Home » Blog » Kaya Vitamin, Ini 5 Manfaat Apel untuk Ibu Hamil Muda! 

Kaya Vitamin, Ini 5 Manfaat Apel untuk Ibu Hamil Muda! 

manfaat apel untuk ibu hamil muda

Masa awal kehamilan adalah fase penting untuk ibu hamil. Di usia hamil muda, ibu hamil lebih rentan mengalami gangguan kesehatan dan juga janin dalam kandungan masih lemah. Ekstra nutrisi dibutuhkan ibu hamil dan calon bayi agar tetap sehat dan jauh dari penyakit.

Asupan nutrisi bisa didapat dari buah dan sayur yang sehat, salah satunya buah apel. Buah apel kaya nutrisi dan juga rasanya enak cocok untuk dikonsumsi ibu hamil. Sangat banyak manfaat apel untuk ibu hamil muda yang sayang jika dilewatkan. 

Ini dia, 5 manfaat apel untuk ibu hamil muda!

Vitamin B pada Apel Membantu Atasi Morning Sickness

Gejala awal masa kehamilan bisa mengakibatkan mual, muntah dan pusing. Hal ini membuat ibu hamil merasa sangat tidak nyaman. Morning sickness dapat diatasi dengan konsumsi buah apel yang mengandung vitamin B. 

Rasa buah apel yang segar dapat meringankan gejala mual pada ibu hamil. Selain itu, asupan nutrisi yang cukup dari apel merah ikut menjaga daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh ibu hamil terjaga dengan baik, gejala morning sickness bisa dicegah.

Vitamin C pada Apel Sebagai Suplemen Kesehatan Alami

KIbu hamil perlu asupan vitamin C yang cukup agar tubuh tetap bugar, khususnya di awal masa kehamilan. Batas konsumsi vitamin C harian untuk ibu hamil adalah sekitar 85 mg. Asupan vitamin C bisa didapat secara alami dari buah apel. 

Vitamin C berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh tetap optimal. Pada masa awal kehamilan, imunitas ibu hamil mudah menurun. Vitamin C pada buah apel akan membantu tubuh dalam memproduksi sel darah putih dan melindungi tubuh dari infeksi penyakit. 

Vitamin E Mencegah Keguguran di Awal Kehamilan

Pada masa awal kehamilan, janin masih lemah dan rawan mengalami keguguran. Asupan nutrisi yang tepat dapat mengurangi risiko keguguran. Apel mengandung vitamin E yang dibutuhkan oleh ibu hamil. 

Vitamin E dan antioksidan pada apel berfungsi melancarkan peredaran darah, membantu produksi sel darah merah dan membantu kinerja organ tubuh. Vitamin E juga membantu perkembangan janin dan mengurangi risiko bayi cacat lahir. 

Vitamin dan Mineral Apel mencegah Kram Kaki

Salah satu manfaat apel untuk ibu hamil muda yang belum banyak diketahui adalah dapat mencegah kram kaki. Kram kaki disebabkan karena peredaran darah kurang lancar dan kurangnya asupan vitamin dan mineral. Vitamin E bekerja sama dengan kalium, kalsium dan magnesium untuk menjaga peredaran darah ibu hamil tetap lancar.

Selain itu, mineral dan vitamin pada apel ikut menjaga kesehatan tulang dan otot. Dengan tulang dan otot yang sehat serta peredaran darah lancar risiko kram kaki pada ibu hamil muda bisa dicegah. 

Vitamin dan Serat Apel Menjaga Kesehatan Pencernaan

Serat, vitamin B dan C pada buah apel sangat baik dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Ibu hamil muda lebih rentan terkena gangguan pencernaan, contohnya sembelit. Kekurangan asupan serat, air dan vitamin dapat memperburuk risiko gangguan pencernaan. Rutin mengonsumsi apel akan membuat organ dan sistem pencernaan ibu hamil tetap sehat. 

 

Itulah manfaat apel untuk ibu hamil muda berdasakan kandungan vitamin dan nutrisinya. Buah apel punya rasa yang enak. Sahabat sehat yang sedang dalam masa hamil muda bisa memakan buah apel sebagai camilan, bisa juga dibuat jus atau smoothie. Pilih buah apel merah fuji agar mendapatkan manfaat apel untuk ibu hamil muda secara maksimal.

Referensi: The Asian Parent

Photo by Greta Hoffman from Pexels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *