Home » Blog » 5 Manfaat Brokoli untuk Wanita, Jaga Kesehatan Kulit Hingga Percepat Kehamilan

5 Manfaat Brokoli untuk Wanita, Jaga Kesehatan Kulit Hingga Percepat Kehamilan

manfaat brokoli untuk wanita

Manfaat brokoli untuk wanita sudah tak diragukan lagi. Brokoli hijau mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Brokoli kaya akan serat, protein, karbohidrat kompleks, air, mineral kalium, zat besi, dan berbagai vitamin, seperti vitamin A, B, C, E, dan K.

Sahabat Sehat dapat mengkonsumsi brokoli secara teratur dan merasakan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Kaya akan antioksidan, brokoli mampu membantu melindungi kulit dari sinar UV dan tetap ternutrisi dari dalam.

Apakah ada manfaat khusus brokoli untuk wanita lainnya? Simak ulasan berikut ini! 

Menghambat Sel Kanker Payudara

Mengonsumsi brokoli secara rutin dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara di tahap awal. Hal ini karena terdapat senyawa sulforaphane dalam brokoli yang bisa membunuh sel induk kanker dan mencegah tumbuhnya tumor baru.

Selain menghambat pertumbuhan sel kanker payudara pada wanita, brokoli juga bermanfaat untuk mencegah kanker rahim.

Menjaga Kesehatan Kulit

Brokoli memiliki manfaat yang besar untuk mendukung kesehatan kulit para wanita. Mulai dari mengatasi jerawat, mendetoksifikasi kulit, hingga sebagai anti aging secara alami.

Brokoli dipercaya mampu melawan pertumbuhan jerawat karena kaya akan kandungan seng-nya. Mengonsumsi brokoli juga membantu proses detoksifikasi pada tubuh sehingga racun racun dan kotoran di dalam pori-pori terbuang secara alami.

Bukan hanya itu saja, kandungan vitamin C pada brokoli dapat merangsang produksi kolagen sehingga kulit menjadi kenyal, kencang, dan tetap awet muda.

Mengurangi Rambut Rontok

Sahabat Sehat tentu pernah mengalami kerontokan rambut. Pada wanita, kerontokan rambut bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti stres yang berkepanjangan, masalah hormonal, genetik, hingga karena kekurangan nutrisi.

Manfaat brokoli untuk wanita dapat membuat rambut lebih kuat sehingga tidak mudah rontok. Kandungan antioksidan pada brokoli berfungsi untuk mencegah kerusakan akibat radikal bebas sehingga folikel rambut terlindungi.

Kuku Lebih Kuat

Siapa sangka jika brokoli dapat membuat kuku menjadi lebih kuat? Memiliki jari lentik dengan kuku yang cantik merupakan idaman bagi kaum wanita. Selain melakukan perawatan kuku, Sahabat Sehat juga dapat memberikan nutrisi dari dalam agar kuku lebih kuat.

Mengonsumsi brokoli secara rutin membuat kuku tidak mudah patah sehingga dapat tumbuh lebih panjang dan dapat dikreasikan sesuai keinginan.

Mempercepat Kehamilan

Kandungan asam folat pada brokoli sangat baik bagi Sahabat Sehat yang ingin menjalankan program kehamilan. Selain dipercaya dapat mencegah risiko cacat lahir pada bayi, folat juga baik untuk meningkatkan kehamilan.

Cara Memilih dan Menyimpan Brokoli Agar Tak Mudah Busuk

Brokoli termasuk sayuran hijau yang mudah busuk. Oleh karena itu, penting bagi Sahabat Sehat untuk mengetahui cara memilih brokoli dengan tepat agar tak merugikan bahkan mengganggu kesehatan. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan untuk memilih brokoli yang segar.

  1. Pilihlah brokoli yang berwarna hijau secara keseluruhan karena kandungan klorofil dan zat lainnya masih melimpah. Hindari brokoli yang sudah terdapat bercak hitam atau berwarna kekuningan.
  2. Masih memiliki kuntum yang menguncup dan padat. Kemudian, cium aromanya masih segar atau cenderung asam.
  3. Pilih brokoli dengan batang yang masih keras dan tidak terlihat layu.

 

Setelah mengetahui brokoli yang masih segar, Sahabat Sehat juga perlu menyimpan dengan cara yang tepat agar tak mudah busuk. Mulailah dengan mengeluarkan brokoli dari kantong plastik, rendam brokoli dengan air hangat atau air garam sebentar, keringkan, bungkus dengan kertas, dan simpan di kulkas.

Manfaat brokoli untuk wanita sangatlah beragam. Sahabat Sehat bisa mendapatkan brokoli organik yang berkualitas dan menyehatkan di Sesa.id. Cek sekarang juga dan dapatkan harga terbaik.

 

Referensi:  Liputan 6
Photo by Anna Shvets from Pexels