Home » Blog » 5 Jenis Susu Pelancar ASI agar Bayi Sehat dan Ibu Tetap Bugar

5 Jenis Susu Pelancar ASI agar Bayi Sehat dan Ibu Tetap Bugar

susu pelancar ASI

ASI atau air susu ibu adalah makanan utama untuk bayi usia 0-6 bulan. Memasuki usia 6 bulan bayi mulai bisa diberi makanan pendamping ASI, namun pemberian ASI sebaiknya tetap lanjut hingga bayi berusia 2 tahun.

Untuk menunjang produksi ASI, ibu menyusui perlu mendapat asupan makanan yang baik. Susu pelancar ASI baik dari sumber hewani atau nabati sangat baik untuk membantu meningkatkan kualitas air susu ibu. 

Sahabat sehat mencari rekomendasi susu pelancar ASI yang alami dan kaya nutrisi? Inilah beberapa jenis susu yang aman dikonsumsi ibu hamil supaya tetap bugar dan bayi selalu sehat. 

Banner Kebutuhan Ibu dan Anak

Susu Almond

Susu almond terbuat dari kacang almond. Susu almond cocok dijadikan susu pelancar ASI karena kaya akan vitamin E yang berfungsi menjaga tubuh dari radikal bebas dan kerusakan sel.

Susu almond tidak mengandung kolesterol seperti yang biasanya ada pada susu hewani. Susu almond rendah kalori kaya akan vitamin D dan kalsium untuk kesehatan tulang dan pembentukan energi. 

Susu Kedelai

Susu kedelai hampir sama populernya dengan susu sapi. Susu kedelai sering kali dijadikan alternatif susu bagi mereka yang memiliki intoleransi laktosa.

Susu kedelai kaya protein, serat pangan, karbohidrat, zat besi, vitamin B1, B2 dan vitamin C. Susu kedelai sangat baik sebagai susu pelancar ASI yang kaya vitamin dan dapat membantu menurunkan tekanan darah pada ibu menyusui. 

Susu Oat

Susu oat memiliki nutrisi yang hampir mirip dengan gandum utuh. Di antara nutrisi yang ada pada susu oat adalah vitamin B kompleks untuk menjaga kesehatan kulit hingga menjaga mood.

Ibu menyusui rentan mengalami perubahan mood karena masalah hormon yang belum stabil. Maka, susu oat adalah pilihan susu pelancar ASI yang sekaligus baik untuk menjaga suasana hati ibu menyusui agar terhindar dari stres.  

Susu Kacang Hijau 

Kacang hijau kaya akan manfaat untuk ibu dan bayi. Kandungan protein yang tinggi pada susu kacang hijau membantu meningkatkan jumlah produksi ASI.

Kandungan vitamin A, B kompleks, zat besi dan kalsium merupakan nutrisi yang dibutuhkan bayi agar tumbuh kembangnya optimal. Susu kacang hijau punya manfaat menjaga kesehatan pencernaan ibu menyusui dan menjaga kadar kolesterol stabil. 

Banner Kebutuhan Ibu dan Anak

Susu kambing

Susu kambing dinilai lebih kaya nutrisi dibanding susu sapi dan lebih rendah risiko alergi untuk ibu dan bayi. Nutrisi yang ada pada susu kambing di antaranya vitamin D, vitamin A, enzim lipase, kalsium, asam folat dan vitamin B12.

Semua nutrisi tersebut berguna untuk meningkatkan kualitas ASI dan menjaga daya tahan tubuh ibu dan bayi. 

Yogurt

Yogurt termasuk jenis susu yang diolah dengan teknik fermentasi. Yogurt kaya akan nutrisi dan rendah laktosa. Banyak manfaat yogurt untuk ibu menyusui.

Kandungan nutrisi utama dalam yogurt adalah bakteri baik lactobacilllus untuk menjaga kesehatan pencernaan. Ibu menyusui sebaiknya memilih jenis yogurt tawar atau yogurt greek yang nutrisinya lebih lengkap untuk susu pelancar ASI.

Sahabat sehat, itulah 5 jenis susu dari sumber hewani dan nabati yang cocok sebagai susu pelancar ASI. Kandungan nutrisi dan vitaminnya sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu menyusui dan menunjang tumbuh kembang bayi.

Sahabat sehat bisa menemukan berbagai pilihan susu pelancar ASI berkualitas dan kaya nutrisi di SESA.ID.