Home » Blog » 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan Kulit dan Rambut Alami

5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan Kulit dan Rambut Alami

manfaat minyak kelapa untuk kecantikan

Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan – Indonesia terkenal dengan olahan-olahan alami untuk menjaga kesehatan dan kecantikan sejak zaman nenek moyang. Salah satu warisan yang sangat bermanfaat hingga sekarang adalah minyak kelapa dengan segudang kegunaan terutama dalam bidang kecantikan. Dari rambut hingga kulit bisa mendapatkan manfaat minyak kelapa. 

Yuk Sahabat Sehat, simak lebih dalam manfaat minyak kelapa untuk kecantikan yang perlu kita tahu!

1. Menjaga Kecantikan Rambut

Hampir semua masalah rambut bisa diatasi dengan minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung asam laurat yang dalam melembapkan dan menyehatkan rambut hingga terhindar dari rambut rusak, kering dan rontok. Minyak kelapa juga punya anti-jamur dan anti-mikroba yang dapat mengatasi ketombe hingga mengatasi kutu rambut tanpa bahan kimia berbahaya. 

Cara menggunakannya cukup oleskan atau semprot minyak kelapa pada helai rambut untuk mendapat efek melembapkan dan lembut. Sedangkan untuk atasi ketombe dan kutu rambut bisa oleskan minyak kelapa pada kulit kepala, pijat lembut, diamkan semalaman, lalu bilas bersih. 

2. Membersihkan Riasan Wajah

Sudah banyak jenis pembersih riasan wajah beredar di pasaran, tapi orang dengan kulit sensitif biasanya tidak bisa menggunakan pembersih wajah berbahan campuran kimia karena rentan iritasi. Sebagai salah satu solusi, kita bisa menggunakan minyak kelapa yang pasti alami dan minim risiko iritasi. 

Caranya dengan teteskan minyak kelapa ke kapas dan usapkan lembut pada wajah untuk mengangkat sisa riasan wajah. Untuk jenis riasan wajah tahan air, kompres sebentar dengan kapas yang telah dioleskan minyak kelapa kurang lebih 10 detik, lalu bersihkan sempurna dengan kapas kering. 

3. Penenang Sekaligus Pelembab Kulit

Kulit yang lelah akibat paparan sinar matahari dan polusi dapat diatasi dengan minyak kelapa.  Minyak kelapa yang mudah diserap kulit menjadi penenang sekaligus pelembab kulit. Kulit yang lembab tentu akan terasa lebih nyaman dan lebih sehat. 

Gunakan pada bagian tubuh yang cenderung mudah kering seperti bagian siku, tumit, hingga bibir pecah-pecah.  Oleskan secukupnya pada bagian kulit untuk mendapat manfaat melembabkan. Bisa juga digunakan untuk menenangkan kulit, oleskan minyak kelapa pada seluruh tubuh sambil dipijat lembut, bilas sambil mandi untuk mencegah penyumbatan pori-pori.

4. Mencegah Penuaan Dini

Mencegah penuaan dini baiknya dilakukan ketika usia masih di bawah 30 tahun, bahkan bisa dilakukan sedini mungkin sejak usia 25 tahun. Paparan sinar matahari, kulit yang lelah, kulit kering, malas membersihkan wajah, menyebabkan keremajaan kulit lebih cepat rusak.

Produk alami yang bermanfaat untuk menjaga keremajaan kulit atau mencegah penuaan dini adalah minyak kelapa. Melembabkan kulit sebelum tidur dengan bantuan minyak kelapa bisa lebih mudah mengangkat sel-sel kulit mati tanpa merusak kulit. 

5. Membantu Atasi Jerawat

Mengatasi jerawat merupakan salah satu manfaat minyak kelapa untuk kecantikan wajah. Masalah jerawat yang membandel bisa coba gunakan minyak kelapa, karena minyak kelapa mengandung anti-bakteri dan anti-inflamasi.

Minyak alaminya membantu menenangkan kulit dan menjaga kelembaban kulit sehingga efek kemerahan dan meradang akibat jerawat bisa dicegah. 

Selain jerawat, minyak kelapa juga mampu mengatasi infeksi kulit lain, seperti luka bakar, kurap, dan bekas gigitan serangga. Oleskan tipis-tipis minyak kelapa pada bagian wajah berjerawat atau kulit yang sedang iritasi, lakukan secara rutin 2-3 kali sehari.

Minyak kelapa mampu menutrisi kulit secara alami tanpa efek samping. Efek melembabkan yang menjadi kunci minyak kelapa sangat bermanfaat dalam bidang kecantikan dan kesehatan kulit dan rambut. Pilihan minyak kelapa kualitas terbaik bisa didapatkan di website SESA. Pastikan stok minyak kelapa di rumah selalu ada ya Sahabat Sehat, karena begitu banyak manfaat baiknya.

Referensi: AlodokterKompas LifestyleKlikdokter 
Photo by Jill Burrow from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.