Home » Blog » 5 Manfaat Kentang untuk Bayi dan Cara Mengolahnya

5 Manfaat Kentang untuk Bayi dan Cara Mengolahnya

manfaat kentang untuk bayi

Salah satu jenis bahan makanan yang boleh dijadikan makanan bayi adalah kentang. Kentang dipercaya memiliki sejumlah manfaat apabila dikonsumsi. Apa saja manfaat kentang untuk bayi? Sahabat sehat bisa intip manfaat apa saja yang terkandung dalam kentang bagi bayi.

Manfaat Kentang untuk Bayi

Kini, pemberian makanan atau bubur instan untuk bayi bisa diganti dengan hasil kreasi olahan sayuran seperti kentang. Tak hanya mudah didapat dan harganya yang terjangkau. Namun Sahabat Sehat juga perlu tahu manfaat kentang untuk bayi berikut ini:

Sumber Energi Sehat

Memasuki usia bayi, sumber energi sangat dibutuhkan seiring perkembangan bayi yang mulai aktif. Selain ASI, bayi juga membutuhkan gizi lainnya seperti kentang yang mengandung banyak kalori, sehingga asupan energi untuk bayi bisa terpenuhi.

Sistem Pencernaan Menjadi Lancar

Kentang memang menjadi sayuran yang mudah dicerna, apalagi bila diolah untuk makanan bayi. Kandungan serat dalam jumlah tinggi pada kentang, baik untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan bayi yang masih belum mampu bekerja secara optimal.

Selain itu, adanya pati khusus yang bersifat tahan cerna akan membantu bakteri baik pada pencernaan yang mengubah asam lemak menjadi sistem kuat pertahanan untuk usus besar agar terhindar dari tumbuhnya sel kanker.

Membantu Pertumbuhan Tulang

Bayi yang masih dalam masa pertumbuhan, membutuhkan asupan energi dari senyawa zat besi, kalsium, fosfor, magnesium hingga zinc yang semuanya bisa didapatkan ketika mengonsumsi kentang.

Kandungan dalam kentang tersebut dapat membantu proses pembentukan hingga menjaga kekuatan tulang pada bayi. Tak hanya itu, pembentukan dan pematangan kolagen juga terbantu dengan adanya zinc dan juga zat besi dalam kentang.

Sumber Mikronutrien

Mikronutrien atau kandungan vitamin serta mineral dalam kentang sangat penting dalam melindungi tubuh bayi dari serangan penyakit sehingga kesehatan bayi tetap terjaga di masa pertumbuhannya.

Terdapat sumber vitamin seperti vitamin C, B6, beta-karoten, vitamin B kompleks, kalium, natrium yang dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh bayi dan proses perkembangan sistem saraf yang mempengaruhi kemampuan melihat, bergerak, hingga berpikir pada bayi.

Menjaga Kulit Sehat

Selanjutnya, manfaat kentang untuk bayi lainnya adalah menjaga kesehatan pada kulit bayi yang masih dini. Adanya vitamin C dan juga enzim yang terkandung dalam kentang mampu membuat kulit bayi tampak cerah.

Tak hanya itu saja, ternyata kentang juga ampuh menyembuhkan kemerahan atau bekas gigitan di area kulit bayi. Sahabat sehat bisa mencoba mengupas dan mencuci hingga bersih kentang dan memotongnya menjadi bagian kecil untuk digosokkan perlahan di area gigitan.

Cara Mengolah Kentang untuk Makanan Bayi

Demi memperoleh manfaat dari kentang dengan lebih optimal, sebaiknya perhatikan juga proses memasak yang baik untuk dilakukan. Pemberian makanan pada bayi tentu tak bisa asal, maka dari itu pilihan metode yang tepat ketika mengolah kentang untuk makanan bayi seperti berikut:

Diblender

Supaya bayi dapat mengunyah dengan mudah, maka sebaiknya kentang dihaluskan terlebih dahulu dengan cara diblender. Selain kandungan gizi pada kentang, sahabat sehat juga dapat memadukannya dengan sayuran atau buah seimbang lainnya.

Dikukus

Mengukus kentang merupakan metode terbaik dalam mengolah makanan bayi. Namun, tak perlu mengukus terlalu lama yang justru akan berdampak pada hilangnya kandungan vitamin serta mineral yang dibutuhkan untuk si bayi.

Kini, tak perlu lagi bingung dan ragu karena manfaat kentang untuk bayi sudah terbukti menyehatkan. Penting juga untuk selalu gunakan bahan kentang organik dari sesa.id yang aman untuk dikonsumsi bayi.

Referensi : Ruangmom, Klikdokter
Photo by Yan Krukov from Pexels