fbpx
Skip to content
Home » Blog » Apa Saja Perbedaan Lemon Lokal dan Lemon California?

Apa Saja Perbedaan Lemon Lokal dan Lemon California?

Buah lemon menjadi salah satu jenis buah yang banyak peminatnya. Buah yang mempunyai rasa segar ini mengandung banyak sekali kandungan vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Ada berbagai macam buah lemon yang bisa Anda konsumsi yaitu lemon lokal dan lemon california.  Kedua jenis lemon ini sangat baik untuk dikonsumsi. Akan tetapi ada berbagai macam perbedaan lemon lokal dan lemon california. Mari simak di bawah ini.

Lemon Lokal 

Lemon lokal  merupakan sebuah jeruk yang  berasal dari lokal atau banyak ditanam di Indonesia. Lemon ini banyak dijumpai di pasar atau di toko-toko buah di Indonesia. Jeruk lemon lokal asli ditanam dan dibudidayakan oleh petani lokal Indonesia. Jeruk lemon lokal sangat mudah dilihat dari karakteristik fisiknya. Jeruk lokal mempunyai kulit yang berwarna hijau. Pada beberapa jenis lemon lokal mempunyai daging buah yang sangat  juicy. 

Perbedaan lemon lokal dan import  juga terlihat dari harganya. Harga jeruk lemon lokal per kg dibandrol dengan harga Rp. 10.000 hingga Rp. 17000 per kg.  Manfaat dari lemon lokal untuk kesehatan adalah sebagai berikut ini, yaitu :

  • Membantu dalam melancarkan proses pencernaan 
  • Menjaga kesehatan gigi, mulut dan gizi
  • Menambah kekebalan tubuh sehingga tidak akan mudah terserang gangguan penyakit
  • Membersihkan dan menjaga organ hati
  • Mengobati dan mencegah flu, batuk, pilek dan sakit tenggorokan
  • Mencegah gangguan batu ginjal
  • Menurunkan terjadinya resiko stroke dan menurunkan kolesterol tinggi di dalam darah
  • Mencegah terjadinya penyakit jantung koroner dan menjaga kesehatan jantung

Selain bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, lemon lokal ini juga banyak digunakan sebagai diet. Cara pembuatnya mudah yaitu dengan menyiapkan bahan-bahan untuk membuat air lemon yaitu dengan 2 sendok makan air perasan buah lemon, segelas air putih dan 2 sendok makan gula. Campurkan semua bahan tersebut dan minumlah tiap kali sahabat sehat merasa lapar. Batas konsumsinya adalah 6-12 kali sehari. Inilah yang menjadi faktor perbedaan jeruk lemon lokal dan import

Lemon California

Selain lemon lokal, lemon california menjadi salah satu jenis lemon yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Buah ini mempunyai rasa yang sedikit masam tapi sangat segar. Perbedaan lemon lokal dan lemon california ini bisa dilihat dari warna kulitnya yang cenderung lebih kuning dan daging buahnya yang sangat juicy. Inilah yang membuat semua orang menyukai jenis buah lemon  ini. Untuk masalah harga, lemon california mempunyai harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan lemon lokal. Di pasaran maupun di supermarket, harganya mencapai 40 ribuan / kilonya dengan berat perbutir mencapai 300 gram. 

Buah lemon california ini banyak mengandung kandungan vitamin C. Kandungan vitamin ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Ada beberapa manfaat dari lemon california sebagai berikut ini, yaitu :

  1. Lancarkan pencernaan secara alami

Manfaat buah lemon california adalah untuk membantu dalam melancarkan pencernaan. Carannya adalah dengan mengkonsumsi air perasan jeruk lemon dengan air panas. Air lemon hangat membantu meningkatkan gerakan peristaltik di perut yang akan mendorong untuk buang air besar secara teratur. 

  1. Rawat kesehatan kulit

Lemon california bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Sahabat sehat bisa menggunakan lemon ini untuk masker atau mengomsumsi air perasan lemon secara teratur bisa menjaga kesehatan kulit dari dalam. 

  1. Bantu meningkatkan kekebalan tubuh

Karena banyak terkandung kandungan vitamin C maka buah lemon ini sangat membantu dalam menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh. Hal ini karena lemon akan memberikan nutrisi yang cukup untuk tubuh agar bisa terhindar dari berbagai serangan bakteri dan virus

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan jika perbedaan lemon lokal dan california tidak begitu jauh. Kedua jenis lemon ini mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan. Jika sahabat sehat  berminat untuk konsumsi lemon california terbaik, sahabat sehat  bisa berbelanja di SESA.ID. Toko ini menyediakan lemon california dan lokal yang sangat berkualitas dan segar tentunya. 

Referensi: Tanaman

Gambar oleh Seksak Kerdkanno dari Pixabay