Home » Blog » 5 Tips Menyusui Bayi yang Baik dan Benar agar Nyaman dan ASI Lancar

5 Tips Menyusui Bayi yang Baik dan Benar agar Nyaman dan ASI Lancar

menyusui bayi yang baik dan benar

Sahabat sehat, tahukah kalau menyusui ada caranya agar nyaman dan ASI lancar? Ya, khususnya bagi Sahabat sehat yang pertama kali menyusui mungkin masih bingung caranya. Dengan mengetahui tips Menyusui bayi yang baik dan benar akan membuat ibu dan bayi merasa lebih nyaman sehingga ASI bisa keluar dengan lancar.

Jadi, bagaimana cara menyusui bayi yang baik dan benar? Mari simak tips berikut ini!

Ketahui Tanda Bayi Merasa Lapar

Tips menyusui bayi yang baik dan benar yang pertama adalah mengetahui tanda bayi merasa lapar. Sebaiknya, bayi mendapat asupan ASI ketika merasa cukup lapar. Sebab, jika bayi menyusui dalam keadaan kenyang atau terlalu sering menyusu berisiko muntah. Kemungkinan lain jika bayi menyusu sebelum lapar, bayi hanya akan menggigit-gigit puting dan bisa menyebabkan lecet.

Tanda bayi merasa lapar yaitu bayi akan sering membuka mulut dan mencari payudara ibunya. Jika Sahabat sehat menyentuh bagian kepala atau pipi bayi akan menoleh.  Pada usia satu bulan bayi menyusui 8-12 kali dalam sehari. Waktu menyusu berkurang seiring bertambahnya usia bayi.

Ketahui Posisi Menyusu yang Nyaman untuk Ibu dan Bayi

Posisi yang nyaman untuk ibu dan bayi sangat penting. Sahabat sehat bisa menggunakan bantal untuk menyangga tubuh agar lebih nyaman ketika menyusui bayi. Posisikan kepala bayi lebih tinggi dari posisi tubuhnya agar lebih mudah menelan dan tidak tersedak. Menyusui boleh duduk atau berbaring asalkan ibu menyusui nyaman.

Pastikan Bayi Menyusui dengan Baik

Tips menyusui bayi yang baik dan benar  selanjutnya adalah perlekatan bayi harus tepat. Perlekatan yang baik dapat menyebabkan nyeri payudara ketika bayi menyusu atau ASI tidak keluar dengan lancar. Jika masih terasa nyeri mungkin perlekatan belum benar-benar baik. Pastikan mulut bayi terbuka dan menempel pada bagian bawah puting dengan baik. Posisi lidah bayi berada di bawah puting payudara.

Memperbaiki Posisi Bayi Saat Menyusu

Wajar jika ibu menyusui masih beberapa kali salah memposisikan bayi ketika menyusu. Jika payudara terasa nyeri saat menyusui bayi maka lepaskan sebentar. Cara melepas perlekatan salah satunya dengan menempelkan jari telunjuk di antara gusi bayi.

Pastikan jari dalam keadaan bersih ya, Sahabat sehat. Dengan cara ini bayi akan berhenti menyusu, kemudian Sahabat sehat bisa membetulkan posisi menyusui yang nyaman untuk ibu dan bayi.

Perhatikan berapa lama waktu menyusui yang baik

Menyusui bayi yang baik dan benar adalah tidak berlebihan. Terkadang bayi sulit mengetahui bahwa dirinya sudah kenyang dan terus menyusui hingga berisiko muntah.

Untuk mencegah hal ini Sahabat sehat perlu tahu waktu ideal menyusui yang baik. Waktu menyusu antara 5-40 menit. Bayi 0-1 bulan biasanya perlu menyusu setiap 2-3 jam sekali kurang lebih 15 menit.

Sahabat sehat menyusui bayi yang baik dan benar perlu berlatih dan sabar. Temukanlah posisi yang paling nyaman baik untuk ibu dan bayi. Jika Sahabat sehat sudah mampu menentukan posisi menyusui yang nyaman maka proses menyusui bayi akan lebih mudah dan lancar.

Ibu menyusui sebaiknya mengonsumsi makanan sehat yang bisa menjadi ASI booster agar produksi ASI melimpah dan berkualitas. Belanja kebutuhan ibu menyusui sekarang lebih praktis dan cepat, yuk klik SESA.ID!

 

Photo by MART PRODUCTION from Pexels