Home » Blog » Rambut Rontok Kekurangan Vitamin Apa? Cek Penyebab dan 5 Cara Mengatasinya

Rambut Rontok Kekurangan Vitamin Apa? Cek Penyebab dan 5 Cara Mengatasinya

Apa akhir-akhir ini Sahabat Sehat sering mengalami rambut rontok walau sudah keramas dengan sampo terbaik? Selain sampo, kurangnya asupan nutrisi seperti vitamin dapat menyebabkan masalah tersebut. Lantas, rambut rontok kekurangan vitamin apa sebenarnya? Seperti apa langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan buat mengatasinya?

Dari sekian vitamin yang berperan dalam menjaga kesehatan dan kekuatan rambut, vitamin D termasuk yang mempunyai fungsi penting di dalamnya. Berikut adalah penjelasan lengkap seputar vitamin D dan kaitannya terhadap risiko rambut rontok.

Rambut rontok kekurangan vitamin apa? Vitamin D

Dalam membahas rambut rontok kekurangan vitamin apa, Sahabat Sehat tentu harus mengetahui peran vitamin D untuk rambut. Ketika diaplikasikan atau dikonsumsi, vitamin D akan merangsang folikel rambut untuk tumbuh dengan kuat. Oleh karena itu, saat Sahabat Sehat mengalami defisiensi atau kekurangan vitamin D, rambut cenderung mudah rontok.

DAPATKAN VITAMIN D3 DI SESA.ID

Folikel rambut merupakan pori-pori kecil tempat rambut baru akan tumbuh. Saat muncul, folikel baru akan membantu Sahabat Sehat mempertahankan ketebalan rambut atau rambut jatuh sebelum waktunya.

Mengetahui penyebab rambut rontok kekurangan vitamin apa pun membantu Sahabat Sehat memilih sumber vitamin D yang bagus buat dikonsumsi.

Dalam kondisi lebih parah, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan alopecia areata, kondisi autoimun yang memicu kerontokan rambut secara merata.

NOW Vitamin D3 2000 IU

NOW Vitamin D3 2000 IU

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa penderita alopecia areata mempunyai tingkat vitamin lebih rendah dan perempuan menjadi kelompok yang rentan mengalami kondisi tersebut.

Rambut rontok sendiri merupakan salah satu gejala kekurangan vitamin D. Ada gejala-gejala lain yang sebaiknya Sahabat Sehat waspadai, di antaranya:

  • Perubahan suasana hati atau mood swing;
  • Melambatnya penyembuhan luka;
  • Hilangnya kepadatan tulang;
  • Tekanan darah tinggi;
  • Mudah kelelahan;
  • Otot yang melemah;
  • Turunnya daya tahan tubuh;
  • Tidak subur (infertilitas);
  • Sakit kronis.

Penyebab kekurangan vitamin D juga beragam. Dari segi kondisi kesehatan, Sahabat Sehat yang menderita penyakit Celiac atau penyakit Chron cenderung mengalami gangguan tersebut, sebab tubuh kesulitan menyerap nutrisi.

BACA JUGA: 16 Akibat Kekurangan Vitamin E Dan Jumlah yang Dibutuhkan Tubuh

Konsumsi obat-obatan seperti anti-jamur, obat untuk penderita HIV, glukokortikoid, dan anti-kejang secara tak langsung berhubungan dengan pemicu rambut rontok kekurangan vitamin apa.

Sumber alami untuk atasi rambut rontok kekurangan vitamin apa

Berjemur di bawah sinar matahari menjadi salah satu solusi yang dilakukan kebanyakan orang untuk memenuhi asupan vitamin D. Namun, untuk menangani rambut rontok kekurangan vitamin apa, ada baiknya Sahabat Sehat memikirkannya terlebih dulu. Pasalnya, paparan sinar matahari malah dapat memperparah kerontokan, terutama saat rambut tak menerima proteksi memadai.

Menurut WHO, Sahabat Sehat hanya perlu terpapar sinar matahari selama 5-15 menit untuk 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan asupan vitamin D yang diperlukan. Itu pun tanpa menggunakan tabir surya atau sunscreen. Sementara lebih dari itu, Sahabat Sehat malah berisiko menderita sunburn, heat stroke, sampai kanker kulit (melanoma).

Kemudian, untuk mendapatkan vitamin D mencukupi dari sinar matahari, para ahli menyarankan untuk berjemur antara pukul 10 pagi sampai 2 siang. Waktu ini dianggap aman buat berjemur tanpa terpapar radiasi sinar ultraviolet. Sahabat Sehat juga tak perlu mencemaskan risiko rambut rontok kekuragan vitamin apa secara berlebih.

Sementara dari bahan alami, Sahabat Sehat dapat mengonsumsi sumber-sumber vitamin D berikut:

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti sarden, salmon, dan tuna menyimpan vitamin D yang melimpah. Pada salmon dengan penyajian 100 gram terdapat 988 SI vitamin D, sedangkan sarden mengandung 177 SI yang dapat memenuhi 22% dari total asupan vitamin D harian. Konsumsi ikan berlemak yang rutin membantu mengatasi rambut rontok kekurangan vitamin apa.

2. Minyak ikan

Kalau Sahabat Sehat kurang menyukai ikan, maka minyak ikan dapat membantu memenuhi asupan vitamin D. dalam hal ini, ikan kod adalah salah satu sumber minyak terbaik yang sering dikonsumsi, bahkan sering diberikan kepada anak-anak untuk menunjang tumbuh kembangnya. Dalam satu sendok teh minyak ikan kod, kandungan vitamin D-nya mencapai 448 SI.

3. Kuning telur

Kuning telur sudah sering dimanfaatkan untuk menangani rambut rontok. Sumber alami protein ini mempunyai kandungan vitamin D yang cukup tinggi, yakni 37 SI atau 5% dari kebutuhan harian. Akan tetapi, kadar vitamin dalam kuning telur bisa saja lebih tinggi, sekitar 3-4 kali lebih banyak, kalau ayam penghasil telurnya sering berkeliaran di bawah sinar matahari.

4. Jamur

Tahukah Sahabat Sehat kalau jamur merupakan satu-satunya sayuran yang mampu menghasilkan vitamin D? Hal ini disebabkan jamur mempunyai pro-vitamin bernama ergosterol yang membantu proses sintesis vitamin D2 selama terkena paparan sinar matahari. Sayangnya, kandungan tersebut tak akan Sahabat Sehat jumpai pada jamur yang dibudidayakan dalam ruangan.

5. Hati sapi

Sumber vitamin D berikutnya yang dapat menjadi solusi rambut rontok kekurangan vitamin apa adalah hati sapi. Dalam penyajian 3,5 ons hati sapi setidaknya ada kurang lebih 50 SI vitamin D.

Jumlahnya memang tak sebanyak ikan berlemak, tetapi kaya akan vitamin D3. Namun, Sahabat Sehat tak boleh mengonsumsinya terlalu banyak karena kadar kolesterolnya cukup tinggi.

Sudah paham dengan penyebab rambut rontok kekurangan vitamin apa? Untuk mendapatkan sumber-sumber vitamin yang disebutkan di atas, Sahabat Sehat dapat memesannya secara online di Sesa.id. Tak hanya menyediakan bahan baku makanan sehat, harganya juga bersahabat di dompet.

Supaya lebih mudah melakukan pemesanan di Sesa.id, silakan download aplikasi mereka di Play Store maupun App Store.

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/sumber-vitamin-d/

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/rambut-rontok-kekurangan-vitamin-d/