Home » Blog » Mudah Didapat, Berikut 10 Sumber Makanan Pelancar ASI Paling Ampuh 

Mudah Didapat, Berikut 10 Sumber Makanan Pelancar ASI Paling Ampuh 

makanan pelancar asi paling ampuh

Seorang ibu tentu selalu ingin yang terbaik bagi buah hati, memberikan nutrisi untuk mengiringi tumbuh kembangnya. Segala cara dilakukan demi memenuhi kesehatan anak, tak terkecuali bagi Sahabat sehat yang tengah menyusui.

Air Susu Ibu atau ASI menjadi satu-satunya asupan makanan alami bagi bayi baru lahir hingga usia 6 bulan. Selanjutnya ASI dapat diberikan berdampingan dengan MPASI. Nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam ASI nyatanya memberikan segudang manfaat bagi kesehatan dan daya tahan tubuh si kecil. 

Masalah ASI tidak lancar terkadang menjadi ‘momok’ bagi ibu menyusui. Sebagai upaya mencegah hal tersebut, memantau jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi penting, berikut sumber makanan pelancar ASI paling ampuh:

 

View this post on Instagram

 

A post shared by sesa.id (@sesaindonesia)

1. Bayam

Bayam memiliki enzim phytoestrogens untuk meningkatkan produksi ASI. Kandungan vitamin B6 membantu meningkatkan daya tahan tubuh bagi Sahabat sehat dan buah hati. Perlu diperhatikan, memasak sayur tidak perlu terlalu lama agar kandungan nutrisi tetap terjaga saat proses pemasakan. 

2. Kemangi 

Kemangi mengandung enzim serupa dengan bayam, yakni phytoestrogens yang bermanfaat untuk ibu menyusui. Daun kemangi dapat meningkatkan pergerakan peristaltic usus agar nutrisi cepat terserap tubuh. 

3. Daun Katuk

Telah lama menjadi primadona karena klaim mempercepat proses pemulihan pasca persalinan. Daun katuk mengandung laktagogum dan prolactin untuk meningkatkan kualitas ASI. Umumnya diolah menjadi lalapan atau sayur bening. 

4. Gandum

Gandum atau oat merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik untuk tubuh. Kandungan serat, vitamin B dan zat besi rupanya manjadi ASI booster, sehingga kualitas air susu lebih baik. Olah gandum menjadi sereal, smoothies maupun bahan dasar cake pengganti tepung terigu. 

5. Yogurt

Selain rasanya enak, produk hasil fermentasi susu ini kaya akan protein, kalsium, fosfor, potassium dan vitamin B12 dan diperlukan bayi untuk bertumbuh. Yogurt plain bisa jadi pilihan aman karena kadar gula yang rendah. 

6. Chia Seeds

Keluarga biji-bijian ini mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 paling tinggi dibandingkan makanan lain. Kandungan tersebut mampu meningkatkan produksi ASI lebih cepat. Proses mengolah cukup mudah, rendam selama beberapa saat dengan air agar lebih mudah dicerna, suguhkan bersama minuman atau smoothies.

7. Jambu Air 

Siapa sangka jika buah jambu air kaya akan banyak mineral dan vitamin, diantaranya vitamin A, C, kalsium, fosfor dan zat besi. Dibalik rasa segar dan manis, buah ini memiliki manfaat meningkatkan imunitas tubuh si kecil. 

8. Pepaya Muda

Kandungan dalam papaya muda yang berkhasiat untuk meningkatkan produksi ASI ialah galactogogue. Si kecilpun akan mendapatkan vitamin dan mineral dari buah tersebut. Sajikan matang sebagai masakan tumis

9. Kacang Hijau

Karbohidrat, protein, vitamin dan serat dalam kacang hijau dapat membantu meningkatkan kualitas ASI, sehingga memberikan manfaat baik bagi ibu dan buah hati. 

10. Kacang Almond

Dibalik rasa kacang almond yang lezat, terdapat kandungan protein, kalsium dan zat besi. Kandungan tersebut sangat bermanfaat memperlancar produksi ASI yang berkualitas bagi sang buah hati. 

Kini, banyak cara untuk mendapatkan sumber makanan pelancar ASI paling ampuh, bahkan memiliki rasa yang nikmat ketika disantap. Ibu menyusui tentunya ingin menikmati masa menyusui dengan sehat dan bahagia, bukan? Maka dari itu, percayakan pada produk makanan pelancar ASI berikut ini.

Referensi : Todayparent

Photo by MART PRODUCTION from Pexels