Home » Blog » 20 Olahan Telur Agar Tidak Bosan, Bergizi dan Enak

20 Olahan Telur Agar Tidak Bosan, Bergizi dan Enak

Olahan Telur Agar Tidak Bosan

Menu olahan telur agar tidak bosan setiap harinya perlu diubah-ubah. Oleh sebab itu, Anda perlu memperkaya keterampilan menggunakan cara pengolahan baru dan kekinian juga dipadukan berbagai bahan baru, bisa sayuran atau saos lainnya.

Bahan makanan satu ini memang mengandung berbagai mineral penting bagi tubuh, contohnya protein dan lemak. Selain itu, juga punya rasa enak, mudah ditemukan, serta dapat diolah dengan cara beragam.

Direbus, goreng, dadar, atau dijadikan campuran ke makanan lainnya, misalnya berbagai kue. Dapat dibuat menggunakan berbagai metode, rebus, goreng, kukus, juga ditambahkan bumbu. Jika punya stok di rumah, bebas pilih mengolahnya bagaimana.

DAPATKAN TELUR AYAM KAMPUNG SELENIUM DI SESA.ID

Coba Praktikkan Olahan Telur Agar Tidak Bosan

Meski mudah dimasak dan punya rasa enak di lidah, tapi konsumsinya tidak boleh berlebihan. Dalam satu hari sebaiknya tidak mengkonsumsi lebih dari 3 butir. Agar memakannya tidak membosankan, Anda bisa mengolahnya dengan cara berikut:

  1. Tamagoyaki dan Gyeran Mari

Para penggemar dorama Jepang atau drama Korea, pasti tidak asing dengan kedua jenis makanan ini. Olahan telur agar tidak bosan perlu effort lebih karena cukup sulit.

Tamagoyaki

  1. Gyeran Jjim

Satu lagi olahan makanan asal korea yang disukai anak-anak, yakni gyeran jjim. Anda harus menggunakan mangkuk tahan panas serta kukusan untuk memasaknya. Daun bawang, kaldu ayam, serta berbagai bumbu digunakan untuk sajian ini.

BACA JUGA: 4 Manfaat Kombinasi Telur Kampung dan Madu. Lihat Juga Resep Membuatnya

  1. Fuyunghai

Dicampurkan dengan berbagai bahan kemudian didadar krispi, lalu disiram saos yang terbuat dari campuran saus tomat, cuka, gula, margarin, dan berbagai bahan lainnya.

Masakan asal negeri Tiongkok ini rasanya sangat lezat dan biasanya jadi menu pilihan di restoran Cina.

telur-ayam-kampung-selenium

Telur Ayam Kampung Selenium

  1. Cloud Egg

Bagian putih yang mengelilingi kuning telur merupakan ciri khas olahan ini. Bagian kuning dipisah, kemudian bagian putih dikocok menggunakan mixer bercampur dengan lada juga sedikit garam sehingga rasanya lebih lembut.

Selanjutnya masak di wajan, baru letakkan bagian kuning di tengahnya. Kemudian masak tanpa perlu di balik, paling pas jika bagian kuning setengah matang.

  1. Orak-arik Pare

Olahan telur agar tidak bosan bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan, salah satunya pare. Sayuran pahit satu ini lumayan disukai di Indonesia, tapi sebagian orang memang tidak menyukai rasa pahitnya.

  1. Sup Telur

Resep kekinian yang layak dicoba berikutnya adalah sup. Bahannya simpel, yaitu bawang putih dan merah, tomat, juga kaldu, serta garam.

Cara memasaknya dengan menumis bawang dan tomat sampai harum lalu masukkan air. Kemudian kocok telur, masukkan ke dalam kuah yang mendidih, lalu bumbui.

  1. Telur Bacem

Anda membutuhkan bahan-bahan berupa air kelapa dan air biasa. Rebus lalu buang kulit telur. Lalu didihkan air, tambah bumbu halus (bawang merah putih, ketumbar) serta air kelapa.

Lanjut masukkan bahan lain yaitu daun salam gula pasir, air asam. lengkuas geprek, gula merah, serta kecap asin setelah mendidih, kemudian masukkan telur, angkat setelah mendidih dan rendam selama 12 jam.

telur-ayam-kampung

Telur Ayam Kampung

  1. Gorengan Isi Telur

Buatlah lapisan luar gorengan menggunakan campuran tepung terigu dan maizena, beri bumbu sesuai selera. Bisa juga pakai tepung kemasan untuk kentaki. Potong telur rebus sesuai selera, masukkan ke dalam adonan tepung, kemudian goreng.

  1. Chawan Musi

Berikutnya bisa mencoba membuat steamed egg ala Jepang dengan tambahan bahan yakni kaldu ayam dan kecap asin. Masakan ini mudah dibuat dan hasilnya lembut di lidah.

  1. Balado

Olahan telur agar tidak bosan berikutnya adalah dimasak balado. Cabai merah besar, cabai keriting, serta ditambah bubuk cabe, membuat panganan ini sangat nikmat.

  1. Masak Saos dengan Tempe Tahu

Bosan makan telur direbus polosan, Anda dapat mencoba memasaknya dengan menambahkan saos tomat, saos sambal, kecap manis, kecap asin, saos tiram, gula, garam, merica, dan tambahkan juga tahu serta tempe yang sudah digoreng.

Telur Ayam Kampung Free Range Omega 3

Telur Ayam Kampung Free Range Omega 3

  1. Diberi Tepung dan Geprek

Anda tinggal mendadar telur, kemudian lapisi dengan adonan tepung lalu goreng lagi. Goreng bawang putih dan cabai, lalu ulek, sajikan bersama dadar yang sudah dibuat.

  1. Seblak Mie

Masakan satu ini jika ditambahkan dengan telur kocok ke dalamnya rasanya makin nikmat, apalagi makannya saat hujan. Jangan lupa kerupuk basah dengan tambahan baso atau toping lain.

  1. Campur Sayuran dan Mie/Piza Mie

Dikombinasikan dengan mie instan sudah pasti enak, apalagi jika dibuat piza. Simpel dan bikin kenyang, cocok dijadikan menu sarapan atau ngemil sore hari.

  1. Campurkan dengan Tahu

Tahu putih bisa menjadi campuran paling pas bersama telur, apalagi jika ditambah potongan daun bawang. Anda bisa mengolahnya dengan cara didadar, kukus, atau menggunakan tuangan kue lumpur.

  1. Bakso Telur

Olahan telur agar tidak bosan berikutnya adalah dengan menutupi seluruh bagian telur rebus menggunakan adonan bakso. Paling pas disantap dengan mie kuning, kuah kaldu, dan saos sambal.

  1. Ceplok Kecap

Suka makan telur ceplok, Anda bisa mengolahnya menjadi berbeda dengan menambahkan kecap, bawang, cabe, dan tambahan bumbu lain.

  1. Nasi Telur Rice Cooker

Masak nasi dengan campuran telur kocok dan berbagai sayuran serta bumbu di rice cooker, bukan hanya mudah, tapi juga menjanjikan rasa yang enak dan bisa disantap kapan saja.

  1. Orak-arik Teri

Bagi penyuka teri, bisa membuat panganan dari telur yang ditambah teri. Olahan ini simpel dan dapat dibuat dalam waktu singkat. Tinggal buat orak-arik lalu masuk teri.

  1. Omurice

Bagi yang suka nasi omelet bisa coba bikin sendiri di rumah. Buat dulu nasi goreng, kemudian dadar telur yang tipis nan lembut. Cara penyajiannya dengan membungkus nasi dalam hasil dadaran, lalu menghiasnya menggunakan saus tomat.

Untuk beberapa resep Anda perlu effort lebih juga banyak bahan, tapi banyak juga yang simpel sehingga tidak repot membuatnya. Coba olahan telur agar tidak bosan bisa jadi kegiatan mengisi waktu menyenangkan.

  1. https://superapp.id/blog/resep/olahan-telur-agar-tidak-bosan/
  2. https://www.merdeka.com/gaya/15-resep-olahan-telur-biar-menumu-tak-cuma-ceplok-dan-dadar-kln.html