fbpx
Skip to content
Home » Blog » 4 Rekomendasi Pemanis Alami Pengganti Gula Untuk Program Diet Sehat

4 Rekomendasi Pemanis Alami Pengganti Gula Untuk Program Diet Sehat

pengganti gula untuk diet

pengganti gula untuk diet – Menjalani program diet sehat, tentu menjadi salah satu hal yang penting bagi orang – orang yang menginginkan berat badan ideal, bukan? Dalam menjalankan program diet ini, seseorang perlu untuk mengatur pola makanan yang sehat terutama dalam memilih pengganti gula untuk diet.

Bagi Sahabat Sehat yang penasaran mengenai rekomendasi asupan pemanis alami yang baik dikonsumsi untuk diet, bisa menyimak informasi sebagai berikut.

Bagaimana cara meminimalisir konsumsi asupan gula dalam program diet sehat?

Sebelum mengetahui rekomendasi pengganti gula untuk diet, ada baiknya Sahabat Sehat mengetahui cara meminimalisir asupan gula dalam tubuh berikut ini. 

  • Lebih dulu membaca keterangan pada label makanan

Kebanyakan orang yang mengonsumsi makanan tertentu sering tidak sadar untuk memperhatikan kandungan gula yang terdapat pada label makanan tersebut. Padahal hal ini sangat penting untuk diperhatikan bagi orang – orang untuk mengetahui kadar asupan gula yang ada dalam makanan tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya bagi Sahabat Sehat yang menjalani program diet untuk membaca keterangan asupan gula dalam makanan tersebut. 

Sebagai pengganti gula yang memiliki kandungan kalori tinggi, Anda bisa menggunakan pemanis non kalori. Seperti misalnya menggunakan campuran bahan makanan yogurt, oatmeal tanpa gula dan pemanis non kalori untuk menu program diet harian.

  • Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi buah – buahan dan sayuran

Agar program diet berhasil dijalankan, maka ada baiknya seseorang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin dari buah – buahan dan sayuran. Hal ini menjadi salah satu cara paling efektif untuk menerapkan pola hidup sehat agar proses menurunkan berat badan berhasil dilakukan.

Pilihan terbaik pengganti gula untuk diet sehat yang aman

Tidak hanya mengurangi asupan karbohidrat dalam tubuh, Sahabat Sehat yang sedang menjalankan program diet juga wajib untuk mengurangi asupan gula. Namun, asupan gula ini bisa diganti dengan pilihan terbaik pengganti gula yang aman bagi kesehatan. Di bawah ini ada beberapa pilihan pengganti gula yang cocok untuk membantu program diet di rumah.

  • Stevia

Dalam menjalankan program diet sehat, ada baiknya Anda mengonsumsi pemanis alami bernama Stevia. Dengan kandungan kalori yang rendah, asupan gula ini cocok untuk mengatasi masalah gula untuk diabetes. Jika dibandingkan suntik insulin yang banyak digunakan orang – orang namun tak jarang membuat komplikasi, Stevia menjadi pilihan tepat pengganti gula.

  • Erythritol

Dengan kandungan pemanis alami 80% dan kalori sebesar 5%, erythritol menjadi pilihan pemanis alami yang aman untuk asupan program diet. Meski demikian, Sahabat Sehat perlu untuk memperhatikan jika pengganti gula ini tidak tercampur dengan pemanis buatan lainnya. 

  • Xylitol

Tahukah Anda bahwa pemanis alami ini sering kali menjadi salah satu bahan utama dalam pembuatan produk permen karet bebas gula. Dengan rasanya yang hampir mirip seperti gula biasa, xylitol ini bisa dijadikan pemanis untuk program diet. Seperti misalnya ketika Anda ingin membuat teh, kopi atau jus.

  • Pemanis buah biksu (Lo Han Kuo)

Merupakan buah Tiongkok yang digemari oleh para biksu di wilayah tersebut. Banyak sekali orang – orang yang menggunakan pemanis buah biksu ini untuk dijadikan asupan dalam program diet yang aman untuk kesehatan. Dengan kandungan pemanis yang kaya akan antioksidan, Lo Han Kuo ini cocok sebagai pengganti gula untuk diet yang terbukti efektif.

Sumber referensi : Detik, Hellosehat
Photo by mali maeder from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.