Home » Blog » 5 Kiat Mudah Olah Jus Buah dan Sayur yang Enak dan Sehat

5 Kiat Mudah Olah Jus Buah dan Sayur yang Enak dan Sehat

kiat olah jus

Sudah bukan rahasia lagi, buah dan sayur memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Rutin mengonsumsi jus sayur merupakan salah satu cara potensial untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular, terutama jus sayur yang terbuat dari berbagai jenis sayur-sayuran sehingga mengandung beragam polifenol, vitamin dan mineral.

Selain dapat dikonsumsi langsung atau dimasak, Sahabat Sehat dapat menikmati sayur dan buah dengan dibuat jus. Meski menyehatkan, cara membuat jus yang tidak benar bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Sehatnya Mengonsumsi Jus Buah dan Sayur

Dilansir dari laman Harvard School of Public Health, nutrisi dari buah dan sayur sudah terbukti dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, stroke, masalah pada mata, dan gangguan pencernaan. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam sayur dan buah juga dapat memperlambat penuaan pada kulit.

Cara paling praktis untuk menikmati sayur dan buah adalah dengan dibuat jus. Anda bisa membuat jus sayur, buah, atau kombinasi dari keduanya agar lebih nikmat. Selain itu, jus buah dan sayur mempermudah penyerapan nutrisi penting ke dalam  tubuh.

Kiat Olah Jus Buah dan Sayur yang Aman dan Sehat

Biasanya untuk membuat jus buah dan sayur yang kaya manfaat, Sahabat Sehat menggunakan buah dan sayur mentah. Hal ini memungkinkan bakteri hidup di permukaannya. Jika kamu tidak mencuci bersih buah dan sayur yang akan kamu olah menjadi jus, bakteri dan zat residu pestisida, masih mungkin menempel.

Bila bakteri dan zat asing lainnya masuk ke tubuh, kamu bisa keracunan makanan. Tanda-tanda keracunan makanan yang paling sering muncul seperti muntah atau diare. Pada orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah, gejala yang muncul bisa lebih parah.

Kiat menyiapkan jus sayuran untuk dikonsumsi setiap hari sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mencucinya, kemudian memotongnya menjadi bagian yang lebih kecil. Namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat jus sayur. Simak yuk, langkah-langkah mengolah jus buah dan sayur yang benar berikut ini:

Pemilihan Bahan

Menggunakan bahan-bahan segar yang alami dan organik dalam membuat jus sayur akan menghasilkan jus sayur yang lebih aman untuk dikonsumsi setiap hari. Hal ini karena sayuran organik tumbuh tanpa menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya sehingga Kamu dapat terhindar dari paparan kimia yang dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan.

Cuci Bahan dengan Benar

Langkah mudah olah jus buah dan sayur berikutnya adalah mencuci bahan buah dan sayur dengan benar. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan bakteri yang menempel pada permukaan sayur dan buah sudah hilang.

Bakteri yang menempel dari permukaan buah dan sayur bisa saja terpapar langsung dari tanah, saat pendistribusian, atau di tempat penyimpanan. Saat mencuci, gosok-gosokkan permukaan sayur dan buah dengan tangan Anda. Gunakan air mengalir untuk membilasnya, agar bakteri dan pestisida terbuang terbawa bersama air. Selanjutnya, tempatkan sayuran dan buah yang sudah dicuci pada wadah yang kering dan bersih.

Komposisi Bahan

Dalam membuat jus sayur, Kamu bisa memadukannya dengan berbagai macam buah segar untuk mendapatkan rasa yang lebih enak. Namun, sebaiknya jumlah buah yang digunakan hanya sekitar 10-30% dari komposisi jus sayur. Hal ini karena mengkonsumsi buah akan lebih bermanfaat jika dikonsumsi dalam bentuk utuh untuk mendapatkan vitamin, mineral dan serat yang lebih optimal.

Buang dan kupas terlebih dahulu bagian kulit buah. Tujuannya, agar buah benar-benar bebas dari paparan bakteri dan kotoran. Buang bagian daging buah maupun sayur yang sudah rusak. Kualitas buah dan sayur yang baik tentu akan menghasilkan jus yang lebih sehat dan nikmat.

Batasi Penggunaan Pemanis Tambahan

Akan lebih baik jika Anda tidak menggunakan tambahan gula sama sekali ketika membuat jus. Namun, jika ingin sedikit manis, Anda mungkin bisa menggunakan madu ketimbang gula. Jika ingin memakai gula, gunakan secukupnya. Terlalu banyak menambahkan gula bisa menambah jumlah kalori jus

Gunakan Slow Juicer

Slow juicer akan memberikan hasil jus sayur yang lebih baik karena dapat meminimalkan oksidasi dan mengekstrak nutrisi lebih banyak. Produk slow juicer yang patut Sahabat Sehat coba adalah Kuving. Kuving adalah salah satu brand premium dari slow juicer yang dapat mengekstrak sayur secara perlahan agar nutrisi dan enzim alami yang terdapat dalam sayuran tetap terjaga dan membuat jus yang dihasilkan lebih nikmat, mudah, cepat dan bernutrisi.

 

Yuk mulai menjalankan hidup sehat dengan rutin minum jus sayur setiap hari! Dengan Kuving slow juicer, mendapatkan nutrisi dari berbagai jenis sayuran setiap hari menjadi lebih mudah dan praktis. Sahabat Sehat bisa membeli Kuving slow juicer di sesa.id, lho! Ingat #SehatSekarang, Ingat SESA!

Photo by Charlotte May from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.