Home » Blog » 20 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil Agar Bayi Sehat

20 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil Agar Bayi Sehat

Ketahui berbagai manfaat kacang hijau untuk ibu hamil, karena makanan ini memiliki manfaat tinggi bagi kesehatan, terutama wanita yang sedang mengandung. Mengonsumsi kacang hijau memang dikenal baik bagi kesehatan, karena bisa menjadi sumber vitamin dan nutrisi.

Perkembangan janin dan ibu yang mengandung, tentu perlu diperhatikan kesehatannya. Dengan mengonsumsi makanan sehat setiap harinya, maka akan membuat kandungan terjaga dan bayi dapat lahir dengan sehat, tentu saja itu menjadi dambaan bagi setiap orang tua bukan.

Kacang hijau bisa menjadi snack atau menu sarapan yang tepat, jika Sahabat Sehat sudah mulai bosan dengan menu makanan itu-itu saja. Tapi harus diingat bagi para ibu, dalam mengonsumsi makanan, tidak hanya memikirkan kepentingan ibunya saja, namun juga bayi yang dikandung.

DAPATKAN KACANG ORGANIK DI SESA.ID

20 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil agar Kandungan Tetap Sehat

Memenuhi gizi ibu hamil, menjadi salah satu hal terpenting harus diperhatikan. Jangan sampai nutrisi dan gizi tidak terpenuhi, karena akan berdampak pada perkembangan janin dan juga kesehatan ibu hamil nantinya, berikut manfaat kacang hijau yang bisa Sahabat Sehat dapatkan.

1. Menjaga Tulang Tetap Kuat

Kekuatan tulang ibu hamil harus diperhatikan, karena saat mengandung, bobot ditopang oleh tulang akan menjadi lebih berat. Suku polong ini ini mengandung kalsium, terbukti mampu meningkatkan kekuatan tulang, agar tidak mudah rapuh atau mengalami masalah tulang lainnya.

BACA JUGA: 15 Khasiat Kacang Almond untuk Ibu Hamil dan Janin

2. Menjadi Tambahan Sumber Energi

Sumber energi bagi ibu mengandung tentu saja tidak kalah penting, terlebih lagi mereka memiliki bayi yang membutuhkan sumber energi juga. Tambahan sumber energi bisa didapatkan dari makanan ini, agar Sahabat Sehat tidak mudah lemas atau merasa tidak bertenaga.

Kacang Kedelai Kuning Organik

Kacang Kedelai Kuning Organik

3. Meningkatkan Hemoglobin

Seringkali kadar hemoglobin atau sel darah merah pada ibu hamil rendah, inilah yang biasanya menyebabkan ia mudah pusing atau berkunang-kunang. Dengan mengonsumsi suku polong-polongan ini, produksi sel darah merah akan meningkat dan membuat tubuh lebih bertenaga.

4. Mencegah Risiko Penyakit Kronis

Salah satu kekhawatiran dialami oleh ibu hamil adalah, risiko penyakit kronis yang dapat memengaruhi kondisi janin. Kacang hijau diketahui mengandung antioksidan tinggi, zat ini mampu menetralkan molekul yang berpotensi berbahaya bagi kesehatan.

5. Produksi Cairan Tubuh Meningkat

Sahabat Sehat bebas mengonsumsi kacang hijau untuk diolah menjadi berbagai menu makanan, salah satu olahan yang paling sering dikonsumsi yaitu bubur kacang hijau. Jika mengonsumsi menu makanan ini secara rutin, maka produksi sel dan cairan tubuh dapat meningkat.

6. Mencegah Kecacatan Janin

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil berikutnya adalah, mencegah kecacatan janin. Kondisi ini biasanya disebabkan karena kurangnya zat tertentu atau faktor bawaan genetik, namun untuk menurunkan risiko terjadinya kecacatan, maka asam folat pada kacang hijau bisa membantunya.

7. Mengatasi Mual di Pagi Hari

Morning sickess atau rasa mual di pagi hari, memang kerap dirasakan oleh ibu hamil, biasanya gejala ini dirasakan pada awal kehamilan. Kandungan vitamin B1 dan B2 pada suku polong-polongan ini, bisa mengatasi gejala mual yang cukup mengganggu tentunya.

8. Pencernaan Lancar

Salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu hamil adalah, pencernaan yang tidak lancar atau sembelit. Perlu diketahui bahwa kacang hijau mengandung serat, dan mampu melancarkan pencernaan, sehingga tidak ada lagi masalah sembelit atau rasa perut tidak nyaman.

9. Menjaga Tubuh Tetap Bugar

Tubuh tetap bugar tentu saja akan berpengaruh pada tumbuh kembang janin, dan kacang hijau diketahui sebagai menu sarapan yang tepat untuk memulai hari. Dengan mengonsumsi kacang hijau secara rutin, maka rasa lemas ataupun tidak bertenaga dapat diatasi.

Kacang Tanah Organik

Kacang Tanah Organik

10. Kesehatan Jantung Terjaga

Jantung merupakan organ tubuh yang berperan penting, apalagi saat sedang mengandung, tentu saja aliran darah pada pembuluh harus tetap stabil. Dengan mengonsumsi kacang hijau, maka antioksidan pada makanan ini bisa membantu untuk menangkal radikal bebas dan inflamasi.

BACA JUGA: Ternyata Manfaat Kacang Kedelai untuk Ibu Hamil Itu Banyak

11. Menjaga Tekanan Darah Stabil

Tekanan darah tinggi bisa berbahaya bagi ibu dan janin, untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil, Sahabat Sehat bisa mengolah kacang hijau dan mengonsumsinya. Kacang yang masuk ke suku polong-polongan ini, diketahui mengandung potassium dan magnesium baik bagi tubuh.

12. Sumber Asam Folat

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil lainnya adalah sebagai sumber asam folat, biasanya jenis asam ini terdapat pada jenis sayuran hijau, buah-buahan tertentu dan sereal. Kacang hijau bisa menjadi menu alternatif, apabila Sahabat Sehat bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja.

13. Mencegah Kelahiran Prematur

Salah satu penyebab bayi lahir secara prematur adalah karena kurangnya zat besi, pada saat mengandung jumlah zat besi pada tumbuh menurun, karena sebagian zat besi akan disalurkan kepada janin, maka dari itu Sahabat Sehat bisa mendapatkan zat besi tambahan dari kacang hijau.

14. Mencegah Depresi

Perubahan mood memang menjadi salah satu hal yang dirasakan oleh ibu hamil, karena bawaan hormon yang membuat mood berubah-ubah. Kacang hijau mengandung asam folat, yang dapat mencegah kelebihan homosistein, sehingga tidak mengganggu suasana hati atau depresi.

15. Mencegah Infeksi

Salah satu zat yang mampu mengobat infeksi dengan cepat adalah Tiamin dan Niacin, kedua zat ini bisa Sahabat Sehat temukan pada kacang hijau, untuk mencegah timbulnya infeksi.

16. Penyembuhan Luka Cepat Teratasi

Saat selesai melahirkanpun, Sahabat Sehat bisa mendapatkan manfaat dari kacang hijau, karena mampu mempercepat penyembuhan luka pada area jalan lahir.

17. Asupan Nutrisi dan Gizi Terpenuhi

Nutrisi dan gizi merupakan kedua hal yang tidak dapat terpisahkan, ibu hamil membutuhkan kedua zat tersebut untuk menjaga kesehatan tubuh. Tentu saat sedang mengandung, kita lebih ekstra dalam menjaga kesehatan, karena terdapat janin yang harus dijaga tumbuh kembangnya.

18. Sumber Vitamin Tinggi

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil lainnya adalah sumber vitamin tinggi, mengolah kacang hijau terbilang simple, sehingga mudah dikonsumsi kapan saja. Jika Sahabat Sehat bosan dengan sayuran atau buah, maka menu olahan kacang hijau bisa menjadi solusi.

19. Menurunkan Risiko Celiac

Celiac adalah kondisi autoimun, dimana tubuh sulit menyerap vitamin dan mineral yang tubuh butuhkan. Hubungan serat dengan asupan gizi dan nutrisi, nyatanya sangat berpengaruh pada tingkat risiko celiac yang dialami oleh ibu hamil dan anak-anak.

20. Menjadi Snack Menyehatkan

Daripada mengonsumsi snack yang tidak bermanfaat, akan lebih baik jika Sahabat Sehat memilih kacang hijau sebagai snack sehat, dan bebas diolah menjadi menu apa saja.

Mendapatkan kacang hijau berkualitas bagi ibu hamil, bisa Sahabat Sehat dapatkan di Sesa.id, tinggal instal di Apps di Playstore dan Appstore. Setelah mengetahui manfaat kacang hijau untuk ibu hamil, tentu Sahabat Sehat bisa membedakan mana makanan yang baik dikonsumsi saat hamil dan mana yang tidak.

  1. https://www.brilio.net/kesehatan/10-manfaat-kacang-hijau-untuk-ibu-hamil-mengurangi-mual-dan-muntah-210603w.html
  2. https://www.merdeka.com/jabar/10-manfaat-kacang-hijau-untuk-ibu-hamil-mencegah-infeksi-hingga-anemia-kln.html
  3. https://motherandbeyond.id/read/11918/tak-hanya-enak-ini-10-manfaat-kacang-hijau-untuk-ibu-hamil