Home » Blog » Ingin ASI Lancar? Ini 5 Manfaat Fenugreek untuk ASI Booster

Ingin ASI Lancar? Ini 5 Manfaat Fenugreek untuk ASI Booster

manfaat fenugreek

Sahabat sehat pernah mendengar fenugreek? Tanaman fenugreek belakangan ini semakin populer karena manfaat fenugreek baik untuk ibu menyusui. Fenugreek adalah jenis tumbuhan yang hidup di iklim kering memiliki daun hijau, tinggi tanaman maksimal 90 cm. Di India, fenugreek menjadi bumbu pembuat kari. Di Indonesia, fenugreek lebih dikenal dengan nama klabat yang sering menjadi bumbu gulai.

Biji fenugreek adalah bagian tumbuhan yang kaya manfaat. Fenugreek ternyata bukan hanya bermanfaat sebegai bumbu masakan, tetapi mengandung manfaat kesehatan. Salah satu manfaat fenugreek yaitu memperlancar produksi ASI atau sebagai ASI booster. Mari kita bahas lebih lanjut tentang manfaat fenugreek untuk ibu menyusui!

Fenugreek Mengandung Fitoestrogen untuk ASI Booster

Organic Fenugreek Sprout Seed Geo 35 G

Organic Fenugreek Sprout Seed Geo 35 G

Menurut penelitian yang dipublikasi pada situs Pubmed, fenugreek efektif meningkatkan produksi ASI. Penelitian tersebut meliputi 66 pasangan ibu dan bayi dalam 3 kelompok. Hasilnya, 22 pasangan ibu dan anak yang mengonsumsi teh herbal dengan campuran fenugreek dalam waktu tertentu mampu memproduksi ASI lebih banyak daripada 2 kelompok lainnya. 

Manfaat fenugreek dapat meningkatkan produksi ASI salah satunya karena mengandung fitoestrogen yaitu senyawa yang ada pada tumbuhan yang punya khasiat mirip dengan hormon estrogen. Senyawa ini biasanya terdapat pada biji-bijian, sayuran, bawang putih dan kacang-kacangan.   

Biji Fenugreek Kaya Protein dan Serat

Bagian biji fenugreek kaya akan protein dan serat yang dibutuhkan selama masa menyusui. Protein dibutuhkan dalam proses pembentukan energi sehingga ibu menyusui lebih sehat dan bugar. Sedangkan kandungan serat fenugreek membantu menyehatkan pencernaan dan memperlancar proses metabolisme tubuh. Jika tubuh ibu menyusui sehat maka produksi ASI akan lebih lancar dan berkualitas. 

Fenugreek Kaya Antioksidan Flavonoid

Flavonoid merupakan antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan membantu perbaikan sel tubuh. Tumbuhan yang mengandung flavonoid membawa manfaat mengurangi hipertensi, diabetes dan meningkatkan daya tahan tubuh. Fenugreek termasuk salah satu tumbuhan yang kaya akan flavonoid. Manfaat fenugreek  untuk ibu menyusui sebagai sumber antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan sel sehingga produksi ASI bisa terjaga nutrisinya. 

Fenugreek sumber Vitamin A, B dan D

Ibu menyusui membutuhkan vitamin dalam jumlah cukup untuk mendorong produksi ASI yang sehat dan berkualitas. Terutama vitamin B kompleks mempunyai peran dalam meningkatkan produksi ASI dan menghasilkan ASI yang kaya nutrisi untuk kesehatan otak dan tumbuh kembang bayi. Selain itu vitamin A dan D bermanfaat dalam pembentukan daya tahan tubuh yang optimal dan menjaga kesehatan organ dalam.

 

Itulah beberapa manfaat fenugreek untuk ibu menyusui. Fenugreek untuk ibu menyusui dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau teh herbal. Ada beberapa efek samping ringan pada sebagian orang ketika mengonsumsi fenugreek, di antaranya menyebabkan urine lebih bau, mual atau kembung. Jika setelah mengonsumsi fenugreek ada efek samping sebaiknya berhenti mengonsumsinya. Umumnya, risiko efek samping ini sangat jarang terjadi.

Untuk mendapat manfaat fenugreek ibu menyusui sebaiknya mengonsumsi dalam bentuk teh herbal karena lebih minim efek samping. Jangan mengonsumsi berlebihan, cukup 2-3 kali sehari saja. Amati perubahan dalam janga waktu 2-4 minggu. Jika produksi ASI meningkat dan tidak ada tanda alergi bisa melanjutkan mengonsumsi fenugreek. Selain itu, imbangi juga dengan kebutuhan asupan makanan sehat. Dapatkan semua kebutuhan ibu menyusui dan anak di SESA.ID!

 

Referensi: NCBI

Photo by Eva Elijas from Pexels