Home » Blog » Probiotik Menurut Ahli Gizi, Manfaat Serta Sumbernya

Probiotik Menurut Ahli Gizi, Manfaat Serta Sumbernya

Probiotik, sumber dan manfaat

Berbeda dengan bakteri patogen yang menyebabkan penyakit, probiotik adalah mikroorganisme hidup seperti bakteri atau jamur yang dapat mendukung fungsi system pencernaan, system kekebalan tubuh, serta kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Tubuh kita dipenuhi beragam jenis bakteri, bakteri baik maupun bakteri yang dapat merugikan. Probiotik merupakan bakteri baik yang dapat menyehatkan usus Sahabat sehat.

Produk makanan dan minuman yang mengandung ini makin popular di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan bermunculan suplemen yang mempunyai klaim memiliki kandungan ini. Lalu, apakah sebenarnya probiotik dan apa saja manfaatnya yang dapat diperoleh tubuh? Yuk kita cari tahu lebih lanjut

Apa Itu Probiotik?

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang dimaksudkan untuk memiliki manfaat kesehatan bila dikonsumsi atau diaplikasikan pada tubuh. Mereka dapat ditemukan dalam yogurt dan makanan fermentasi lainnya, suplemen makanan, dan produk kecantikan.

Meskipun orang sering menganggap bakteri danmikroorganisme lain sebagai “kuman” berbahaya, banyak yang sebenarnya membantu. Beberapa bakteri membantu mencerna

 makanan, menghancurkan sel penyebab penyakit, atau memproduksi vitamin. Banyak mikroorganisme dalam produk ini yang dihasilkan sama atau mirip dengan mikroorganisme yang secara alami hidup dalam tubuh kita.

DAPATKAN MINUMAN SUMBER PROBIOTIK DISINI

Jenis Bakteri Apa yang Terkandung Dalam Probiotik?

Dapat mengandung berbagai mikroorganisme. Yang paling umum adalah bakteri yang termasuk dalam kelompok yang disebut Lactobacillus dan Bifidobacterium. Bakteri lain juga dapat digunakan sebagai probiotik, dan begitu juga ragi seperti Saccharomyces boulardii. Saccharomyces boulardii adalah ragi yang ditemukan dalamnya. Tampaknya membantu melawan diare dan masalah pencernaan lainnya.

Berbagai jenis lainnya mungkin memiliki efek yang berbeda. Misalnya, jika jenis Lactobacillus tertentu membantu mencegah penyakit, itu tidak berarti bahwa jenis Lactobacillus lain atau Bifidobacterium akan melakukan hal yang sama.

Sumber Probiotik

  1. Yogurt

Yogurt adalah salah satu sumber terbaik, yang merupakan bakteri ramah yang dapat meningkatkan kesehatan Sahabat sehat. Yogurt terbuat dari susu yang telah difermentasi oleh bakteri ramah, terutama bakteri asam laktat dan bifidobacterial. Makan yogurt dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk peningkatan kesehatan tulang.

Juga bermanfaat bagi orang dengan tekanan darah tinggi. Pada anak-anak, yogurt dapat membantu mengurangi diare yang disebabkan oleh antibiotik. Bahkan dapat membantu meringankan gejala sindrom iritasi usus besar.

Selain itu, yogurt mungkin cocok untuk orang dengan intoleransi laktosa. Ini karena bakteri mengubah sebagian laktosa menjadi asam laktat, yang juga menyebabkan yogurt terasa asam. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua yogurt mengandung probiotik hidup. Dalam beberapa kasus, bakteri hidup telah mati selama pemrosesan. Untuk alasan ini, pastikan untuk memilih yogurt dengan kultur aktif atau hidup.

Selain itu, pastikan untuk selalu membaca label pada yogurt sebelum membelinya. Bahkan jika diberi label rendah lemak atau bebas lemak, mungkin masih mengandung gula tambahan dalam jumlah tinggi.

produk probiotik yoghurtYoghurt Minuman Sumber Probiotik

  1. Kefir

Kefir adalah minuman susu yang difermentasi. Dibuat dengan menambahkan biji kefir ke susu sapi atau kambing. Biji-bijian kefir bukanlah biji-bijian sereal, melainkan kultur bakteri asam laktat dan ragi yang terlihat seperti kembang kol. Kata kefir diduga berasal dari kata Turki keyif, yang berarti “merasa baik” setelah makan.

Memang, kefir telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Kefir dapat meningkatkan kesehatan tulang, membantu beberapa masalah pencernaan dan melindungi dari infeksi. Meskipun yogurt mungkin merupakan paling terkenal dalam diet Barat, kefir sebenarnya adalah sumber yang lebih baik. Kefir mengandung beberapa strain utama bakteri dan ragi ramah, menjadikannya beragam dan kuat

Seperti yogurt, kefir umumnya ditoleransi dengan baik oleh orang-orang yang tidak toleran laktosa

Kefir sumber probiotik

Kefir Mengandung Probiotik

  1. Tempe

Tempe merupakan produk fermentasi kedelai, yang membentuk padata. Tempe berasal dari Indonesia tetapi telah menjadi populer di seluruh dunia sebagai pengganti daging berprotein tinggi. Proses fermentasi sebenarnya memiliki beberapa efek mengejutkan pada profil zat gizinya. Kedelai biasanya tinggi asam fitat, senyawa tanaman yang mengganggu penyerapan mineral seperti zat besi dan seng.

Namun, fermentasi menurunkan jumlah asam fitat, yang dapat meningkatkan jumlah mineral yang dapat diserap tubuh Sahabat sehat dari tempe. Fermentasi juga menghasilkan beberapa vitamin B12, nutrisi yang tidak terkandung dalam kedelai.  Vitamin B12 terutama ditemukan dalam makanan hewani, seperti daging, ikan, susu, dan telur. Hal ini membuat tempe menjadi pilihan yang cocok untuk vegetarian serta siapa saja yang ingin menambahkan probiotik bergizi ke dalam makanan mereka.

 

Tempe sumber probiotik

Tempe Sebagai Sumber Probiotik

  1. Kombucha

Kombucha adalah minuman teh hitam atau hijau yang difermentasi. Teh populer ini difermentasi oleh koloni bakteri dan ragi yang ramah. Kombucha dikonsumsi di banyak bagian dunia, terutama Asia. Sahabat sehat bahkan dapat membelinya secara online. Internet penuh dengan klaim tentang potensi efek kesehatan dari kombucha.

DAPATKAN KOMBUCHA SUMBER PROBIOTIK DISINI

Namun, bukti berkualitas tinggi tentang kombucha masih kurang. Studi yang ada adalah studi hewan dan tabung reaksi, dan hasilnya mungkin tidak berlaku untuk manusia. Namun, karena kombucha difermentasi dengan bakteri dan ragi, kombucha mungkin memiliki manfaat kesehatan terkait dengan sifat probiotiknya.

Kombucha sumber protein

Kombucha Minuman Probiotik

Manfaat

  1. Kesehatan Sistem Pencernaan

Banyak diteliti untuk efeknya pada kesehatan pencernaan. Bukti menunjukkan bahwa suplemen probiotik dapat membantu menyembuhkan diare terkait antibiotik. Ketika orang meminum antibiotik, terutama untuk jangka waktu yang lama, mereka sering mengalami diare — bahkan lama setelah infeksi telah diberantas.

Ini karena antibiotik membunuh banyak bakteri alami di usus Sahabat sehat, yang menggeser keseimbangan usus dan memungkinkan bakteri berbahaya untuk berkembang. Juga dapat membantu memerangi sindrom iritasi usus besar (IBS), gangguan pencernaan yang umum, mengurangi gas, kembung, sembelit, diare, dan gejala lainnya.

Penelitian mengenai efektivitas suplementasi probiotik untuk pengobatan IBS beragam. Sebuah tinjauan baru-baru ini melaporkan bahwa tujuh dari studi menunjukkan peningkatan IBS dengan suplementasi probiotik. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen probiotik multi-strain tampaknya membawa sebagian besar perbaikan IBS, terutama bila dikonsumsi lebih dari 8 minggu.

Namun, masih banyak yang belum diketahui tentang pengobatan probiotik untuk IBS. Pertanyaan seperti berikut ini belum terjawab:

  • Gejala IBS mana yang membaik dengan probiotik?
  • Probiotik mana, atau campuran probiotik, yang paling efektif?
  • Berapa dosis dan durasi perawatan probiotik yang terbaik?
  • Apakah berbagai jenis IBS memerlukan perawatan probiotik yang berbeda?

Para peneliti menemukan hasil awal pengobatan probiotik IBS menjanjikan tetapi mengatakan percobaan besar tambahan diperlukan sebelum penyedia layanan kesehatan dapat dengan yakin meresepkan pengobatan probiotik secara konsisten untuk IBS (34).

Beberapa penelitian juga mencatat manfaat suplementasi probiotik terhadap penyakit radang usus, seperti penyakit Crohn dan kolitis ulserativa. Sekali lagi, para peneliti mengatakan penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum pengobatan dipastikan efektif. Dan juga dapat membantu melawan infeksi Helicobacter pylori, yang merupakan salah satu penyebab utama tukak lambung dan kanker perut.

Jika saat ini Sahabat sehat memiliki masalah pencernaan yang sepertinya tidak bisa Anda atasi, suplemen probiotik mungkin bisa menjadi pertimbangan. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Sahabat sehat terlebih dahulu.

  1. Efek pada Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dengan obesitas memiliki bakteri usus yang berbeda dari mereka yang kurus.  Penelitian menunjukkan hubungan antara mikroba usus dan obesitas pada bayi dan orang dewasa. Ini juga menunjukkan bahwa perubahan mikroba dalam usus merupakan faktor dalam mengembangkan obesitas sebagai orang dewasa.

Oleh karena itu, banyak ilmuwan percaya bahwa bakteri usus Anda penting dalam menentukan berat badan. Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan, beberapa jenis probiotik tampaknya membantu penurunan berat badan (43). Namun demikian, para peneliti menyarankan agar berhati-hati dalam mengambil kesimpulan ini, mencatat bahwa masih banyak yang tidak diketahui.

Yang tidak diketahui ini termasuk:

  • strain probiotik tertentu yang akan digunakan
  • dosis dan lama pengobatan
  • efek pengobatan jangka panjang
  • interaksi usia, jenis kelamin, kondisi kesehatan, dan gaya hidup

Dalam sebuah penelitian, 210 orang dengan obesitas sentral, yang ditandai dengan kelebihan lemak perut, mengonsumsi probiotik Lactobacillus gasseri setiap hari. Peserta kehilangan rata-rata sekitar 8,5% dari lemak perut mereka selama 12 minggu  Ketika peserta berhenti mengonsumsi probiotik, mereka mendapatkan kembali lemak perut dalam waktu 4 minggu.

Bukti juga menunjukkan bahwa Lactobacillus rhamnosus dan Bifidobacterium lactis dapat membantu penurunan berat badan dan membantu mencegah obesitas – meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan.

  1. Manfaat Probiotik Untuk Kesehatan Lainnya

Masih banyak manfaat probiotik lainnya. Mereka dapat membantu dengan kondisi berikut:

  • Peradangan: Mampu mengurangi peradangan sistemik, penyebab utama banyak penyakit.
  • Depresi dan kecemasan: Strain probiotik Lactobacillus helveticus dan Bifidobacterium longum telah terbukti mengurangi gejala kecemasan dan depresi pada orang dengan depresi klinis.
  • Kolesterol darah: Beberapa telah terbukti menurunkan kadar kolesterol total dan LDL (jahat), meskipun penelitiannya masih kontroversial
  • Tekanan darah: juga dapat menyebabkan sedikit penurunan tekanan darah.
  • Fungsi kekebalan: Beberapa jenis dapat meningkatkan fungsi kekebalan, mungkin menyebabkan penurunan risiko infeksi, termasuk yang menyebabkan flu biasa
  • Kesehatan kulit: Ada beberapa bukti bahwa berguna untuk jerawat, rosacea, dan eksim, serta gangguan kulit lainnya
  • Anti penuaan. Meskipun penelitian sangat terbatas, ada bukti bahwa memiliki potensi untuk memperpanjang umur dengan meningkatkan kemampuan sel untuk mereplikasi diri mereka sendiri
  • Ini hanya sebagian kecil dari manfaat probiotik, karena penelitian yang sedang berlangsung menunjukkan luasnya potensi efek kesehatan.
  • Beberapa penelitian saat ini mengusulkan bahwa meningkatkan mikrobioma usus melalui suplementasi probiotik dan diet dapat membantu mengobati infeksi SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19. Penelitian masih awal, dan lebih banyak data dan uji klinis diperlukan.

Cara Menggunakan Probiotik dengan Aman

FDA mengatur probiotik seperti makanan, bukan seperti obat-obatan. Tidak seperti perusahaan obat, pembuat suplemen probiotik tidak harus menunjukkan produk mereka aman atau berfungsi. Tanyakan kepada dokter Sahabat sehat apakah mengonsumsi probiotik adalah ide yang baik untuk Anda.

Secara umum, makanan dan suplemen probiotik dianggap aman bagi kebanyakan orang, meskipun beberapa orang dengan masalah sistem kekebalan atau kondisi kesehatan serius lainnya tidak boleh mengonsumsinya.

Dalam beberapa kasus, efek samping ringan mungkin termasuk sakit perut, diare, gas, dan kembung selama beberapa hari pertama setelah Sahabat sehat mulai meminumnya. Probiotik juga dapat memicu reaksi alergi.

Sahabat sehat dapat berhenti meminumnya dan bicarakan dengan dokter jika Sahabat sehat memiliki masalah. Mempertahankan usus yang sehat lebih dari sekadar mengonsumsinya.

Diet dan olahraga sehari-hari sama pentingnya, karena banyak faktor gaya hidup memengaruhi bakteri usus Sahabat sehat. Namun, suplemen probiotik mungkin menawarkan berbagai manfaat dengan sedikit efek samping.

Karena itu, jika Sahabat sehat tertarik untuk meningkatkan kesehatan usus Sahabat sehat, mereka patut dicoba. Pastikan untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Sahabat sehat terlebih dahulu untuk memastikan Sahabat sehat mencoba jenis yang tepat dalam jumlah yang tepat dan menghindari efek samping.

Perhatian selalu disarankan ketika memulai dengan probiotik. Pastikan untuk menggunakan produk yang memiliki reputasi baik, mulailah dengan perlahan, dan dapatkan saran bagus dari praktisi kesehatan tepercaya

https://www.healthline.com/nutrition/probiotics-101

https://www.healthline.com/nutrition/11-super-healthy-probiotic-foods

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23823502/

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24695889/

https://ift.onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1365-2621.1985.tb13325.x

Sumber Gambar: 

https://www.freepik.com/

https://sesa.id/