Home » Blog » 5 Manfaat Jus Sayur untuk Kesehatan Keluarga

5 Manfaat Jus Sayur untuk Kesehatan Keluarga

manfaat jus sayur untuk kesehatan

Saat mempersiapkan jus sayur, Sahabat Sehat bisa berpikir kreatif dalam mengolahnya agar tetap memiliki rasa yang “ramah” di lidah ketika dikonsumsi. Mencampurkan beberapa jenis sayur atau bahan lainnya, seperti buah-buahan segar, dapat membuat rasa jus sayur lebih nikmat dan bernutrisi saat dikonsumsi.

Konsumsi jus buah dan sayur juga diyakini mampu membantu menghilangkan racun dalam tubuh, menurunkan berat badan, menurunkan kadar kolesterol, dan mampu menjaga kesehatan jantung.

Manfaat Konsumsi Jus Sayur

Hidup sehat bisa dimulai dari hal yang sederhana seperti rutin mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya nutrisi. Salah satu makanan yang kaya nutrisi dan memiliki segudang manfaat kesehatan adalah sayuran. Kita dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran paling tidak sebanyak 5 porsi sehari untuk mencukupi kebutuhan vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang diperlukan tubuh.

Namun pada kenyataannya,  lebih dari 90 persen masyarakat Indonesia masih kurang mengonsumsi sayuran dan hanya memenuhi sekitar 70 persen dari konsumsi sayuran yang dianjurkan.

Salah satu faktor dari rendahnya konsumsi sayuran ini adalah masih banyaknya masyarakat yang malas untuk mengonsumsi sayuran dalam jumlah yang dianjurkan.

Oleh karena itu, menambahkan sayuran dalam bentuk jus ke dalam makanan sehari-hari, merupakan cara terbaik dan termudah untuk membantu meningkatkan konsumsi sayuran harian yang akan memberikan berbagai macam manfaat, seperti:

Memberikan Nutrisi Tinggi yang Lebih Mudah Diserap

Minum jus sayuran akan lebih menyehatkan bila dibandingkan dengan hanya makan sayuran utuh. Hal ini karena nutrisi dalam sayuran akan diserap lebih baik ketika sayuran dikonsumsi dalam bentuk jus.

Kreasikan dengan sayuran berwarna-warni, setiap warna sayur memiliki kandungan antioksidan dan manfaat kesehatan yang beragam. Tonton penjelasan lebih lengkap video di bawah ini tentang mengapa Sahabat Sehat perlu makan sayur dan buah warna warni.

Menjaga Kulit Terhidrasi dengan Baik

Cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah dengan mengonsumsi jus sayuran di pagi hari bersama dengan sarapan dan di malam hari sebelum makan.

Jus sayuran yang terbuat dari jenis sayuran yang berwarna warni seperti tomat, ubi jalar dan wortel sangat bermanfaat bagi kulit karena mengandung antioksidan kuat dan vitamin C yang dapat memberikan kulit yang lebih sehat dan bercahaya, membantu mencegah jerawat dan merawat kulit yang berjerawat.

Belanja sayuran organik online di SESA.ID. Cek harga diskon setiap hari.

Menurunkan Craving   

Jus sayuran dapat menghilangkan craving. Hal ini karena jus sayuran mengandung tinggi kalium, serat dan karbohidrat kompleks yang dapat memuaskan lapar dan membantu menghilangkan keinginan untuk mengonsumsi makanan tinggi gula. Selain itu, jus sayuran mudah sekali diserap oleh tubuh.

Membantu Mengeluarkan Racun Tubuh

Pasti kamu sering mengonsumsi makanan berlemak, junkfood, dan makanan dengan gizi tidak seimbang, bukan? Memang makanan-makanan tersebut menggiurkan dan lezat jika disantap, namun hal itu menjadikan kamu mengadopsi gaya hidup tidak sehat.

Dengan mengonsumsi jus sayuran setiap hari bisa jadi salah satu cara mudah dan sehat untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh dan membuat tubuh lebih bugar. Kadar air dan antioksidan yang ada dalam jus sayuran akan menghilangkan semua racun dalam tubuh kamu, terutama jika dikonsumsi setiap hari.

Coba resep smoothies hijau untuk detox di bawah ini.

Menjaga Kesehatan Jantung

Rutin mengonsumsi jus sayur merupakan salah satu cara potensial untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular, terutama jus sayur yang terbuat dari berbagai jenis sayur-sayuran sehingga mengandung beragam polifenol, vitamin dan mineral.

Meski jus sayur membawa beragam manfaat bagi kesehatan, namun proses pembuatan jus berpotensi menghilangkan sebagian kandungan serat pada sayur. Padahal kandungan serat yang terdapat pada sayur memiliki peranan penting dalam menunjang kesehatan tubuh dan saluran cerna. Penuhi kebutuhan #SehatSekarang -mu hanya dengan berbelanja di sesa.id!

Photo by Ponyo Sakana from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.