Home » Blog » 6 Manfaat Madu Hutan untuk Wajah Agar Sehat dan Cerah

6 Manfaat Madu Hutan untuk Wajah Agar Sehat dan Cerah

manfaat madu hutan untuk wajah

Seperti yang Sahabat Sehat ketahui manfaat madu hutan untuk wajah memang sangat banyak. Bahkan hal ini sudah diketahui dan dimanfaatkan dari generasi ke generasi. Selain digunakan untuk pengobatan tradisional, madu juga bisa digunakan untuk merawat kesehatan kulit.

Rasa manis pada madu hutan ini memiliki  berbagai macam kandungan lain di dalamnya, seperti asam amino, zink, vitamin A, vitamin D, natrium, dan kalsium. Berikutnya madu juga memiliki sifat anti inflamasi, antioksidan dan juga antibakteri yang baik untuk tubuh.

Ini dia beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari madu hutan asli untuk perawatan wajah.

Melembabkan Kulit Wajah

Manfaat madu untuk kulit wajah yang pertama adalah untuk melembabkan kulit wajah. Kandungan senyawa humektan pada madu hutan ini dapat Sahabat Sehat manfaatkan untuk perawatan kulit kusam dan kering.

Selain membuat kulit yang kusam dan kering menjadi lembab, madu juga bisa membuat kulit wajah menjadi lebih kenyal dan elastis. Untuk mendapatkan kulit yang lembab dan elastis, maka Sahabat Sehat bisa menggunakan madu secara rutin untuk perawatan kulit wajah.

Mencerahkan kulit wajah

Manfaat madu hutan berikutnya yaitu untuk memutihkan kulit wajah, khasiat kandungan antibakteri madu ini dapat membantu Sahabat Sehat untuk mengatasi peradangan pada kulit. Untuk melakukan perawatan kulit ini Sahabat Sehat dapat mencampurkan madu dengan lemon atau yogurt.

Dengan mengaplikasikan bahan-bahan tersebut pada kulit wajah, maka hal ini akan membuat kulit lebih cerah, putih dan bersih. Campurkan 1 sdm yogurt dan ½ sdm madu, lalu aduk hingga merata. Setelah itu oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit saja, lalu bilas hingga bersih.

Mengatasi Masalah Kulit Berjerawat

Karena madu memiliki kandungan anti inflamasi dan antibakteri, sehingga madu dapat digunakan untuk mengatasi peradangan kulit dan jerawat. Pemanfaatan madu untuk mengobati jerawat sangatlah mudah, Sahabat Sehat bisa menggunakan madu untuk masker wajah.

Untuk mendapatkan manfaat madu hutan untuk wajah berjerawat, Sahabat Sehat bisa mencampurkan madu hutan murni dengan bubuk kunyit. Campurkan kedua bahan tersebut dan aplikasikan pada jerawat sebelum tidur, lalu bilas di pagi hari hingga bersih.

Madu Bermanfaat untuk Menyembuhkan Luka

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, beberapa susunan kimiawi pada madu memiliki osmolaritas yang cukup tinggi. Kandungan ini bermanfaat untuk mencegah perkembangan mikroorganisme seperti virus, jamur, dan bakteri pada tubuh.

Selain itu, zat pemanis atau fruktosa pada madu ini mampu memproduksi hidrogen peroksida. Kandungan ini akan berperan sebagai antibakteri pada luka, sehingga proses penyembuhan luka akan semakin cepat.

Melindungi dari Serangan Radikal Bebas

Kandungan antioksidan pada madu hutan sangat bermanfaat untuk pencegahan dan perlindungan tubuh terhadap radikal bebas. Selain itu, madu juga sangat efektif sebagai pelindung kulit, terutama dari dampak negatif sinar matahari.

Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Selanjutnya manfaat madu untuk wajah adalah bermanfaat sebagai anti aging. Kandungan mineral, asam amino, dan berbagai macam vitamin pada madu lebih lengkap dibandingkan krim anti aging yang ada di pasaran. Sehingga penggunaan madu ini lebih efektif dan aman untuk perawatan kulit.

Untuk mencegah penuaan dini menggunakan madu, maka Sahabat Sehat bisa memakai masker dari madu untuk melembabkan, mencerahkan, dan melembabkan kulit. Aplikasikan madu pada seluruh permukaan kulit wajah dan diamkan 15 sampai 30 menit, lalu bilas dengan air.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka Sahabat Sehat bisa melakukannya secara rutin. Manfaat madu hutan untuk wajah memang sangat banyak dan aman digunakan. Untuk itu, bagi Sahabat Sehat yang membutuhkan madu hutan berkualitas dan asli, maka Sahabat bisa memesannya di Sesa.

Photo by ROMAN ODINTSOV from Pexels