Home » Blog » Fakta Unik Tentang Perbedaan Telur Biasa dan Telur Omega

Fakta Unik Tentang Perbedaan Telur Biasa dan Telur Omega

perbedaan telur omega dengan telur biasa

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang cukup banyak digemari di tengah kalangan masyarakat karena kemudahannya dalam pengolahan, didapatkan, serta harga yang cukup terjangkau.

Telur ini bisa dibuat menjadi berbagai menu makanan yang lezat dan juga nikmat untuk disantap kapan saja dan di mana saja. Apakah Sahabat Sehat mengetahui bahwa terdapat jenis telur omega yang memiliki banyak manfaat dan juga banyak dicari?

Bagi Sahabat Sehat yang mungkin masih awam dengan berbagai jenis telur yang ada, mungkin belum mengetahui apa saja perbedaan telur omega dengan telur biasa. Perbedaan ini terletak pada bagian perawatan atas induk ayam yang menghasilkan telur yang biasanya diberikan perawatan secara khusus. Telur satu ini memiliki segudang manfaat yang dapat memberikan kondisi tubuh yang fit dan juga sehat.

Berbagai Manfaat yang Dimiliki Telur Omega Dibanding Telur Biasa 

Seperti pada perbedaan yang terletak pada bagian namanya, perbedaan telur omega dengan telur biasa yaitu berada pada kandungan yang ada di dalamnya. Pada telur jenis biasa, ia mengandung kandungan omega sebesar 1,3 persen sementara pada telur omega sebanyak hingga 6 persen.

Pada telur omega juga memiliki kandungan untuk asam lemak jenuh yang paling rendah jika dibandingkan dengan jenis telur biasa pada umumnya.

Pada telur omega juga memiliki  kandungan ALA dan DHA yang terbilang banyak dibandingkan dengan telur biasa. Kandungan ini dapat memberikan manfaat yang cukup besar pada kesehatan yang dimiliki oleh tubuh yang berhubungan dengan kondisi kekebalan tubuh. Selain itu, telur omega ini juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mata.

Perbedaan dalam Karakteristik yang Dimiliki Oleh Telur Omega dan Telur Biasa

Untuk mencari perbedaan telur omega dengan telur biasa, dapat dilihat dari warna kuning telur yang dimilikinya yaitu cenderung lebih pekat dibandingkan dengan pada telur biasa. Selain itu, kuningnya juga tidak mudah untuk pecah atau hancur karena telur omega memiliki kandungan beta karoten yang cukup tinggi dibandingkan telur biasa.

Kondisi cangkang pada telur omega juga lebih kuat daripada cangkang yang dimiliki telur biasa sehingga dapat dijamin ia memiliki kandungan nutrisi yang lebih terjaga.

Perbedaan dalam Perawatan Ayam Penghasil Telur Omega dengan Telur Biasa

Salah satu adanya perbedaan telur omega dengan telur biasa yang cukup signifikan yaitu terletak pada cara perawatan yang dilakukan terhadap ayam petelur omega dengan ayam petelur biasa.

Pada ayam petelur omega, makanan yang diberikan hanya bersifat organik dan bebas dari berbagai antibiotik serta ayam juga harus tinggal pada sebuah kandang yang luas dan dapat bebas untuk bergerak. Sementara pada ayam petelur biasa, mereka tinggal pada kandang yang relatif lebih sempit dibandingkan dengan tempat tinggal dari ayam petelur omega.

Cara peternakan yang dilakukan juga memberikan dampak pada perbedaan telur omega dengan telur biasa yang berkaitan dengan kualitas dan juga harga telur yang dipatok di pasaran.

Harga telur dari ayam omega dapat mencapai hingga Rp 25.000,00 untuk setiap butirnya. Sedangkan harga telur ayam biasa sendiri hanya berkisar Rp 20.000,00 untuk setiap kilogram.

Setelah mengetahui perbedaan telur omega dengan telur biasa di atas, apakah Sahabat Sehat tertarik untuk mencobanya? Selalu masak telur dengan cara yang tepat agar nutrisinya tetap terjaga dengan baik dan terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerang. Hal ini juga agar menjaga kesehatan Sahabat Sehat juga.

Sumber: Halodoc

Photo by Djaheda Richers from Pexels