Home » Blog » 5 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kulit Sehat Wanita

5 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kulit Sehat Wanita

manfaat buah pepaya untuk wanita

Rasa buah yang manis, segar dan empuk menjadi ciri khas pepaya, warna jingga yang cerah sangat menggugah selera untuk segera menyantap, terutama dalam cuaca terik di siang hari. Dibalik kelezatan rasa, manfaat buah pepaya untuk wanita ternyata dapat mengatasi permasalahan kulit yang kerap dikeluhkan.

Buah pepaya telah dipercaya sejak lama memberikan khasiat bagi kesehatan pencernaan dan kulit. Bahkan dewasa kini, buah pepaya diekstrak sebagai bahan aktif pembuatan sabun dan lotion tubuh. Semakin menarik, bukan? Yuk, kita bahas bersama kandungan buah pepaya dan masalah kulit yang bisa diatasi dengan buah segar satu ini!

Mengenal Kandungan Buah Pepaya

Bernama ilmiah Carica papaya, buah ini berasal dari tanah Meksiko bagian selatan dan utara benua Amerika yang umumnya beriklim tropis seperti Indonesia. Itulah alasan pohon pepaya tumbuh subur di Indonesia.

Buah pepaya memiliki panjang mencapai 20 inci atau setara 51 cm, kulit berwarna hijau ketika mentah dan jingga ketika matang. Sedangkan warna daging buah kuning pucat saat mentah dan berangsur jingga hingga sedikit merah saat matang. Terdapat banyak biji hitam di bagian tengah buah jika dibelah.

Dalam 100 gr buah pepaya mengandung nutrisi lengkap seperti makronutrisi karbohidrat, protein dan lemak. Sedangkan mikronutrisi diantaranya vitamin A, D, E, K, C, B1, B2, B3, B5, B9, dan mineral seperti Ca, Fe, Mg, Fosfor, Kalium, Sodium, Zn.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Wanita

Nutrisi lengkap dalam buah pepaya selain bermanfaat merawat mikroflora usus, ternyata memberikan beragam manfaat kesehatan kulit. Sahabat sehat wanita tentu membutuhkan informasi berikut:

Cegah Penuaan Dini

Vitamin A selain melindungi retina mata, juga mampu meluruhkan sel kulit mati, sehingga kulit terjaga elastisitasnya. Buah pepaya membantu hilangkan garis halus kulit wajah berkat kandungan vitamin C dan E. Anda dapat mengonsumsi langsung atau digunakan sebagai masker wajah, lho.

Atasi Kulit Kering

Kulit kering dapat disebabkan kurangnya hidrasi tubuh baik dari dalam maupun luar. Buah pepaya banyak mengandung air, vitamin dan serat alami untuk menghidrasi kulit dari dalam. Dengan mengonsumsi buah pepaya secara rutin dan porsi tepat, dapat membantu kulit lembap terhidrasi dari dalam.

Kurangi Produksi Sebum

Produksi sebum atau minyak berlebih sebabkan tersumbatnya pori-pori dan menimbulkan inflamasi seperti jerawat. Enzim papain dalam buah pepaya dapat membersihkan pori kulit yang tersumbat. Selain itu, buah pepaya bisa jadi pembasmi komedo secara alami. Sahabat sehat dapat gunakan sebagai ramuan untuk dioleskan ke wajah, pastikan mengolah buah pepaya dengan bersih.

Atasi Kulit Pecah-pecah

Kulit pecah-pecah pada daerah tumit kaki dapat menggangu penampilan, tak jarang beberapa kasus menimbulkan rasa perih. Penyebabnya ialah masalah kulit kering, buah pepaya dapat menjadi pelembap alami untuk atasi masalah tersebut. Campurkan daging buah pepaya yang sudah dihaluskan bersama sedikit minyak zaitun, oleskan sehari sekali.

Atasi Kurap

Banyaknya aktivitas wanita, menjadikannya beresiko terpapar jamur penyebab infeksi jika tak menjaga kebersihan tubuh. Seperti kurap, infeksi jamur pada kulit akibat kontaminasi jamur dermatofita. Kandungan karoten pada pepaya rupanya mampu mengatasi infeksi kurap pada kulit. Senyawa karoten bekerja sebagai sistem anti-inflamasi untuk kurangi peradangan akibat infeksi kurap.

Manfaat buah pepaya untuk wanita mengoptimalkan kesehatan kulit rupanya jadi alasan mengonsumsi buah manis ini. Sahabat sehat, SESA menyediakan buah pepaya berkualitas dengan kematangan sempurna dan bebas bahan kimia di SESA.ID

 

Referensi: Sunpride

Gambar oleh pisauikan dari Pixabay