Home » Blog » Hindari Peningkatan Kadar Gula Darah dengan 5 Pengganti Gula Pasir Ini

Hindari Peningkatan Kadar Gula Darah dengan 5 Pengganti Gula Pasir Ini

pengganti gula pasir

Rata – rata hampir sebagian besar masyarakat Indonesia lebih menyukai aneka makanan dan minuman bercita rasa manis untuk dikonsumsi sehari – hari. Akan tetapi, mengonsumsi gula dengan jumlah yang tidak dianjurkan justru akan berakibat fatal pada meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Sahabat Sehat perlu untuk mencari alternatif lain pengganti gula pasir pada makanan dan minuman.

Mengapa gula pasir harus diganti dengan pemanis alami?

Seringnya orang – orang mengonsumsi makanan dan minuman manis dengan jumlah yang berlebihan, justru akan sangat berdampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Salah satu dampak negatif yang umum dialami orang – orang tanpa disadari yakni penyakit diabetes melitus yang bisa menyerang semua kalangan. Bahkan, hal ini akan berakibat pada komplikasi tertentu jika tidak diatasi atau dihindari dengan baik sejak dini.  

Oleh karena itu, sangat penting bagi Sahabat Sehat mencari alternatif pengganti gula pasir untuk kue maupun makanan hingga minuman lainnya. Sebagai contoh seperti menggunakan pemanis alami stevia yang terbukti sebagai pengganti gula pasir yang aman untuk kesehatan.

Dibandingkan menggunakan suntik insulin yang tak jarang membuat kompilasi, stevia mampu dijadikan pengganti gula yang aman bagi penderita diabetes melitus.

Apa saja alternatif pengganti gula pasir yang aman bagi kesehatan

Di zaman seperti sekarang ini, banyak sekali produk pemanis alami di pasaran yang menawarkan berbagai khasiat efektif bagi kesehatan tubuh. Dengan berbagai jenis produk, harga dan khasiat yang ditawarkan, Sahabat Sehat tentu penasaran mengenai alternatif pengganti gula pasir tersebut, bukan?

Nah, di bawah ini ada beberapa pilihan alternatif yang bisa dicoba untuk campuran bahan makanan maupun minuman yang terbukti aman.

1. Madu

Penggunaan madu sering kali dijadikan sebagai pengganti gula pasir untuk diet yang terbukti efektif menurunkan berat badan. Dengan kandungan fruktosa yang ada di dalamnya, madu umumnya dijadikan sebagai campuran bahan makanan dan minuman yang menyehatkan. Bahkan, kadar manis yang dihasilkannya pun terbilang lebih rendah jika dibandingkan dengan penggunaan gula pasir. 

2. Sirup maple

Berasal dari ekstrak getah pohon maple, pemanis alami ini memiliki kandungan nutrisi seperti zinc, magnesium dan zat besi yang baik bagi tubuh. Meskipun rata – rata sirup maple ini diproduksi di negara 4 musim, namun Sahabat Sehat kini dapat membelinya di Indonesia. Dengan rasa manis alami, sirup ini bisa dijadikan pilihan alternatif pengganti gula pasir untuk makanan maupun minuman. 

3. Stevia

Diproduksi dari ekstrak daun stevia, pemanis alami rendah kalori ini memiliki rasa yang sedikit berbeda dari gula pasir. Akan tetapi, stevia dapat dijadikan sebagai pilihan alternatif pengganti gula untuk campuran bahan makanan dan minuman yang menyehatkan bagi tubuh. Bahkan, stevia juga bisa dijadikan alternatif pilihan pengganti gula untuk penderita diabetes melitus.

4. Tagatose

Dengan kandungan fruktosa 90 % lebih manis dari sukrosa, tagatose memiliki kadar kalori rendah dan efektif membantu menurunkan berat badan. Dalam program diet, tagatose ini cocok dijadikan pengganti gula pasir untuk kopi maupun minuman – minuman lainnya. Meski demikian, harga yang ditawarkan dari tagatose ini terbilang cukup mahal. 

5. Sirup jagung

Berwujud cair seperti sirup, pemanis alami ini terbuat dari bahan utama tepung jagung. Banyak sekali produk makanan olahan dan minuman kemasan yang menggunakan sirup jagung karena tinggi akan fruktosa. Meski demikian, penggunaan sirup jagung ini lebih efektif dalam mengubah glukosa menjadi fruktosa dengan bantuan enzim.

Referensi : Detik News

Photo by Daria Shevtsova from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatSekarang. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.