Home » Blog » 5 Manfaat Jus Bayam dan Pisang untuk Mencegah Berbagai Penyakit

5 Manfaat Jus Bayam dan Pisang untuk Mencegah Berbagai Penyakit

manfaat jus bayam dan pisang

Segelas jus bayam dan pisang cocok dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebelum masuk ke penjelasan manfaat jus bayam dan pisang, kita bahas dulu kandungan nutrisinya. Ada beberapa kandungan nutrisi yang sama pada bayam dan pisang yang perlu kita tahu.

Bayam dan pisang sama-sama mengandung serat, kalsium, kalium, vitamin C, asam folat dan antioksidan. Pisang mengandung zat antioksidan jenis flavonoid bernama leucocyanidin. Zat antioksidan utama pada bayam adalah lutein dan zeaxanthin.

Dengan kandungan nutrisi masing-masing, pisang dan bayam saling melengkapi kebutuhan vitamin dalam tubuh. Cara mendapatkan nutrisi bayam dan pisang dengan mengolah keduanya menjadi jus segar. Jus bayam dan pisang sangat kaya manfaat kesehatan.

Sahabat sehat, inilah 5 manfaat jus bayam dan pisang untuk mencegah berbagai penyakit!

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah kalium. Pisang dan bayam adalah sumber kalium yang tinggi. Penderita tekanan darah tinggi dianjurkan mengonsumsi 4500-4700 mg kalium per hari. Mengonsumsi jus bayam pisang membantu memenuhi kebutuhan kalium dalam tubuh.

Mencegah tekanan darah tinggi harus menjaga pola makan. Hindari makanan tinggi garam, alkohol dan rokok. Selain itu, dengan rutin olah raga dan mengurangi stres juga penting untuk mencegah tekanan darah tinggi.

Menjaga Kesehatan Tulang

Mineral penting yang diperlukan tubuh dalam menjaga kesehatan tulang adalah kalsium. Kita tahu, kalsium biasanya ditemukan pada susu. Selain susu, kalsium juga ada pada buah dan sayur. Bayam dan pisang termasuk sumber kalsium untuk tubuh.

Kandungan kalsium pada 150 gram pisang bisa mencapai 12 mg kalsium. Sedangkan dalam 100 gram bayam terdapat sekitar 166 mg kalsium. Jus bayam pisang sangat kaya kalsium yang bermanfaat menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis.

Menjaga Kesehatan Mata

Pisang dan bayam sama-sama kaya akan vitamin A. Bayam juga mengandung beta karoten, yaitu jenis antioksidan yang ikut menjaga kesehatan mata. Perpaduan nutrisi pada bayam dan pisang cukup lengkap untuk kesehatan mata.

Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan menurunnya kualitas penglihatan. Rutin konsumsi segelas jus bayam dan pisang dapat mencegah gangguan penglihatan. Manfaat jus bayam dan pisang dapat mencegah mata rabun dan katarak.

Menyehatkan Pencernaan

Kandungan antioksidan dan serat yang tinggi berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan. Bayam dan pisang adalah sumber serat dan antioksidan. Kekurangan serat bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare, sembelit dan wasir.

Gangguan pencernaan tentu membuat Sahabat sehat jadi tidak nyaman dalam beraktivitas. Jus bayam dan pisang bisa menjadi solusi untuk mengatasi dan mencegah gangguan pencernaan.

Mencegah Anemia

Penyebab anemia diantaranya kurang asupan zat besi. Penderita anemia dianjurkan rutin konsumsi makanan yang kaya zat besi, vitamin C dan asam folat. Vitamin C dan folat membantu tubuh dalam produksi sel darah dan menjaga daya tahan tubuh.

Ketiga nutrisi yang dibutuhkan penderita anemia bisa ditemukan dalam bayam dan pisang. Penderita anemia bisa konsumsi jus bayam dan pisang untuk mencegah gejala anemia.

 

Sahabat sehat, masih banyak lagi manfaat jus bayam dan pisang untuk kesehatan. Intinya, jus bayam pisang sangat kaya nutrisi. Perpaduan bayam dan pisang saling melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh.

Sayur dan buah organik bisa menghasilkan jus buah yang lebih sehat dan segar. Buah dan sayur organik ditanam tanpa zat kimia berbahaya. Bayam hijau organik adalah pilihan bayam paling kaya nutrisi. Sahabat sehat bisa dapatkan bayam hijau organik di sini.