Home » Blog » Kandungan Serta 5 Manfaat Celery Stick Bagi Anda

Kandungan Serta 5 Manfaat Celery Stick Bagi Anda

manfaat celery stick

Manfaat celery stick – Sebagai masyarakat nusantara, kita sudah sering menjumpai seledri dalam berbagai olahan. Bahkan seledri juga sudah umum dijadikan sebagai jus atau dikonsumsi secara langsung sebagai contoh batang seledri atau celery stick. Manfaat celery stick sangat baik siapapun yang mengonsumsinya.

Seputar Seledri

Seledri sudah dikenal sangat lama yakni sejak ribuan tahun lalu sebagai tanaman liar di tanah Asia tepatnya di wilayah Mediterania dekat Laut Tengah. Seledri biasa digunakan untuk kepentingan pengobatan karena baunya yang sangat khas.

Di beberapa negara Asia seperti China, Jepang bahkan Indonesia, seledri sudah sering digunakan sebagai penyedap pada masakan. Seledri memiliki nama ilmiah Apium graveolens L. dan terbagi dalam 3 jenis yang dapat dikonsumsi yaitu seledri daun, seledri tangkai, dan seledri umbi.

Kandungan Gizi dalam Seledri

Berikut adalah informasi kandungan gizi dalam 100 gram seledri menurut Alodokter.

15 kalori
95 gram air
3 gram karbohidrat
0,7 gram protein
1,5 gram serat
260 mg kalium
80 mg natrium
11 mg magnesium
40 mg kalsium
0,2 mg zat besi
3 mg vitamin C
450 IU vitamin A
30 mcg vitamin K
35 mcg folat

Manfaat Seledri Bagi Tubuh

Berdasarkan informasi kandungan nutrisi diatas, mengonsumsi seledri termasuk celery stick manfaatnya sangat baik bagi tubuh Sahabat Sehat. Berikut beberapa manfaat celery stick bagi tubuh.

Menurunkan Kolesterol

Seledri memiliki kandungan senyawa BuPh (3-n-butylphthalide) yang berperan untuk mengurangi kadar kolesterol total, kolesterol lipoprotein, dan konsentrasi gliserida. Mengonsumsi seledri secara rutin dan teratur dapat membantu mengontrol kadar kolesterol di dalam darah.

Mengurangi Peradangan

Radikal bebas menyebabkan terjadinya peradangan pada tubuh manusia. Mengonsumsi celery stick dapat mengurangi dan menyembuhkan peradangan, karena seledri dikenal mengandung senyawa antioksidan yang efektif untuk melawan radikal bebas.

Bahaya dari peradangan akibat paparan radikal bebas dapat berakibat parah dan menyebabkan timbulnya penyakit mengerikan seperti radang sendi, penyakit jantung, hingga kanker.

Selain antioksidan, seledri juga mengandung caffeic acid, asam ferulic, dan quercetin yang berperan untuk mengobati jenis peradangan lainnya seperti nyeri sendi, gangguan kulit, sindrom iritasi usus, infeksi hati, ginjal dan saluran kemih.

Mengontrol Tekanan Darah

Seledri mempunyai sifat anti-hipertensi yang dapat menurunkan tekanan darah. Hipertensi dapat menimbulkan risiko penyakit jantung koroner dan berakibat pada kematian. Kandungan nutrisi dalam seledri hingga biji seledri dapat meningkatkan kesehatan jantung manusia.

Selain dapat menjaga kesehatan jantung secara menyeluruh, seledri juga didukung oleh kandungan vitamin K yang berperan dalam menjaga kesehatan pembuluh darah sehingga akan membantu kinerjanya dalam mendistribusikan darah ke seluruh tubuh kita.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Seledri mempunyai sekitar 95% kadar air dan terdiri dari serat larut maupun serat tak larut. Kedua serat ini berperan dalam melancarkan saluran dalam sistem pencernaan manusia. Manfaat celery stick dengan kandungan polisakaridanya mampu mengurangi rasa sakit maag karena asam lambung.
Mencegah Penyakit Hati

Mengonsumsi seledri ataupun celery stick dapat mencegah Sahabat Sehat dari risiko penyakit liver. Kandungan vitamin A, B, C, dan zat besinya berperan sebagai makanan pembersih liver yang sangat baik. Selain itu, konsumsi seledri juga dapat melindungi ginjal dalam tubuh kita.

Seledri mempunyai sifat diuretik yang berperan sebagai penghilang racun, kontamin, serta limbah yang ada dalam tubuh manusia.

Setelah Sahabat Sehat tahu manfaat celery stick bagi kesehatan tubuh, apakah masih ragu untuk rutin mengkonsumsinya secara teratur? Jika bingung mendapatkan celery stick yang berkualitas tinggi, Seleri Stick Imp 500 g Sesa yang selama ini Sahabat Sehat cari.

Seleri stick Sesa ditanam dari benih impor bermutu tinggi dan dipelihara di lingkungan alami. Belanja celery stick berkualitas hanya di SESA Indonesia.

Referensi: Ilmu Pengetahuan Umum, Alodokter
Photo by Kindel Media from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.