Home » Blog » 17 Ide Resep Makanan Bayi 6 Bulan Yang Bergizi Baik Untuk Pertumbuhan

17 Ide Resep Makanan Bayi 6 Bulan Yang Bergizi Baik Untuk Pertumbuhan

Resep Makanan Bayi 6 Bulan Yang Bergizi

Makanan terbaik untuk bayi baru lahir sampai usia enam bulan adalah Air Susu Ibu (ASI). ASI mengandung zat gizi yang lengkap untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Setelah anak berusia 6 bulan, sebaiknya berikan makanan bayi 6 bulan yang bergizi.

Pada usia ini anak akan mulai dikenalkan dengan makanan padat yaitu MPASI (Makanan Pendamping ASI) karena ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan anak. Usia 6 bulan keatas, anak akan mulai mengenal tekstur makanan, mengenal rasa, serta warna dan bau.

Saat mengenal tekstur tersebut, terjadi perkembangan proses belajar mengunyah, sehingga bahan makanan seperti nasi, lauk, sayur dan buah mulai diberikan dalam bentuk bubur saring.

Resep Makanan Bayi 6 Bulan Yang Bergizi

Berikut adalah ide resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi dan baik untuk pertumbuhan tubuh dan tumbuh kembang otaknya.

1. Bubur Daging Ayam dengan Brokoli

Daging ayam merupakan sumber protein yang baik terutama untuk anak usia 6 bulan. Brokoli merupakan sayur sumber vitamin C, vitamin K, vitamin A, mangan, kalium, dan vitamin B.

Kombinasi antara sumber karbohidrat berupa beras, ayam yang mengandung protein dan brokoli yang kaya vitamin dan mineral dapat memenuhi kebutuhan anak usia 6 bulan. Jangan lupa tekstur bubur disesuaikan ya Sahabat Sehat, yaitu bubur saring.

ayam organik lebih bergizi

Ayam Kampung Natural

DAPATKAN DAGING AYAM KAMPUNG DI SESA.ID

2. Bubur Hati Ayam dengan Santan

Hati ayam merupakan daging organ yang mengandung banyak zat gizi diantaranya protein, vitamin A, vitamin C, vitamin B12, vitamin E, zat besi. Beras, hati ayam, dan santan menjadi salah satu kombinasi bubur yang padat gizi yang tentunya lezat dan gurih yang didapatkan dari santan. Santan juga merupakan lemak yang baik untuk bayi, karena bayi membutuhkan lemak untuk perkembangan otak.

3. Pure Alpukat

Pure/bubur alpukat dapat diberikan pada waktu selingan, yaitu diantara makan pagi ke makan siang atau antara makan siang ke makan sore/malam. Alpukat merupakan salah satu buah yang padat gizi karena mengandung lemak baik dan kaya akan vitamin dan mineral.

Kandungan gizi alpukat mentega super

Alpukat Mentega Super

4. Bubur Labu Resep Makanan Bayi 6 Bulan Yang Bergizi

Variasi sumber karbohidrat bermanfaat untuk mengenalkan kepada bayi beraneka ragam sumber pangan. Labu kuning dapat dikombinasikan dengan ikan, kacang merah dan wortel. Labu kuning mengandung vitamin A, zat besi, serta kalium.

Ikan adalah sumber protein hewani, kacang merah adalah sumber protein nabati, dan wortel adalah sayuran yang tinggi kandungan vitamin A.

BACA JUGA: MAKANAN BERGIZI UNTUK IBU HAMIL

5. Bubur Pisang

Buah pisang mengandung serat, kalium, dan karbohidrat. Buah pisang dapat dijadikan sebagai kudapan untuk bayi. Kandungan gizinya sangat baik dijadikan sebagai menu MPASI bayi.

Resep Makanan bayi 6 bulan yang bergizi

Pisang Mas

 

6. Yogurt

Yogurt dapat mulai diberikan kepada bayi mulai usia 6 bulan tentunya dengan memperhatikan reaksi setelahnya. Beberapa bayi yang intoleransi laktosa mungkin belum bisa mengonsumsi yogurt. Pilihlah yogurt dengan kadar gula yang rendah dan Greek yogurt karena lebih tinggi kandungan protein dan lemak baiknya.

Yogurt

Yogurt

7. Bubur Salmon

Beras, ikan salmon, ditambah dengan sayur menjadikan bubur ini menjadi lengkap kandungan zat gizinya. Ikan salmon yang tinggi protein dan asam lemak omega 3 bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. Tidak lupa untuk membuat bubur ini bertekstur lumat supaya bayi mudah mengunyah dan menelannya.

Bubur Salmon Resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi

Salmon Trout Premium

8. Bubur Telur

Telur merupakan sumber protein yang lengkap, mudah, dan murah. Dicampur dengan kentang, daun kelor, dan kacang hijau kemudian dibuat bubur saring dapat dijadikan menu MPASI yang bergizi tinggi.

Telur Selenium

Telur Ayam Kampung Selenium

9. Bubur Pepaya

Buah papaya mengandung vitamin A dan asam folat yang membantu mengoptimalkan perkembangan otak bayi, buah papaya dapat diberikan pada saat jam kudapan.

10. Bubur Buah Naga

Buah naga merupakan buah yang kaya akan antioksidan. Mengonsumsi buah naga selain baik untuk pencernaan bayi baik juga untuk imunitas dan kesehatan mata karena mengandung vitamin A.

Buah Naga

Buah Naga

11. Bubur Ubi Jalar

Ubi jalar mempunyai kandungan karbohidrat dan sumber vitamin yang baik untuk bayi. Ubi jalar dapat dikukus/direbus kemudian dihaluskan dan disaring. Sahabat Sehat dapat menambahkan sedikit air untuk membuat teksturnya menjadi mudah dikunyah dan ditelan oleh bayi.

12. Bubur Jagung Manis, Tahu, dan Telur

Jagung merupakan sumber karbohidrat sekaligus serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Telur adalah sumber protein hewani dan tahu adalah sumber protein nabati. Bubur ini jika ditambah dengan sayur berupa sawi hijau menjadi lengkap kandungan gizinya.

Jagung manis

Jagung Manis Pipil 

13. Sup Krim Kentang

Jika si kecil bosan dengan bubur, maka ibu dapat memberikan selingan berupa sup krim kentang. Sup krim yang berbahan kentang, jagung manis, daging ayam cincang, brokoli, susu uht dan tepung terigu serta keju ini dapat memenuhi kebutuhan bayi. Jangan lupa tetap kita sesuaikan teksturnya ya Sahabat Sehat.

14. Bubur Hati Ayam, Brokoli dan Edamame

Hati ayam merupakan makanan padat gizi sebagai sumber protein, zat besi, dan vitamin A yang baik untuk dikonsumsi oleh bayi. Brokoli adalah jenis sayuran yang kaya akan vitamin C dan serat. Edamame adalah jenis kacang-kacangan sebagai sumber protein nabati. Ketiga bahan ini jika dicampurkan kedalam bubur nasi akan menjadikan bubur nasi menjadi tinggi zat gizi.

15. Sup Kentang Daging dengan Kacang Merah

Menu ini dapat dijadikan alternative menu MPASI supaya si kecil tidak bosa. Karbohidrat yang didapatkan dari kentang, protein yang didapatkan dari daging dan kacang merah serta sayuran yang didapatkan dari wortel, menjadikan menu ini padat akan gizi. Jika ayah bunda mengonsumsi sup ini seketika setelah matang, maka untuk adik perlu kita haluskan dulu ya Shabat Sehat.

16. Sup Labu Kuning

Labu berwarna kuning karena kaya akan senyawa betakaroten. Suatu senyawa pembentuk vitamin A. selain itu labu kuning mengandung vitamin C, vitamin E, dan mineral. Sup labu dapat dibuat dengan jara memasak labu dengan air dan kayu manis. Setelah matang dan mengental, sup labu dapat diberikan kepada bayi sebagai makanan selingan.

Labu

Labu Organik

17. Nasi Tim dengan Ikan Lele

Ikan lele adalah ikan air tawar yang mempunyai daging yang lembut dan gurih. Ikan lele merupakan sumber protein yang lezat dan mudah didapatkan. Dikombinasikan dengan beras kemudian dimasak menjadi nasi tim dan dihaluskan sesuai tekstur kemampuan bayi, dapat menjadi pilihan menu MPASI yang mudah dan murah namun syarat akan gizi.

Pemberian makanan kepada bayi usia diatas 6 bulan perlu bertahap dari segi porsi, tekstur dan jenis bahan makanan. Kenalkan anak dengan berbagai bahan pangan sehingga akan semakin memperkaya rasa anak.

Makanan yang bergizi mengandung karbohidat, protein,lemak, vitamin dan mineral dapat diberikan mulai usia 6 bulan. Jika anak tidak ada riwayat alergi, sumber protein dapat mulai dikenalkan ketika anak sudah mulai MPASI yaitu usia 6 bulan tanpa ada pembatasan.

Protein dan lemak penting untuk menaikkan berat badan dan perkembangan otak. Oleh karena itu, menu MPASI yang lengkap dianjurkan diberikan ketika anak mulai makan yaitu usia 6 bulan.

https://www.webmd.com/diet/health-benefits-chicken-liver#1

https://www.verywellfit.com/broccoli-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4118226

https://www.orami.co.id/magazine/makanan-bayi-7-bulan/

https://www.orami.co.id/magazine/makanan-bayi-7-bulan/