Home » Blog » 6 Faktor Penyebab Lemahnya Sistem Kekebalan Tubuh

6 Faktor Penyebab Lemahnya Sistem Kekebalan Tubuh

penyebab lemahnya sistem kekebalan tubuh

penyebab lemahnya sistem kekebalan tubuh – Sebenarnya ada banyak sekali faktor – faktor yang menjadi penyebab lemahnya sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu untuk menghindari hal tersebut, sahabat sehat harus mengetahui apa saja faktor utama yang dapat menyebabkan daya tahan tubuh sahabat sehat menjadi lemah.

Nah berikut ini adalah beberapa faktor utama menurunya sistem kekebalan tubuh yang sering dialami oleh generasi muda zaman sekarang. 

Kurang berolahraga

Faktor pertama yang biasanya dialami oleh generasi zaman sekarang adalah kurangnya berolahraga. Hal ini tentunya disebabkan oleh semakin canggihnya teknologi yang membuat kita menjadi semakin malas bergerak dan berolahraga.

Contohnya nyatanya adalah sekarang untuk membeli minuman kita hanya perlu order melalui aplikasi tanpa harus berjalan keluar rumah. Maka dari itu untuk menjaga daya tahan tubuh tetap baik, sahabat sehat harus menyempatkan waktu setiap hari untuk rutin berolahraga. 

Kurang tidur dan terlalu banyak begadang

Faktor selanjutnya yang menjadi penyebab lemahnya sistem kekebalan tubuh adalah kurangnya tidur malam. Hal ini pastinya akan sering dialami oleh anak – anak muda zaman sekarang. Karena biasanya mereka akan bermain smartphone hingga tengah malam.

Nah hal ini juga harus mulai dikurangi, karena istirahat atau tidur di malam hari dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita dengan baik. Selain itu terlalu sering begadang atau tidur malam juga akan merusak pola istirahat sahabat sehat.

Tingkat stres yang tinggi 

Faktor berikutnya yang juga menjadi banyak penyebab lemahnya daya tahan tubuh adalah tingkat stres yang tinggi. Nah tingkat stres yang tinggi ini sering terjadi ketika kita memiliki banyak pekerjaan, masalah dan juga tekanan dari berbagai pihak. Maka dari itu untuk mengurangi tingkat stres ini, sahabat sehat bisa mencoba untuk berlatih mengelola stres dengan cara bermeditasi atau melakukan yoga. 

Mengkonsumsi zat yang berbahaya bagi tubuh 

Faktor keempat yang juga akan mempengaruhi tingkat daya tahan tubuh sahabat sehat adalah mengkonsumsi zat yang berbahaya bagi tubuh seperti rokok dan juga alkohol.

Karena zat – zat tersebut akan merusak tubuh dan juga sekaligus membuat daya tahan tubuh sahabat sehat menurun. Maka dari itu bagi sahabat sehat yang sudah terbiasa mengkonsumsi zat – zat yang berbahaya bagi tubuh sebaiknya mulai untuk mengurangi, agar tubuh sahabat sehat tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. 

Pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur 

Faktor berikutnya yang juga dapat menjadi penyebab lemahnya daya tahan tubuh sahabat sehat adalah pola makan yang tidak sehat dan berantakan. Pola makan yang sehat dan teratur ini sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh sahabat sehat.

Maka dari itu bagi sahabat sehat yang sering telat makan dan banyak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, mulai sekarang sahabat sehat harus berusaha untuk merubah pola makanan menjadi lebih baik lagi. Karena makanan adalah salah satu sumber nutrisi tubuh sehingga sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh sahabat sehat. 

Jarang tertawa 

Faktor terakhir yang juga dapat mempengaruhi daya tahan tubuh adalah jarang tertawa. Karena ternyata tertawa bisa sangat efektif mengurangi stres dan meningkatkan imunitas tubuh sahabat sehat. 

Nah itulah tadi beberapa faktor – faktor utama penyebab lemahnya sistem kekebalan tubuh. Semoga dengan artikel diatas dapat membuat sahabat sehat lebih menjaga pola hidup agar memiliki daya tahan tubuh yang kuat. 

Referensi : Hellosehat
Photo by cottonbro from Pexels