Home » Blog » Sahabat Sehat Wajib Tahu! Ini 8 Manfaat Brokoli untuk Tubuh!

Sahabat Sehat Wajib Tahu! Ini 8 Manfaat Brokoli untuk Tubuh!

manfaat brokoli

Brokoli adalah sayuran yang bentuknya seperti pohon kecil berwarna hijau.  Sayuran ini cukup populer untuk makanan sehari-hari. Brokoli adalah simbol makanan sehat. Namun, apakah Sahabat sehat tahu sebenarnya apa manfaat brokoli untuk tubuh kita? Berikut ulasannya:

Mencegah Penyakit Kanker

Brokoli adalah jenis sayuran dengan kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan merupakan sebuah zat yang mampu mencegah terjadinya inflamasi sel.

Inflamasi sel dapat berujung pada terjadinya kanker. Pada wanita, kanker yang umum terjadi adalah kanker payudara dan kanker leher rahim.

Membantu Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Wanita juga memiliki resiko besar untuk terkena diabetes. Penyakit ini bisa disebabkan oleh kelainan bawaan, namun seringkali juga disebabkan oleh pola makan yang kurang baik.

Mengonsumsi brokoli secara rutin ternyata baik untuk individu yang memiliki diabetes. Zat di dalam brokoli mampu menstimulasi produksi insulin yang mengontrol kadar glukosa darah.

Mengurangi Resiko Gagal Jantung

Penyakit jantung merupakan momok, tidak hanya pada wanita namun semua orang. Prevalensi penyakit ini setiap tahunnya justru mengalami peningkatan. Brokoli adalah sayuran yang mampu mengurangi kadar kolesterol jahat yang seringkali bertanggung jawab atas penyakit jantung.

Melancarkan Proses Pencernaan

Manfaat brokoli lainnya adalah mencegah konstipasi, yang pada akhirnya dapat berkembang menjadi gangguan kesehatan umum bagi wanita, seperti wasir. Kandungan anti-inflamasi brokoli mendukung kerja bakteri yang ada di usus besar manusia. Selain itu, serat brokoli juga membuat proses pencernaan lebih lancar.

Meminimalisir Terjadinya Demensia

Demensia merupakan kemunduran kognitif yang prevalensinya lebih besar pada wanita dibanding dengan pria. Kondisi membuat penderitanya kesulitan untuk melakukan tugas sehari-hari dan dapat menetap hingga akhir hayat.

Penderitanya cenderung linglung dan melupakan informasi penting mengenai dirinya dan orang terdekat. Brokoli mampu meminimalisir risiko berkembangnya demensia pada wanita karena memiliki sulphoraphane.

Kandungan itu disinyalir mampu mendukung proses-proses di dalam otak. Selain itu, zat antioksidan brokoli juga mampu mengurangi terjadinya inflamasi sel-sel neuron otak.

Mengurangi Kecepatan Proses Penuaan

Penuaan menjadi salah satu ketakutan bagi para perempuan. Selain masalah kesehatan yang mulai banyak muncul, penuaan juga mengganggu keindahan tubuh.

Brokoli yang kaya akan antioksidan dapat membantu mengurangi stres oksidatif yang menjadi penyebab utama terjadinya penuaan pada manusia.

Mencegah Terjadinya Osteoporosis dan Arthritis

Masalah tulang dan persendian menghantui kita, terutama ketika mulai memasuki usia lanjut. Dengan mengkonsumsi brokoli adalah Sahabat Sehat dapat mencegah terjadinya osteoporosis dan arthritis karena kandungan kalsium dan vitamin K yang tinggi. Kedua jenis nutrisi tersebut dapat membantu menguatkan tulang dan persendian.

Mendukung Program Kehamilan

Wanita yang sedang dalam kondisi hamil juga sangat disarankan untuk mengonsumsi brokoli. Pasalnya, brokoli sangat kaya akan vitamin B9 yang juga dikenal dengan nama asam folat. Vitamin ini memiliki peran besar di dalam mendukung perkembangan otak dan sumsum tulang belakang pada janin.

Wanita yang ingin mendapatkan khasiat-khasiat diatas sangat disarankan untuk memasak brokoli dengan cara yang sesuai. Mengonsumsi brokoli mentah mungkin sulit dilakukan oleh sebagian besar orang. Hal yang disarankan adalah merebus atau menumis brokoli dalam waktu singkat karena akan mempertahankan nutrisinya.

 

Akan lebih baik, jika Sahabat Sehat memilih produk organik dibandingkan dengan yang tidak. Pasalnya, produk yang organik masih terjaga nutrisi alaminya dan bebas dari risiko kontaminasi pestisida.

Untuk mendapatkan manfaat brokoli yang optimal, perlu sekali memilih toko yang menyediakan produk berkualitas. Apabila ingin mendapatkan brokoli organik yang berkualitas, maka Sesa dapat menyediakan produk tersebut disini

Referensi: Firstcry
Gambar oleh congerdesign dari Pixabay