Home » Blog » 4 Manfaat Masker Kunyit dan Madu serta Cara Membuatnya

4 Manfaat Masker Kunyit dan Madu serta Cara Membuatnya

masker kunyit dan madu

Memperoleh khasiat madu untuk kesehatan kulit bisa dilakukan dengan membuat masker kunyit dan madu. Kulit akan lebih terawat dengan mengoleskan bahan alami yang tentunya baik diterapkan pada kulit dan bisa dijadikan alternatif skincare alami.

Sahabat Sehat bisa menemukannya di sini terkait manfaat yang terkandung apabila menggunakan masker alami dari bahan kunyit dan madu ini, serta mempelajari bagaimana cara membuatnya. 

Manfaat Masker Kunyit Madu

Sebagai bahan alami, kunyit dan madu tentunya menyimpan kandungan yang sangat baik. Salah satunya bisa digunakan sebagai masker yang dapat membawa banyak manfaat untuk kesehatan kulit seperti berikut ini:

Mencegah Jerawat Timbul

Di dalam madu terdapat antioksidan dan juga anti-bakteri, sementara dalam kunyit terdapat anti inflamasi yang bersifat anti-peradangan yang mana kedua kandungan tersebut baik untuk menenangkan pori-pori kulit sehingga mencegah timbulnya jerawat.

Wajah Menjadi Glowing

Kandungan antioksidan yang dimiliki kunyit dan madu dapat membantu untuk mencerahkan kulit wajah. Selain mencerahkan, masker kunyit dicampur madu juga akan membuat kulit wajah menjadi sehat dan lebih bersinar.

Menghambat Penuaan Wajah

Kunyit dipercaya mampu membuat garis-garis halus yang terdapat di wajah dapat hilang. Campuran kunyit dengan madu mampu menghaluskan tekstur kulit. Sehingga, kerutan yang tampak pada wajah dapat lebih tersamarkan.

Mengobati Penyakit Kulit

Masker kunyit dan madu juga diyakini bisa mengobati sejumlah penyakit yang kerap diderita kulit. Misalnya saja kunyit yang menjadi salah satu komposisi pada krim obat kulit.

Dalam waktu 4 minggu pemakaian secara rutin, dipercaya dapat mencegah masalah hiperpigmentasi yang menyebabkan bercak hitam pada kulit.

Selain itu, penyakit kudis juga dapat disembuhkan dengan mengoleskan kunyit dengan madu di area kulit yang terdapat kudis selama sehari dua kali secara rutin. Kandungan kurkumin dalam kunyit juga membantu menghilangkan iritasi yang terjadi pada kulit.

 

Cara Membuat Masker Kunyit Madu

Manfaat yang bisa didapatkan ketika memakai masker kunyit yang sangatlah alami ini ternyata cukup menarik. Sahabat Sehat bisa mencoba untuk membuat sendiri dengan mengikuti beberapa tutorial mudah seperti berikut ini:

  • Masker untuk Hilangkan Noda dan Jerawat

Sediakan bahan dasar kunyit halus serta sesendok madu, kemudian bisa tambahkan bahan opsional seperti minyak zaitun atau yogurt. Oleskan pada seluruh bagian wajah dan diamkan dalam 20 sampai 30 menit. Tunggu sampai mengering, jika sudah bilas muka dengan air dingin.

  • Masker untuk Mengatasi Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi merupakan kondisi yang mana pada kulit terdapat bercak yang lebih gelap jika dibandingkan area kulit sekitarnya. Cara membuat masker kunyit madu untuk atasi hiperpigmentasi cukup sederhana.

Campurkan satu sendok bubuk kunyit dengan 2 sendok makan madu dalam satu wadah. Aduk rata semua bahan tersebut, kemudian oles pada area kulit yang terkena hiperpigmentasi lalu diamkan sampai 10 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air hangat.

  • Masker untuk Wajah Glowing

Sudah diketahui jika kunyit serta madu merupakan dua bahan alami yang sama memiliki kandungan antioksidan tinggi dan anti-peradangan yang dapat membuat kulit lebih bersinar.

Cara membuatnya pun sangatlah sederhana. Cukup dengan menyediakan kunyit dan juga madu serta bisa tambahkan yogurt. Kemudian, campur merata adonan masker tersebut, kemudian oleskan ke seluruh wajah lalu biarkan mengering dalam 15 menit untuk kemudian bilas pakai air bersih.

 

Dengan memakai masker kunyit dan madu, ternyata manfaatnya sangatlah menguntungkan untuk mendukung kesehatan pada kulit. Sahabat Sehat yang tertarik untuk mencoba membuat masker ini bisa meniru tutorial di atas serta tak lupa untuk menggunakan madu uray produk dari sesa.id.

 

Referensi: Orami