Home » Blog » 7 Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh untuk Ibu Menyusui agar Selalu Sehat

7 Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh untuk Ibu Menyusui agar Selalu Sehat

tips meningkatkan daya tahan tubuh untuk ibu menyusui

Kesehatan ibu menyusui harus dijaga dengan baik. Sebab, jika ibu menyusui sehat maka bayi pun sehat. Gangguan kesehatan ibu menyusui dapat mempengaruhi tumbuh kembang bayi. Kesehatan ibu menyusui faktor utama yang menentukan kualitas ASI untuk bayi. Apa saja tips meningkatkan daya tahan tubuh untuk ibu menyusui agar selalu sehat? Simak tips berikut ini, yuk! 

Pola Makan Teratur dengan Asupan Nutrisi Seimbang

Tips meningkatkan daya tahan tubuh untuk ibu menyusui yang pertama adalah mengatur pola makan teratur dengan asupan nutrisi seimbang.  Sebaiknya ibu menyusui tidak melakukan diet ketat untuk menurunkan berat badan karena hal ini bisa mempengaruhi kualitas dan jumlah produksi ASI. Ibu menyusui justru membutuhkan asupan makanan lebih banyak 500 kkal per hari daripada biasanya. 

Cermat Memilih Bahan Makanan Sehat

Ibu menyusui mudah lapar adalah hal yang wajar. Selama masa menyusui nutrisi ibu akan dibagi untuk bayi melalui ASI. Maka dari itu, penting untuk memilih bahan makanan sehat dan kaya gizi selama masa menyusui. Buah dan sayur sebagai sumber antioksidan dan vitamin sebaiknya lebih sering dikonsumsi rutin setiap hari. Vitamin dan antioksidan adalah zat penting dalam membentuk daya tahan tubuh. 

Olahraga Ringan untuk Ibu Menyusui

Tips meningkatkan daya tahan tubuh untuk ibu menyusui yang ketiga adalah berolahraga. Ibu menyusui butuh olahraga ringan seperti jalan kaki atau senam. Olahraga membantu melancarkan proses sirkulasi darah, melancarkan metabolisme dan penyerapan nutrisi dari makanan. Olahraga menjadi salah satu hal penting dalam menjaga daya tahan tubuh selama masa menyusui.  

Waktu Istirahat yang Cukup

Ibu menyusui perlu waktu istirahat yang cukup. Jam tidur ideal dalam sehari adalah 7-8 jam. Selama masa menyusui kemungkinan ibu akan lebih mudah terbangun malam hari karena harus merawat bayi, mengganti popok atau memberi susu. Untuk tetap memenuhi kebutuhan istirahat per hari ibu menyusui bisa melakukan tidur siang jam sehari. 

Hindari Pemicu Stres

Tips meningkatkan daya tahan tubuh untuk ibu menyusui yang tidak kalah penting yaitu menghindari pemicu stres. Ibu menyusui mudah mengalami perubahan mood karena ada perubahan akitivitas hormon dalam tubuh. Hal ini bisa menyebabkan ibu menyusui mudah stres. Mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan mood bisa menjadi alternatif. Pisang, oatmeal, cokelat hitam, yogurt bisa menjadi pilihan camilan sehat dan mood booster untuk ibu menyusui.  

Suplemen atau Vitamin Jika Perlu

Umumnya, kebutuhan suplemen dan vitamin bisa didapat dari pilihan bahan makanan yang kaya nutrisi. Namun, dalam kondisi khusus ibu hamil mungkin memerlukan asupan suplemen dan vitamin tertentu. Suplemen atau vitamin untuk ibu menyusui bisa diberikan jika memang dibutuhkan dan sebaiknya atas saran dokter. Contoh suplemen atau vitamin yang mungkin dibutuhkan ibu menyusui adalah suplemen kalsium, vitamin C atau ASI booster

Sahabat sehat, itulah tips meningkatkan daya tahan tubuh untuk ibu menyusui. Masa menyusui memang perlu perhatian lebih dalam mengatur pola hidup sehat. Terlebih lagi, jika ini adalah masa menyusui yang pertama kali. Kemungkinan Sabahat sehat masih perlu waktu untuk beradaptasi. 

Jangan ragu minta dukungan dari orang-orang tersayang yang ada di dekatmu, ya. Sahabat Sehat bisa memenuhi kebutuhan selama masa menyusui di SESA.ID! Belanja kebutuhan ibu hamil dan menyusui di Sesa lebih praktis dan hemat.

 

Referensi: Alodokter

Food photo created by senivpetro