Home » Blog » Harus Tahu, Inilah 5 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Luka

Harus Tahu, Inilah 5 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Luka

manfaat minyak kelapa untuk luka

Manfaat minyak kelapa untuk luka. Luka merupakan sesuatu yang harus diperhatikan dengan serius. Sebab, ketika terluka berarti ada bagian tubuh terbuka dan perlu segera ditutup. Biasanya orang-orang menggunakan obat merah untuk menghentikan pendarahan. Lalu, setelah itu diperban sampai luka mengering. Tapi, sebenarnya ada bahan alami yang bisa digunakan. Simak manfaat minyak kelapa untuk luka dalam artikel ini.

Sebelumnya, perlu diketahui kalau minyak kelapa yang baik adalah minyak dengan sedikit pengolahan. Artinya, minyak tersebut tidak melalui proses yang panjang sampai dapat digunakan. Minyak ini dianggap masih alami dan mengandung bahan-bahan bermanfaat, khususnya untuk merawat luka.

Namun, bagi mereka yang memiliki kulit sensitif harus memperhatikan efek samping yang akan timbul. Reaksi kulit setiap orang akan berbeda. Hanya saja karena bahan yang digunakan ini alami, jadi dampaknya tidak bahaya seperti bahan kimia.

Berikut adalah manfaat minyak kelapa untuk luka yang perlu diketahui:

Manfaat minyak kelapa sebagai Anti Bakteri

Luka yang baru saja terjadi tidak dapat langsung dibalut. Luka harus dibersihkan terlebih dahulu dengan air, lalu dipastikan kembali terbebas dari bakteri-bakteri. Seseorang bisa menggunakan minyak kelapa untuk mencegah bakteri pada luka.

Minyak kelapa dapat digunakan untuk membersihkan luka sebelum penindakan lebih lanjut. Kalau tidak mau diberi obat merah, luka bisa langsung diperban setelah diolesi minyak kelapa. Dalam minyak kelapa, ada kandungan anti mikroba yang bisa mencegah infeksi jamur.

Meredakan Rasa Sakit

Adanya luka yang timbul sudah pasti memunculkan rasa sakit. Rasa ini memang tidak bisa dihindari, tapi dapat dikurangi dengan menggunakan minyak kelapa. Rasa sakit atau tidak nyaman diminimalisir lewat kandungan anti-oksidatif. Di saat yang bersamaan, senyawa ini pun akan memulihkan kondisi kulit.

Pada kasus luka bakar, manfaat minyak kelapa untuk luka tersebut bisa mengembalikan kondisi kulit yang telah rusak. Sebelumnya kulit akan memerah atau lapisan atas mengelupas. Jangan khawatir, kalau rajin mengolesi minyak kelapa, kulit akan mulus seperti awal.

Mempercepat Pembentukan Pembuluh Darah

Pendarahan berlarut-larut adalah sesuatu yang harus dihindari. Tidak baik membiarkan luka terlalu lama terbuka apalagi darah mengalir. Minyak kelapa mampu mempercepat pembentukan pembuluh darah sehingga sel-sel yang rusak langsung diperbaiki.

Selain itu, minyak kelapa aman digunakan sebagai pengobatan untuk anak-anak. Jadi, sebelum diperban, alangkah baiknya kalau luka diberi minyak kelapa dulu sambil menunggu proses penyembuhan berlangsung.

Sebagai Anti Radang

Manfaat minyak kelapa untuk luka lainnya juga sebagai anti radang. Tak jarang peradangan terjadi di sekitar area luka. Oleh sebab itu, oleskan minyak kelapa di seputar luka juga. Sifat minyak kelapa di sini sebagai calming agar rasa sakit tidak menjalar ke mana-mana.

Termasuk untuk mencegah infeksi jamur. Minyak kelapa yang bersifat sebagai analgesik dan anti inflamasi sangat efektif untuk mengobati luka, khsusunya pada luka bakar.

Merangsang Kolagen

Kolagen tidak hanya berfungsi pada kecantikan. Sebenarnya, kolagen merupakan serat protein yang berguna memberikan elastisitas pada kulit. Dengan memakai minyak kelapa, produksi kolagen bisa lebih cepat. Otomatis luka pun akan cepat sembuh juga.

Saat kulit terluka, dibutuhkan produksi kolagen yang cukup banyak agar luka segera menutup dan menyusut. Proses ini mungkin akan memakan waktu lebih lama kalau tidak menggunakan minyak kelapa. Maka, selalu sedia minyak kelapa sebagai pertolongan pertama selain untuk memasak saja.

Manfaat minyak kelapa untuk luka di atas bisa dirasakan apabila cara pemakaiannya tepat. Tak hanya itu, pemilihan minyak kelapa pun berpengaruh. Gunakan minyak kelapa yang berkualitas supaya hasilnya maksimal dan aman. Konsultasikan kondisi luka lebih lanjut apabila tidak ada perubahan atau bertambah buruk.

 

Referensi: SehatqHalodoc, JPNN

Photo by Karolina Grabowska from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.