Home » Blog » 4 Alasan Sarapan Telur Rebus Bisa Bantu Diet Turunkan Berat Badan

4 Alasan Sarapan Telur Rebus Bisa Bantu Diet Turunkan Berat Badan

manfaat sarapan telur rebus untuk diet

Selain kaya akan protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral, telur juga memiliki kandungan-kandungan lain yang membuat sumber protein hewani ini efektif bantu diet turunkan berat badan. Karena itu, Sahabat Sehat juga bisa merasakan manfaat sarapan telur rebus untuk diet agar berat badan bisa turun ke angka yang ideal.

Kalau begitu, apa saja ya alasan mengapa telur bagus untuk diet, serta sangat cocok dikonsumsi sebagai menu sarapan? Sahabat Sehat bisa simak 4 alasannya dalam daftar berikut ini. Selamat membaca dan semoga informasinya bisa bermanfaat untuk Sahabat Sehat, ya!

Rendah Kalori

Ketika berdiet untuk menurunkan berat badan, salah satu cara terampuh adalah dengan mengurangi asupan kalori harian. Dalam sebutir telur sendiri, kira-kira hanya ada 78 kalori. Meskipun kalorinya rendah, telur sangat kaya nutrisi, terutama bagian kuningnya.

Sahabat Sehat bisa sarapan telur dengan menggunakan 2-4 butir setiap pagi. Kalau Sahabat Sehat ingin membuat telur rebus, total kalori yang dikonsumsi sangat kecil – sarapan 3 butir telur berukuran besar saja tidak sampai 240 kalori, lho!

Dengan tambahan sayuran segar, Sahabat Sehat bahkan bisa menikmati menu sarapan yang mengenyangkan dengan total sekitar 300 kalori saja. Apalagi kalau Sahabat Sehat memilih telur berkualitas tinggi yang kaya omega 3 seperti di Sesa.id.

Bisa Berikan Rasa Kenyang

Kandungan protein yang tinggi di dalam telur tak hanya membuat sumber makanan ini kaya nutrisi, tapi juga mengenyangkan. Penelitian telah membuktikan bahwa telur protein tinggi dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang.

Di dalam berbagai studi terpisah, telur juga menunjukkan efek untuk meningkatkan rasa kenyang, sehingga orang yang mengonsumsinya akan mengurangi porsi makan pada jam makan berikutnya. Dengan begitu, salah satu manfaat sarapan telur rebus untuk diet adalah membantu Sahabat Sehat agar tidak makan berlebihan saat jam makan siang nanti.

Karena hal inilah telur menempati peringkat tinggi dalam skala Indeks Kepuasan (Satiety Index). Skala ini menilai seberapa baik sebuah makanan dalam membantu memberikan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori pada jam makan selanjutnya.

Bantu Tingkatkan Metabolisme

Di dalam telur, Sahabat Sehat bisa temukan segala jenis asam amino yang penting dalam rasio yang tepat. Dengan begitu, pada dasarnya Sahabat Sehat bisa menjaga metabolisme tubuh hanya dengan mengandalkan protein di dalam telur.

Diet tinggi kalori dengan telur terbukti mampu meningkatkan metabolisme sampai dengan 80-100 kalori per hari. Proses metabolisme ini dilakukan lewat efek termik makanan, yaitu energi yang dibutuhkan tubuh untuk proses metabolisme makanan. Dan jumlah energi yang dibutuhkan dalam metabolisme protein lebih tinggi daripada metabolisme karbohidrat atau lemak.

Dengan demikian, bisa Sahabat Sehat simpulkan kalau makanan tinggi protein seperti telur juga bisa bantu tubuh membakar lebih banyak kalori, kan?

Makanan Sempurna untuk Sarapan

Ternyata, konsumsi telur untuk membantu diet jauh lebih efektif pada saat sarapan dibandingkan pada jam-jam makan lainnya, lho! Beberapa studi sendiri juga sudah menunjukkan bahwa manfaat sarapan telur rebus untuk diet dibuktikan dengan penurunan berat badan 65 persen lebih banyak dalam kurun waktu 8 minggu.

Manfaat sarapan telur untuk turunkan berat badan ini dapat dirasakan baik oleh pria maupun wanita. Di samping itu, studi yang lain juga menunjukkan bahwa sarapan telur bisa menstabilkan kadar gula darah dan insulin, sambil menahan hormon penyebab rasa lapar, yaitu ghrelin.

Selain enak dan praktis, ternyata telur punya banyak manfaat lain yang penting untuk kesehatan dan menurunkan berat badan ya, Sahabat Sehat? Jadi, yuk mulai biasakan sarapan telur setiap pagi untuk hidup lebih sehat sampa tua!

Referensi : Health Line 

Photo by Nataliya Vaitkevich from Pexels