Home » Blog » Kandungan Gizi dan 7 Manfaat Batang Brokoli

Kandungan Gizi dan 7 Manfaat Batang Brokoli

manfaat batang brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang berbentuk seperti bunga. Saat mengonsumsi brokoli, sebaiknya jangan membuang batangnya. Pasalnya, ada banyak sekali manfaat batang brokoli bagi kesehatan manusia.

Bila dimakan dalam keadaan mentah, batang brokoli mempunyai rasa yang mirip seperti wortel, yakni renyah dan manis. Selain itu, batang brokoli juga dapat diolah menjadi aneka masakan yang lezat dan bergizi. 

Kandungan Gizi Brokoli

Daripada semua jenis sayuran yang ada, brokoli mempunyai kandungan serat dan vitamin C yang tinggi, yakni sebesar 2.6 mg dan 89.2 mg. Tak hanya itu, brokoli juga mengandung kalium, zat besi, kalsium sulforafan, magnesium, kuersetin, sianohidroksibutena, kaempferol, dan iberin.

Sementara itu, batang brokoli memiliki kandungan yang hampir sama dengan brokoli secara keseluruhan. Bila Sahabat Sehat menggunakan batang brokoli organik, maka kandungan serat, vitamin A, vitamin C, zat besi, antioksidan, carotenoid lutein, dan kromium akan didapatkan.

Daftar Manfaat Batang Brokoli

Dengan berbagai kandungan tersebut, tentu saja batang brokoli memiliki manfaat tertentu. Adapun, beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika mengonsumsi batang brokoli secara rutin adalah sebagai berikut:

  • Meminimalisir Resiko Penyakit Stroke

Manfaat pertama yang bisa didapatkan adalah mencegah penyakit stroke. Hal ini dikarenakan brokoli mengandung karotenoid lutein yang dapat mengatasi penebalan arteri. Dengan demikian, resiko penyakit stroke akan diminimalisir pada tubuh manusia.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Selain, itu, batang brokoli juga memiliki manfaat untuk memelihara kesehatan mata. Pasalnya, batang brokoli mengandung cukup banyak vitamin A. Dengan mengonsumsi batang brokoli secara rutin, Sahabat Sehat akan terhindar dari berbagai penyakit mata, seperti katarak, rabun senja, dan lain sebagainya.

  • Mendetoksifikasi Tubuh

Tubuh manusia sangat penuh dengan racun dan kotoran. Untuk itu, Sahabat Sehat perlu membersihkan tubuh, baik dari dalam maupun dari luar. Salah satu cara ampuh untuk mendetoksifikasi tubuh dari dalam adalah mengonsumsi batang brokoli.

Batang brokoli mengandung vitamin C yang dapat membantu kulit melepaskan semua kotoran dan bakteri. Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat menghilangkan racun dalam tubuh manusia.

  • Mencegah Osteoporosis 

Osteoporosis merupakan penyakit tulang berupa pengeroposan yang dapat menyerang siapa saja. Untuk mencegah osteoporosis, Sahabat Sehat dapat mengonsumsi batang brokoli secara teratur. Kandungan fosfor, magnesium, dan kalsium pada batang brokoli akan membantu menjaga kesehatan tulang.

  • Menjaga Kehamilan

Manfaat batang brokoli selanjutnya adalah menjaga kehamilan. Kandungan asam folat pada batang brokoli mampu menjaga kondisi ibu hamil dan memelihara kesehatan janin. Asam ini juga berperan penting dalam mencegah kecacatan pada janin.

  • Mengontrol Diabetes

Selanjutnya, batang brokoli dipercaya mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Dengan demikian, batang brokoli mampu mencegah diabetes. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan batang brokoli mengandung kromium yang bekerja nyata untuk mengatur kadar insulin dalam tubuh manusia.

  • Menangkal Radikal Bebas

Seperti yang diketahui, radikal bebas memang sangat berbahaya karena menjadi penyebab berbagai penyakit kronis. Ternyata, batang brokoli mampu menangkal radikal bebas. Menurut penelitian, batang brokoli sangat kaya akan antioksidan yang mampu menangkal efek-efek radikal bebas sampai 94%.

Untuk mengoptimalkan manfaatnya, Sahabat Sehat bisa mengolah batang brokoli menjadi aneka masakan. Mulai dari batang brokoli krispi, nasi batang brokoli, sup batang brokoli, hingga salad batang brokoli dapat dijadikan sebagai pilihan. Selain lezat, ragam olahan ini juga sangat rendah kalori.

 

Agar manfaat batang brokoli yang didapat lebih optimal, Sahabat Sehat bisa menggunakan brokoli organikdari Sesa. Berbeda dari yang lain, brokoli ini lebih kaya akan vitamin dan enzim. Selain itu, brokoli ini juga ramah terhadap lingkungan.

 

Referensi: Manfaat, Kecipir
Photo by slon_dot_pics from Pexels