Home » Blog » Bisa Mencegah Stroke dan Membantu Diet, Berikut 6 Manfaat Telur Ayam Kampung

Bisa Mencegah Stroke dan Membantu Diet, Berikut 6 Manfaat Telur Ayam Kampung

manfaat telur ayam kampung

manfaat telur ayam kampung – Meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan mendorong mereka mencari sumber makanan yang lebih berkhasiat. Untuk protein, misalnya, mereka beralih dari telur ayam ras ke telur ayam kampung. Apalagi kabarnya manfaat telur ayam kampung dapat membantu Sahabat Sehat memenuhi asupan, karbohidrat, lemak sehat, vitamin, dan mineral.

Berbeda dari telur ayam ras yang berwarna kecokelatan, telur ayam kampung mempunyai warna yang lebih putih dengan ukuran lebih kecil. Meski begitu, mengonsumsinya secara berkala membantu Sahabat Sehat menerima khasiat-khasiat menyehatkan seperti:

Menekan risiko hipertensi dan penyakit jantung

Makan telur ayam kampung dalam jumlah tepat akan membantu tubuh meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL (high density lipoprotein) hingga 10%. Manfaat telur ayam kampung ini secara tak langsung akan menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL yang selama ini menjadi pemicu penyakit seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit jantung, hingga stroke. Hal ini disebabkan adanya kolin yang memecah amino acid homocysteine yang mempengaruhi peluang gangguan jantung.

Membantu program penurunan berat badan

Apa Sahabat Sehat sedang menjalani program penurunan berat badan? Supaya tubuh tak kekurangan protein karena pemangkasan konsumsi daging, ganti sumber protein tersebut dengan telur ayam kampung. Kandungan protein tinggi dalam telur ini akan memungkinkan Sahabat Sehat kenyang lebih lama, sehingga frekuensi makan dan ngemil akan berkurang. Terutama kalau Sahabat Sehat sering mengonsumsi makanan berkalori tinggi.

Mencegah munculnya katarak pada mata

Manfaat telur ayam kampung bisa Sahabat Sehat rasakan juga pada indra penglihatan. Pasalnya, telur ayam kampung memiliki kandungan vitamin A, zeaxanthin, dan lutein. Vitamin A sendiri sudah dikenal akan fungsinya dalam mengoptimalkan kemampuan penglihatan, sementara antioksidan dalam zeaxanthin dan lutein sangat diperlukan untuk meningkatkan performa reyina mata. Ketiganya lantas membantu pencegahan gangguan seperti katarak hingga degenerasi makula.

Mengoptimalkan fungsi dan kinerja otak

Jika belakangan Sahabat Sehat mudah kehilangan fokus atau sering melamun, menyantap telur ayam kampung akan mengoptimalkan kembali fungsi otak. Manfaat telur ayam kampung ini tak terlepas dari kolin yang berfungsi mendorong produksi sel-sel otak dan membangun membran sel. Dengan begitu, proses pengantaran sinyal ke otak akan lancar. Selain itu, sejumlah vitamin dan mineral pada telur ayam kampung memungkinkan sistem saraf otak bekerja lebih efektif.

Membangun dan memperkuat massa otot tubuh

Protein dalam telur ayam kampung dapat Sahabat Sehat andalkan juga untuk membangun dan memperkuat massa otot tubuh. Asam amino dalam telur ayam kampung dapat membantu membangun sekaligus memperkuat massa otot. Selain itu, otot akan menyerap asam amino yang dipecahkan dari telur pun dapat memperbaiki kerusakan akibat aktivitas berlebih. Dengan begitu, Sahabat Sehat tak akan cepat merasa lelah atau nyeri.

Mendukung proses perkembangan sel

Manfaat telur ayam kampung yang terakhir adalah menunjang perkembangan sel tubuh. Apalagi, jenis protein yang terdapat pada telur ayam kampung mempunyai kualitas tinggi. Asam amino esensial di dalamnya dapat mengembangkan struktur sel tubuh, sehingga fungsi selnya akan berjalan lebih baik. Dengan jumlah asam amino yang cukup dengan asupan tubuh, telur ayam kampung akan menjaga kesehatan dalam jangka waktu lama.

Untuk merasakan manfaat telur ayam kampung secara optimal, pastikan Sahabat Sehat mengolahnya dengan tepat. Imbangi juga dengan sumber serat dan sayur agar stamina tubuh tetap prima!

Sumber: Hellosehat, Sehatq
Photo by Karolina Grabowska from Pexels