Home » Blog » Jadikan Tubuh Sehat, Berikut 6 Rekomendasi Buah dan Sayur Yang Tinggi Vitamin C 

Jadikan Tubuh Sehat, Berikut 6 Rekomendasi Buah dan Sayur Yang Tinggi Vitamin C

Buah dan Sayur Yang Tinggi Vitamin C

Tubuh sehat menjadi dambaan tiap orang, dengan tubuh sehat, maka segala aktivitas dapat diselesaikan dengan baik. Mendapatkan tubuh sehat perlu usaha lebih dalam menjaga pola hidup, baik dari makanan maupun olahraga.

Sahabat sehat, buah dan sayur yang tinggi vitamin C bisa jadi cara terbaik mendapatkan tubuh sehat, loh!

Mengenal Vitamin C

Asam askorbat atau biasa disebut vitamin C merupakan senyawa larut air yang diperlukan tubuh untuk meregenerasi kulit, tulang dan gigi. Dalam beberapa penelitian, vitamin C mampu menangkal radikal bebas ekstraseluler penyebab kanker. Fungsi lain yakni membantu penyerapan zat besi dalam tubuh, melindungi sel tubuh hingga mempercepat penyembuhan luka.

Manfaat ‘dewa’ dari vitamin C banyak digunakan menunjang kesehatan imunitas tubuh hingga kecantikan. Melihat dari segi manfaat, tidak heran jika vitamin C wajib jadi menu sehat.

Banner Sayur dan Buah Organik

Dampak Tubuh Kekurangan Vitamin C

Kekurangan vitamin C menjadikan tubuh tidak ternutrisi dengan baik, akan ada resiko penyakit mengintai, seperti anemia, memar, pendarahan hingga berkurangnya kekuatan gigi. Selain itu, kulit terlihat pucat dan kering, hal tersebut terjadi karena terhambatnya proses regenerasi.

Setelah mengenal vitamin C dan dampak yang diberikan, Sahabat sehat bisa mendapatkan sumber vitamin C dari sayuran dan buah.

Sayuran Kaya Vitamin C

Berikut beberapa sayur dengan kandungan vitamin C yang bisa jadi wishlist kebutuhan belanja besok!

1. Sayur Brokoli

Sayuran hijau satu ini banyak digemari karena rasa tidak terlalu pahit dan tekstur yang empuk setelah dimasak. Selain vitamin C, brokoli mengandung nutrisi seperti mineral dan serat yang penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Bunga/Kembang Kol

Sayuran ini rendah kalori dan tinggi serat, sehingga cocok untuk sahabat sehat yang sedang menjalani program diet. Meskipun kandungan vitamin C tidak sebanyak brokoli, namun mineral dan serat cukup memberikan dampak baik bagi tubuh.

3. Sayur Bayam

Menjadi sayuran favorit, bayam memiliki tekstur lebih lembut dibandingkan sayur sejenis. Bayam cocok dikonsumsi tiap hari karena kaya akan vitamin C, A, K, folat, kalium dan zat besi yang diperlukan tubuh. Tapi, tetap pantau porsi agar terhindar dari efek sampingnya bila berlebihan, seperti asam urat.

4. Lobak

Vitamin C yang terkandung dalam lobak membantu meningkatkan kolagen dalam tubuh, berfungsi menjaga kesehatan kulit, mengatasi kulit kering dan mencegah penuaan dini.

Buah-buahan Kaya Vitamin C

Selain sayur-mayur, beberapa buah dengan kandungan vitamin C sangat bisa Sahabat sehat tambah dalam menu harian, berikut daftarnya:

1. Jambu Biji

Rasa yang manis menjadikan jambu biji sering dikonsumsi banyak orang. Dibalik rasa yang nikmat, nyatanya jambu biji mengandung vitamin C, A, kalium dan antioksidan. Kadar vitamin C dalam jambu biji digadang lebih tinggi dibanding jeruk.

2. Jeruk

Terkenal kaya akan vitamin C, jeruk memberikan asupan bagi kesehatan kulit. Dengan mengonsumsi jeruk 70 mg perhari, kebutuhan vitamin C harian telah terpenuhi.

3. Pepaya

Dalam satu takaran saji pepaya seberat 150 gr mengandung 90 mg vitamin C, pernyataan tersebut menyimpulkan bahwa kadar vitamin C harian telah terpenuhi hanya dari pepaya. Selain kesehatan kulit, kesehatan pencernaan juga terjaga dengan konsumsi cukup buah pepaya.

Banner Sayur dan Buah Organik

4. Strawberry

Buah menggemaskan satu ini ternyata mengandung banyak vitamin C dan antioksidan. Sahabat sehat dapat menikmatinya menjadi jus, smoothies, campuran susu atau salad.

Pentingnya konsumsi buah dan sayur yang tinggi vitamin C membuat Sahabat sehat harus selalu memenuhi kebutuhannya bahkan setiap hari. Manfaatkan berbelanja online untuk penuhi kebutuhan sayur dan buah segar hanya di SESA.ID.

Referensi : ciputrahospital.com

Photo by Yaroslav Shuraev from Pexels