Home » Blog » 4 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kulit Gatal yang Wajib Kita Tahu

4 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kulit Gatal yang Wajib Kita Tahu

manfaat minyak kelapa untuk kulit gatal

Manfaat minyak kelapa untuk kulit gatal – Minyak kelapa punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya manfaat minyak kelapa untuk kulit gatal. Minyak kelapa mengandung anti-jamur dan anti-inflamasi yang bermanfaat untuk perawatan kulit.

Kulit yang iritasi bisa menyebabkan rasa gatal karena infeksi bakteri, jamur atau peradangan kulit. Tahukah Sahabat sehat, rasa gatal pada kulit dapat diatasi dengan minyak kelapa?

Apa saja manfaat minyak kelapa untuk kulit gatal? Simak penjelasannya berikut ini, yuk!

1. Membasmi Infeksi Jamur Ringan

Minyak kelapa punya anti-jamur alami yang cukup kuat untuk mengatasi infeksi jamur ringan. Jamur kulit menyebabkan gatal luar biasa yang membuat kita tidak nyaman.

Zat asam laurat dan lipid anti-mikroba yang terdapat pada asam lemak alami minyak kelapa berfungsi menghambat pertumbuhan jamur. Ketika pertumbuhan jamur bisa diminimalisir, maka jamur akan lebih cepat sembuh dan rasa gatal karena infeksi jamur berkurang.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk atasi jamur ringan pada kulit sangat mudah. Oleskan minyak kelapa tipis-tipis pada kulit yang terkena jamur, lakukan rutin 3-6 kali sehari, terutama ketika jamur terasa gatal. Meski rasa gatal sudah hilang, supaya mendapat hasil maksimal rutin oleskan minyak kelapa selama satu minggu untuk mencegah jamur kambuh.

2. Menenangkan Gatal karena Iritasi Kulit Kering

Iritasi kulit kering bisa disebabkan karena tersengat matahari, gigitan serangga atau kulit kering dalam masa penyembuhan luka. Selain itu, kulit bisa terasa gatal dan mengalami iritasi karena gesekan kain atau pakaian yang terlalu ketat, terutama di bagian lipatan kulit. Penyebab kulit gatal karena kulit kering dapat diatasi dengan sifat minyak kelapa yang melembabkan kulit. Ketika kulit terasa lembab, perlahan rasa gatal dan iritasi ringan bisa sembuh.

Dapatkan manfaat minyak kelapa untuk kulit gatal karena iritasi kulit kering dengan cara, rutin mengoleskan minyak kelapa ke bagian kulit yang perlu perawatan. Minyak kelapa juga aman digunakan pada bagian kulit sensitif dan kulit bayi.

3. Atasi Rasa Gatal Tanpa Efek Samping

Minyak kelapa diolah secara alami dan tanpa tambahan zat kimia berbahaya. Banyak obat pereda gatal beredar, tapi dampak pada kulit akan berbeda. Obat kimia punya efek samping yang bisa saja tidak cocok di setiap orang. Jika Sahabat sehat punya kulit sensitif yang sedang iritasi dan menyebabkan rasa gatal lebih aman gunakan minyak kelapa. Minyak kelapa aman untuk jenis kulit sensitif sekali pun tanpa efek samping berbahaya.

4. Mencegah Peradangan dan Membantu Regerenasi Kulit

Kulit gatal biasanya lebih rentan digaruk. Semakin sering digaruk akan semakin mudah membuat kulit mengalami peradangan. Manfaat minyak kelapa untuk kulit gatal bisa mencegah peradangan.

Zat anti-inflamasi pada minyak kelapa akan mencegah peradangan pada kulit yang iritasi. Kulit yang gatal dan digaruk biasanya meninggalkan bekas karena regenerasi sel kulit tidak sempurna. Minyak kelapa bisa membantu asupan kolagen lebih maksimal dalam melakukan regenerasi sel-sel kulit baru yang lebih sehat.

Oleskan minyak kelapa pada kapas, gosok perlahan pada bagian kulit kering untuk membantu lepasnya sel kulit mati. Selain itu, kulit yang dipakaikan minyak kelapa akan terasa lebih lembab dan halus.

Minyak kelapa menjadi pilihan ekonomis untuk atasi rasa gatal pada kulit. Paket lengkap yang tidak hanya bisa mengatasi rasa gatal, tapi minyak kelapa juga mampu menyembuhkan iritasi kulit sekaligus menyehatkan kulit.

Sahabat sehat bisa mendapatkan manfaat minyak kelapa untuk kulit gatal dengan membeli minyak kelapa kualitas terbaik. Selain minyak kelapa bisa digunakan untuk keperluan memasak di dapur, minyak kelapa juga banyak manfaatnya untuk tubuh.

Referensi: Kontan Kesehatan, Halodoc, Viva

Photo by Mikhail Nilov from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.