fbpx
Skip to content
Home » Blog » 5 Manfaat Kurma untuk Kesehatan

5 Manfaat Kurma untuk Kesehatan

manfaat kurma

Salah satu superfood yang kaya akan nutrisi dan manfaat sehat yaitu kurma. Kurma adalah jenis buah yang tumbuh sepanjang tahun. Namun, untuk mendapatkan kualitas buah kurma terbaik biasanya dipanen ketika awal musim dingin. Ada beragam jenis kurma yang sering dijumpai, kurma Medjool, kurma tangkai, dan kurma madu.

Kurma adalah salah satu buah kaya nutrisi dan energi yang mengandung gula sederhana yaitu fruktosa dan sukrosa. Tak hanya itu, banyak kandungan lain, seperti serat, protein, kalium, magnesium, zat besi, dan vitamin B6. Dalam 100 gram kurma, mengandung 281 kalori sehingga dapat menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh.

Manfaat Konsumsi Kurma

Tahu soal kandungannya tentu tak lengkap jika Anda belum tahu soal manfaat buah kurma itu sendiri. Agar Anda makin semangat untuk menjadikan buah yang satu ini sebagai makanan sehari-hari, berikut di bawah ini  khasiat buah kurma untuk kesehatan:

1. Mencukupi Kebutuhan Gizi dan Kalori

Kalori dalam buah kurma cukup tinggi, mirip dengan buah ara dan kismis. Meski tinggi kalori, kurma mengandung 70 persen karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Tak hanya tinggi gizi dan kalori, manfaat kurma lainnya adalah dapat melancarkan pencernaan. Dalam kurma, terdapat serat sebanyak 7 gram yang mampu mencegah konstipasi dan membuat gerakan usus besar lebih teratur dalam pembentukan feses. Untuk itu, tidak ada salahnya bila Sahabat Sehat memasukkan kurma dalam diet harianmu.

Pengganti Gula yang Lebih Sehat

Kurma dapat dijadikan pengganti gula lho Sahabat Sehat! Tak hanya memiliki cita rasa manis, kurma kaya akan nutrisi, serat, dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Walaupun masih membutuhkan penelitian lanjutan, buah kurma dipercaya dapat membantu mengatur gula darah dan menjaga kesehatan tulang.

Pengganti Elektrolit Tubuh

Bukan cuma air kelapa, lho, yang bisa membantu membantu elektrolit yang hilang, kurma pun bisa! Dengan kadar potasium yang tinggi, yaitu salah satu unsur elektrolit yang dibutuhkan tubuh, kurma juga bermanfaat untuk menguatkan tubuh sekaligus membangun otot dalam tubuh.

Menangkal Radikal Bebas

Kurma mengandung beberapa jenis antioksidan yang dapat membantu mengurangi efek dan menangkal radikal bebas. Selain itu, antioksidan bekerja melindungi sel dan jaringan tubuh dari stres dan peradangan kronis yang memicu berbagai risiko penyakit.

Flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik adalah beberapa jenis antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Karotenoid juga dapat mengurangi risiko gangguan pada mata terkait penuaan, seperti degenerasi makula.

 

Nah, sudah tahu manfaat sehat kurma untuk tubuh? Ada banyak produk olahan kurma yang bisa menjadi makanan dan camilan sehat untuk Sahabat Sehat, seperti susu kurma . Namun, tetap imbangi dengan berolahraga dan menjalani pola hidup sehat. Selain itu, penuhi kebutuhan nutrisi #SehatSekarang -mu dengan berbelanja di sesa.id, lebih nyaman dan ada banyak ragam produk organik dan sehat untuk keluarga. Tunggu apa lagi? Yuk, belanja #SehatSekarang!