fbpx
Skip to content
Home » Blog » Manfaat Probiotik untuk Dewasa yang Jarang Diketahui

Manfaat Probiotik untuk Dewasa yang Jarang Diketahui

Probiotik untuk dewasa juga terbagi menjadi beberapa jenis dan tentunya dengan cara kerja berbeda-beda. Salah satu cara kerjanya yaitu untuk menyeimbangkan kadar bakteri baik dan jahat. Probiotik memang disebut juga dengan bakteri baik.

Probiotik merupakan istilah untuk mikroorganisme hidup yang mungkin memiliki dampak positif bagi kesehatan. Salah satu contohnya adalah makanan diet yang mengandung probiotik menguntungkan seperti lactobacillus (BAL) sebagai mikroorganisme yang paling umum.

Biasanya digunakan untuk mengatasi rasa nyeri atau peradangan pada saluran pencernaan. Bagi sahabat sehat, jika terkena diare ketahui terlebih dahulu apakah itu terjadi karena adanya infeksi atau karena efek dari penggunaannya.

DAPATKAN SUMBER PROBIOTIK DI SESA.ID

Jenis-Jenis Bakteri Baik dalam Probiotik untuk Dewasa

Seringkali bakteri dipandang negatif oleh masyarakat, padahal ada juga bakteri baik (probiotik). Ini merupakan mikroorganisme hidup yang dapat mendukung sistem pencernaan. Umumnya ditemukan pada makanan fermentasi maupun berbentuk suplemen.

Bakteri baik ini bahkan sering disarankan oleh ahli kesehatan untuk dikonsumsi. Itulah mengapa ini direkomendasikan untuk Sahabat Sehat karena bermanfaat. Berikut ini beberapa jenis probiotik untuk dewasa.

  1. Lactobacillus Rhamnosus

Ada begitu banyak bakteri yang terdapat dalam tubuh manusia, salah satunya adalah Lactobacillus Rhamnosus. Jenis ini biasanya tersedia dalam bentuk makanan maupun suplemen dan sering digunakan sebagai obat diare.

  1. Lactobacillus Acidophilus

Lactobacillus Acidophilus mampu tumbuh dengan atau tanpa oksigen. Bahkan, jenis satu ini dapat bertahan hidup di lingkungan yang sangat asam sekalipun, seperti pH 4-5 ke bawah. Lactobacillus bisa ditemukan pada saluran pencernaan manusia, hewan, mulut, dan vagina.

  1. Lactobacillus Casei

Jenis satu ini sebenarnya sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, karena tanpa adanya Lactobacillus Casei akan sulit mencerna nutrisi bagi tubuh. Lactobacillus Casei sendiri terdapat pada saluran kemih dan pada alat reproduksi.

  1. Lactobacillus Plantarum

Lactobacillus Plantarum adalah salah satu jenis pada asam laktat yang dikenal ramah lingkungan karena bersifat non-patogen dan dapat menekan pertumbuhan patogen. Jenis ini umumnya ditemukan pada makanan hasil fermentasi maupun tanaman anaerobik.

Greek Yogurt Honey Biokul

Greek Yoghurt Honey

  1. Lactobacillus Reuteri

Lactobacillus Reuteri merupakan jenis asam laktat yang terdapat di berbagai lingkungan alam, termasuk saluran pencernaan manusia, terutama usus hewan. Reuteri adalah bakteri baik dengan sifat anti bakteri, anti patogen, serta anti inflamasi.

BACA JUGA: 10 Khasiat Vitamin Minyak Ikan untuk Anak

  1. Bifidobacterium Bifidum

Bifidobacterium Bifidum merupakan salah satu dari genus Bifidobacterium. Jenis ini merupakan salah satu bakteri baik yang paling umum ditemukan pada mamalia, termasuk manusia.

Manfaat Probiotik untuk Dewasa yang Jarang Diketahui

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa gangguan pencernaan terjadi karena bakteri baik dan jahat yang ada dalam tubuh tidak seimbang. Berikut ini beberapa manfaat probiotik bagi tubuh yang harus Sahabat Sehat ketahui.

  1. Probiotik untuk Dewasa Menyeimbangkan Bakteri Baik pada Sistem Pencernaan

Terlalu banyak bakteri jahat dan tidak cukup bakteri baik akan menyebabkan ketidakseimbangan. Hal tersebut bisa disebabkan oleh penyakit, efek samping obat-obatan seperti antibiotik, bahkan pola makan yang tidak seimbang.

Hal tersebut akan mengakibatkan masalah kesehatan, seperti gangguan pencernaan, alergi, masalah kesehatan mental, dan masih banyak lainnya. Dengan mengkonsumsi probiotik untuk dewasa akan mengembalikan keseimbangan bakteri pada usus.

  1. Untuk Mengobati Diare

Diare merupakan efek samping yang umumnya terjadi setelah mengkonsumsi antibiotik. Hal ini terjadi karena antibiotik dapat mempengaruhi keseimbangan bakteri baik dan jahat pada usus. Sedangkan, probiotik sudah dikenal untuk mencegah dan menyembuhkan diare.

Drink Yogurt Plain Biokul

Drink Yogurt Plain Biokul

  1. Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi probiotik untuk dewasa, dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Caranya dengan menurunkan kolesterol jahat serta tekanan darah. Bakteri yang menghasilkan asam laktat akan menurunkan kolesterol dengan memecah empedu di usus.

  1. Untuk Mengurangi Alergi

Penelitian menunjukkan bahwa gejala eksim pada bayi dapat berkurang jika diberi suplemen probiotik. Hal ini terbukti dengan bayi yang tidak diberi probiotik, kondisinya lebih buruk. Selain itu, pemberian suplemen ini juga bisa mengurangi alergi terhadap susu.

  1. Untuk Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Probiotik untuk dewasa dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh serta menekan pertumbuhan bakteri berbahaya pada usus. Selain itu, beberapa bakteri baik telah terbukti dapat meningkatkan produksi antibodi alami dalam tubuh.

BACA JUGA: Inilah Perbedaan Probiotik dan Prebiotik Menurut Ahli Gizi

  1. Untuk Menjaga Bentuk Tubuh Ideal

Bakteri baik dipercaya dapat membantu untuk menurunkan berat badan melalui berbagai mekanisme. Salah satunya dapat mencegah penyerapan lemak makanan di usus, lemak kemudian disimpan dalam tubuh, dikeluarkan sebagai feses.

Probiotik juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, membakar lebih banyak kalori, juga mengurangi penyimpanan lemak. Sebagian dari response ini disebabkan oleh peningkatan kadar hormon tertentu.

Probiotik untuk Dewasa dalam Bentuk Makanan

Walaupun probiotik biasanya berbentuk suplemen, namun tidak jarang probiotik ini juga digunakan dalam makanan. Misalnya saja pada makanan hasil fermentasi. Berikut ini beberapa makanan yang mengandung bakteri baik.

  1. Yoghurt
  2. Tempe
  3. Keju
  4. Acar
  5. Kimchi
  6. Natto
  7. RotiSourdough
  8. Kubis asam
  9. Buttermilk

Sahabat sehat perlu memahami bahwa tidak semua bakteri itu jahat, bahkan meskipun jahat sekalipun tetap dibutuhkan oleh tubuh. Penggunaan probiotik untuk dewasa memang memberikan banyak dampak positif bagi kesehatan.

  1. https://health.kompas.com/read/2021/06/04/150300668/8-manfaat-probiotik-untuk-kesehatan-yang-sayang-dilewatkan?page=all
  2. https://www.nutriclub.co.id/article-balita/kesehatan/daya-tahan/makanan-yang-mengandung-probiotik