Home » Blog » 5 Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami di Rumah

5 Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami di Rumah

merawat kulit alami
Photo by Karolina Grabowska from Pexels

 

Merawat kulit alami – Kondisi kesehatan kulit yang cerah, elastis, putih, sehat, merona dan tampak flawless pasti diidamkan setiap wanita. Namun, ada beberapa faktor yang menyebabkan elastisitas, kesehatan, tingkat kecerahan pada kulit wajah seperti pertambahan usia, tingkat kandungan kolagen dalam kulit, lingkungan, pola hidup, dan kondisi medis tertentu yang dapat menyebabkan kulit tampak kusam dan tak bercahaya.

Merawat kulit wajah dengan benar dapat mencegah penuaan dini, menyamarkan noda hitam dan kerutan, mencegah timbulnya jerawat, dan kebersihan kulit. Tentu bila Sahabat Sehat pandai merawat kulit, kamu bisa lebih percaya diri.

Panduan Merawat Kulit Wajah Alami

Ingin wajah sehat, cerah, dan berseri? Jangan malas merawat muka. Tampilan wajah dapat mencerminkan kondisi tubuh kamu, lho! Untuk menjaga kesehatan kulit, kamu bisa mencoba beberapa langkah merawat kulit wajah di rumah berikut ini:

1. Mencuci Muka dengan Sabun yang Tepat

Ada beragam jenis kulit di dunia ini dari jenis kulit normal, kering, berminyak, sensitif, atau kombinasi dari beberapa jenis kulit tersebut. Sehingga tidak semua orang memiliki jenis kulit yang sama. Berbeda jenis kulit, berbeda pula jenis produk perawatan yang cocok digunakan.

Disarankan bagi Sahabat Sehat yang memiliki kulit kering dan sensitif, disarankan memilih produk sabun pembersih muka berbahan kimia lembut dengan kandungan yang dapat melembapkan kulit, serta tidak mengandung alkohol dan wewangian.

Sementara itu, pemilik kulit berminyak disarankan untuk menggunakan pembersih muka berbahan dasar lembut yang dapat melembapkan wajah tanpa membuat kulit wajah berminyak, misalnya pembersih wajah yang mengandung gliserin.

SESA ingin menyarankan produk sabun yang cocok untuk kulit sensitif dan berminyak dari aromatica. Sabun ini memiliki keunggulan yaitu mengandung  Tea tree oil dan Bergamot oil efektif membersihkan kotoran dan sebum berlebih dan mengandung ekstrak Burdock dan Comfrey organiknya membuat kulit terasa lembap, halus, dan kenyal.

2. Gunakan Rangkaian Produk Skincare

Sahabat Sehat dapat menggunakan produk skin care pilihan kamu yang sesuai dengan jenis kulit Tahapan menggunakan skin care adalah:

  • Cleansing: Cleansing atau pembersih adalah dasar perawatan kulit wajah yang harus kamu miliki. Cleansing berfungsi untuk membersihkan wajahmu dari noda dan bakteri. Kamu juga bisa mencoba cleanser dari aromatica yang mengandung damask rose water, aloe, marigold extract dan superberries.
  • Serum: Anda dapat memilih produk serum vitamin C, vitamin E, atau retinol. Serum berfungsi sebagai anti-penuaan dan melawan radikal bebas. Untuk kulit kering, kamu bisa mencoba serum dari aromatica.
  • Moisturizer: Moisturizer atau pelembap adalah perawatan wajah untuk melembapkan kulit dan merawat kesehatan kulit Anda. SESA juga ingin merekomendasikan merek dari pelembab aromatica yang mengandung damask rose organik, superberries, shea butter dan babassu seed oil.

3. Lindungi Kulit dari Sinar UV

Cara merawat wajah yang paling penting adalah dengan melindungi kulitmu dari paparan sinar UV. Sinar UV memang mengandung vitamin D alami, namun paparan sinar UV yang terlalu terik dan lama dapat meningkatkan risiko kulit keriput, penuaan, dan berbagai risiko gangguan kulit hingga kanker kulit. Sahabat Sehat dapat menggunakan produk tabir surya dari dengan SPF 50+/PA+++ dari aromatica dan aplikasikan pada kulit setidaknya 30 menit sebelum kamu melakukan aktivitas di luar ruangan.

4. Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi kulit disarankan dilakukan satu sampai dua kali dalam seminggu. Cara ini sangat ampuh untuk membersihkan dan mencerahkan kulit wajah. Eksfoliasi wajah diperlukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit wajah. Gunakan produk eksfoliasi dari aromatica yang orange essential oil dan 3 persen AHA.

Terapkan Gaya Hidup Sehat

Cara merawat kulit wajah yang benar tidak hanya dilakukan dari luar, tapi juga dari dalam tubuh. Sahabat Sehat harus  konsumsi makanan bergizi seimbang dan batasi konsumsi makanan berlemak, penuhi kebutuhan cairan tubuh, rutin berolahraga, istirahat cukup, kelola stres, serta berhenti merokok dan konsumsi minuman beralkohol.

Intinya adalah merawat kulit wajah adalah melakukannya secara rutin dan konsisten. Jangan lupa untuk melakukan perawatan kulit wajah sebagai bagian dari rutinitas Sahabat Sehat sehari-hari. Temukan beragam produk dari aromatica lainnya hanya di sesa.id! #SehatSekarang tak hanya dari luar namun juga dari dalam.