnya sangat aman dikonsumsi oleh penderita kadar kolesterol tinggi. Selain itu, terdapat kandungan niasin yang dapat membantu menurunkan kolesterol ke kadar normal.

BACA JUGA: Perbedaan Daging Ayam Kampung dan Ayam Broiler

  1. Baik untuk Tulang

Sahabat Sehat tentunya tahu bahwa protein yang tinggi dapat menjaga kesehatan tulang dan dapat menambah massa badan. Hal tersebut dapat diperoleh dengan mengonsumsi daging atau telur unggas lokal yang kaya akan protein.

  1. Pertumbuhan Anak

Kandungan fosfor serta kalsium pada unggas lokal lebih tinggi dan lebih sehat. Kedua zat tersebut berperan besar dalam tumbuh kembang anak. Kandungan itu juga digunakan untuk menjaga tulang anak tetap kuat dan tidak mudah patah.

Manfaat Ayam Kampung Jika Diternak

Sebagaimana Sahabat Sehat ketahui, unggas lokal ini memiliki banyak nilai plus dari masyarakat. Meskipun telah banyak jenis unggas lainnya, namun tingkat konsumsi masyarakat terhadap jenis lokal tersebut juga tetap naik.

Dari harganya yang terbilang cukup mahal, maka manfaat yang didapatkan jika beternak unggas lokal ini berbentuk uang. Dari daging dan telur yang terbilang mudah untuk dijual karena tingkat pencarinya cukup tinggi. Sehingga, bisa mendatangkan keuntungan dengan cepat.

Meskipun dalam pemeliharaannya juga tidak bisa dibilang mudah, baik untuk yang sudah terbiasa ataupun masih pemula. Namun, manfaat ayam kampung jika diternak Sahabat Sehat tidak perlu repot-repot membeli jika ingin menikmatinya.

https://www.suara.com/health/2022/08/17/113404/jarang-diketahui-ini-7-manfaat-telur-ayam-kampung-untuk-kesehatanhttps://manfaat.co.id/manfaat-daging-ayam-kampung