Home » Blog » Wajib Dicoba 5 Pengganti Gula Untuk Penderita Diabetes Tanpa Efek Samping

Wajib Dicoba 5 Pengganti Gula Untuk Penderita Diabetes Tanpa Efek Samping

pengganti gula untuk diabetes

Sering mengonsumsi asupan gula dalam makanan maupun minuman dalam tubuh, dapat mengakibatkan penyakit diabetes melitus bagi orang – orang usia dini. Padahal, hal ini akan berdampak pada kesehatan nantinya jika tidak diatasi dengan baik dengan mencari pengganti gula untuk penderita diabetes. Oleh karena itu, Sahabat Sehat perlu untuk mencari berbagai pilihan alternatif lain pengganti asupan gula yang aman bagi kesehatan tubuh.

Alasan mengapa penderita diabetes perlu mengganti gula 

Mengingat penyakit ini disebabkan oleh meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh, maka perlu mencari pengganti gula untuk penderita diabetes. Selain itu, pola makanan yang sehat juga sangat penting untuk diperhatikan agar kesehatan tidak terganggu dan bertambah parah ke depannya. 

Berbicara pengganti gula yang aman dikonsumsi para penderita diabetes, banyak orang yang memilih madu dan gula aren sebagai pilihan alternatif. Namun, hal ini kurang efektif lantaran belakangan ini banyak sekali pemanis alami yang terbilang lebih alami untuk dikonsumsi para penderita. 

Apa saja pengganti gula yang aman bagi penderita diabetes?

Tahukah Sahabat Sehat, salah satu pengganti gula untuk penderita diabetes adalah daun Stevia dengan kandungan bahan pemanis alami yang aman. Dengan kandungan bahan – bahan alami di dalamnya, Stevia ini bisa menjadi pengganti asupan gula yang efektif tanpa menimbulkan efek samping. Hal ini bahkan menjadi salah satu pilihan alternatif dibandingkan harus menggunakan suntik insulin yang tak jarang menimbulkan komplikasi pada tubuh. 

Untuk lebih jelasnya mengenai Stevia pengganti gula ini, Sahabat Sehat bisa menyimak informasi lengkapnya di bawah ini. Bahkan, ada beberapa rekomendasi pilihan pengganti gula yang cocok bagi penderita diabetes melitus.

Sukralosa

Banyak sekali penderita diabetes yang mempercayakan sukralosa sebagai bahan pemanis alami rendah kalori yang aman untuk dikonsumsi. Dengan harganya yang relatif terjangkau dan mudah diproduksi, sukralosa ini cocok dijadikan sebagai bahan pemanis pada makanan dan minuman. 

Stevia

Sering dikenal sebagai pemanis alami tak berkalori, stevia umumnya berasal dari ekstrak daun yang dijadikan bahan memasak dan membuat kue. Hingga sejauh ini, stevia terbukti efektif dalam menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah dalam tubuh. Sehingga, hal ini sangat aman jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama tanpa menyebabkan efek samping.

Sakarin 

Penggunaan sakarin ini kebanyakan digunakan sebagai bahan pemanis makanan pada kemasan maupun makanan siap saji. Meskipun sebelumnya sakarin dikatakan sebagai pemanis pemicu kanker, namun klaim tersebut kini dipatahkan oleh pihak Food and Drug Assocoation (FDA). Dimana, sakarin kini dinyatakan sebagai zat aditif pengganti gula untuk penderita diabetes yang aman untuk dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping.

Aspartam

Dengan rasa manis yang dihasilkan 200 kali lebih manis dari gula biasa, penggunaan aspartam tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Bagi penderita diabetes melitus, ada baiknya mengonsumsi pemanis aspartam dengan kadar yang telah dianjurkan agar tidak menganggu kondisi kesehatan. Seperti misalnya dengan penggunaan jumlah aspartam dengan kisaran 50 miligram per kilogram berat badan seseorang.

Asesulfam kalium

Sering kali penderita diabetes menggunakan asesulfam kalium untuk dijadikan sebagai pengganti gula biasa dalam campuran makanan dan minuman kemasan. Dianjurkan bagi penderita diabetes melitus untuk tidak mengonsumsi asesulfam kalium dengan kadar lebih dari 15 miligram per kilogram berat badan. Hal ini dilakukan untuk mencegah meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh secara berlebihan yang mengganggu kesehatan. 

Itulah beberapa pengganti gula untuk penderita diabetes yang wajib dicoba tanpa menimbulkan efek samping pada kesehatan.

Referensi : Hellodokter, Klikdokter
Photo by Mareefe from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatSekarang. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.