Home » Blog » 6 Jenis Makanan Penambah Imunitas Tubuh

6 Jenis Makanan Penambah Imunitas Tubuh

makanan penambah imunitas tubuh

Menjaga kesehatan memang sangat penting sekali. Apalagi saat masa pandemi COVID-19 seperti saat ini. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan mengonsumsi berbagai macam makanan penambah imunitas tubuh.  Makanan ini akan membantu Anda dalam membangun sistem kekebalan dalam tubuh menjadi lebih baik.  Selain itu, Anda juga harus menerapkan pola hidup yang sehat. 

Macam-Macam Makanan Penambah Imunitas Tubuh Alami

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gizi akan sangat membantu dalam menjaga kekebalan dan kesehatan tubuh secara optimal.

Dengan memiliki imunitas yang bagus, maka Anda akan terhindar dari berbagai macam gangguan penyakit yang disebabkan oleh virus dan juga bakteri, termasuk virus COVID-19. Berikut ini ada beberapa rekomendasi makanan penambah imunitas tubuh secara alami, yaitu : 

  • Yoghurt

Yoghurt merupakan jenis makanan yang banyak mengandung kandungan probiotik yang bisa membantu dalam pembentukan bakteri baik di dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi Yoghurt sekali dalam satu hari untuk membantu membangun imunitas di dalam tubuh. Sebaiknya Anda memilih Yogurt yang mempunyai rasa tawar karena kandungan gizi dan nutrisinya lebih banyak. Jika Anda ingin membuat yoghurt terasa manis, Anda bisa menambahkan berbagai macam jenis buah-buahan dan madu. 

  • Kunyit

Kunyit adalah jenis rempah-rempah yang mempunyai kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang sangat tinggi. Inilah mengapa kunyit sejak dulu digunakan sebagai obat berbagai macam penyakit. Kandungan senyawa Kurkumin yang ada di dalam kunyit bisa membantu dalam melawan berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Hal ini karena kandungan antivirus yang ada di dalamnya. Anda bisa mengkonsumsi air rebusan kunyit sebagai makanan penambah imunitas tubuh.  

  • Bawang putih

Tidak hanya digunakan untuk menambah kelezatan pada makanan saja, bawang putih juga digunakan sebagai makanan anti virus secara alami. Bawang putih memberikan perlindungan dari flu. Selain itu, di dalamnya juga mengandung kandungan sulfur yang bisa membantu dalam menambah kekebalan tubuh. 

  • Buah-buahan yang asam

Pada saat sedang flu, Anda mungkin bisa memperbanyak konsumsi buah-buahan yang mempunyai rasa asam.  Buah asam ini banyak mengandung kandungan vitamin C yang akan membantu dalam memberikan kekebalan tubuh. Vitamin C dapat ditemukan pada buah seperti jeruk nipis, lemon dan anggur.

Anda perlu mengonsumsi buah-buahan teresebut setiap hari dengan takaran 75 miligram untuk dewasa dan 90 miligram untuk anak-anak. 

  • Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari ternyata kaya akan nutrisi, fosfor, magnesium dan vitamin E yang sangat berguna untuk menjaga kekebalan tubuh. Nutrisi ini akan  bekerja sebagai antioksidan yang bisa menetralisir zat radikal bebas. 

  • Kerang

Beberapa jenis kerang mengandung zat seng dan vitamin yang berperan untuk membantu sel kekebalan tubuh tetap terjaga. Selain itu, jenis seafood yang bisa digunakan untuk menjaga kekebalan tubuh adalah lobster, kepiting, dan tiram. 

  • Susu murni

Susu murni memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Susu bisa digunakan untuk menjaga kesehatan dimana salah satunya adalah  untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Anda bisa mengkonsumsi susu  satu hari sekali. Lebih nyata khasiat, Anda bisa mencampurkan dengan madu. 

Itulah tadi beberapa jenis makanan penambah imunitas tubuh yang bisa Anda konsumsi.  Selain mengkonsumsi makanan tersebut, Anda juga bisa mengonsumsi jamu  herbal yang bisa menjaga imunitas.  Jamu ini tidak akan menyebabkan efek samping apapun bagi kesehatan. 

Sumber : Halodoc

Gambar oleh Engin Akyurt dari Pixabay