Home » Blog » 7 Minuman Penambah Imun Tubuh yang Mudah Dibuat

7 Minuman Penambah Imun Tubuh yang Mudah Dibuat

minuman penambah imun tubuh

minuman penambah imun tubuh – Selain dengan rutin berolahraga, makan makanan bergizi, atau menjaga kebersihan agar imun tetap terjaga. Sahabat sehat juga bisa mengkonsumsi minuman bernutrisi tinggi supaya tak terjangkit penyakit.

Apalagi seiring makin merebaknya virus corona beberapa bulan terakhir, sehingga daya tahan dan imunitas tubuh menjadi hal yang sangat penting. Sehingga imun tubuh yang kuat jadi salah satu jaminan kesehatan dan terhindar dari serangan virus dan bakteri patogen.

Tak hanya makanan bernutrisi yang dapat meningkat imun tubuh, ada pula minuman yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan jenis minuman bergizi ini bisa sahabat sehat buat  sendiri di rumah. Berikut adalah deretan minuman penambah imun tubuh yang bisa kita konsumsi dan mudah dibuat.

  • Wedang jahe

Biasanya wedang jahe disajikan saat musim hujan atau berada di daerah dingin, karena wedang jahe dapat menghangatkan tubuh. Tak hanya itu, wedang jahe ternyata dapat meningkatkan fungsi sistem pencernaan, menangkal radikal bebas, serta meningkatkan sistem imun tubuh. Kita pun bisa dengan mudah mendapatkan minum ini dalam kemasan yang di jual di warung hingga supermarket.

  • Es teh sereh

Es teh tak hanya menawarkan kesegaran saja, didalamnya mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Bahkan minuman favorit banyak orang ini dapat dipadukan dengan bahan lain, seperti sereh dan madu. Selain menyegarkan es teh sereh juga dapat meningkatkan imun tubuh sahabat sehat.

  • Teh hijau

Teh yang satu ini terkenal akan khasiatnya dan sangat popular di berbagai negara. Teh hijau yang kaya manfaat dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, karena terdapat kandungan polifenol. Sahabat sehat dapat meminum teh hijau di pagi hari untuk mendapatkan khasiat yang lebih besar.

  • Susu kunyit atau Turmeric Latte

Bagi sahabat sehat pecinta latte, cobalah versi latte yang lebih sehat. Turmeric latte tak kalah nikmatnya dengan latte – latte buatan barista cafe. Kita bisa membuatnya dirumah dengan bahan susu cair, kunyit bubuk, kayu manis bubuk, dan madu atau gula aren untuk pemanisnya. Sajikan saat masih hangat.

  • Jus tomat kale

Kale biasa digunakan untuk campuran membuat jus sayur. Dengan mengkombinasikan kale dan tomat pun tak kalah enaknya serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tomat yang mengandung vitamin A, B-6, C dan K, serta magnesium dan potasium. Dilengkapi dengan mangan yang terkandung dalam kale.

  • Smoothies berry dan sitrus

Minuman penambah imun tubuh yang satu ini bakal disukai anak – anak dan dapat dinikmati oleh semua orang. Smoothies berry dan sitrus menjadi sumber kabohidrat dan antioksidan yang kuat. Kandungan antioksidan diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas.

  • Jus sayuran hijau

Blender bayam, daun mint, apel hijau, timun, air lemon, dan air es hingga halus. Sayuran hijau yang kaya klorofil dan berbagai antioksidan yang dapat meningkatkan imun tubuh agar terhindar dari penyakit. Mengkonsumsi rutin setelah sarapan untuk khasiat yang lebih besar.

Itulah beberapa minuman penambah imun tubuh yang bisa sahabat sehat buat dirumah dengan mudah. Namun kini telah tersedia minuman imun booster yang bisa didapatkan dengan mudah dan tersedia dalam bentuk kemasan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Menangkal penyakit yang berasal dari virus dan radikal bebas semakin mudah dengan mengkonsumsi minum minuman menyehatkan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh sahabat sehat.

Referensi: Pyfahealth

Gambar oleh congerdesign dari Pixabay