fbpx
Skip to content
Home » Blog » Apa itu PMT Ibu Hamil? dan 4 Asupan yang Harus Ada dalam PMT Ibu Hamil

Apa itu PMT Ibu Hamil? dan 4 Asupan yang Harus Ada dalam PMT Ibu Hamil

apa itu pmt ibu hamil

Apa itu PMT ibu hamil? Ini merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan kesehatan ibu hamil agar asupan gizinya tercukupi sehingga kesehatan ibu dan janin terjaga dengan baik.

PMT merupakan singkatan dari Pemberian Makanan Tambahan, artinya pemberian berbagai jenis makanan untuk wanita hamil yang bermanfaat bagi kesehatan ibu maupun janin dalam kandungan.

Pada masa kehamilan wanita memang membutuhkan tambahan nutrisi, karena bukan hanya dirinya sendiri yang diberi makan, tapi juga janin dalam kandungannya. Namun, tidak boleh asal makan.

Justru harus memerhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Ketika kurang asupan atau nutrisi, di sinilah perlu diberikan PMT agar kebutuhan nutrisi tersebut terpenuhi. PMT merupakan jenis makanan yang mengandung nutrisi penting, seperti protein.

DAPATKAN ASUPAN NUTRISI TINGGI DI SESA.ID

4 Asupan yang Harus Ada dalam PMT Ibu Hamil

Pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil menjadi salah satu perhatian Pemerintah. Di Posyandu biasanya akan diberikan PMT bagi para wanita hamil, terutama yang asupan nutrisinya kurang terpenuhi.

Pemberian PMT juga tidak boleh sembarangan, karena harus memberikan jenis asupan sesuai kebutuhan pada masa kehamilan. Lalu apa saja makanan tambahan yang direkomendasikan? Cek informasi berikut ini:

  1. Protein

Apa itu PMT ibu hamil? Yaitu makanan dengan kandungan nutrisi yang tepat untuk masa kehamilan, sebagai contoh kaya protein. Sebab protein sangat dibutuhkan untuk perkembangan jaringan dan organ tubuh bayi.

Jika kekurangan protein, maka pertumbuhan janin tidak akan optimal sehingga bisa menyebabkan catat fisik. Selain itu, protein juga membantu pertumbuhan jaringan rahim dan payudara.

Pada masa kehamilan, sebaiknya Sahabat Sehat mengonsumsi 70-100 gram protein setiap harinya. Jenis protein yang baik adalah:

  • Daging rendah lemak.
  • Selai kacang.
  • Cottage cheese

Australia Wagyu Shabu Shabu

Australia Wagyu Shabu Shabu

BACA JUGA:

  1. Kalsium

Sahabat Sehat yang tengah berbadan dua, memang perlu tahu apa itu PMT ibu hamil karena dengan mengetahui hal ini dapat memberikan asupan cukup bagi diri sendiri. Salah satu kandungan yang harus ada dalam PMT adalah kalsium.

Jika protein akan membantu tumbuh kembang jaringan dan organ bayi, maka kalsium memiliki manfaat untuk pembentukan tulang janin sekaligus mengatur kadar cairan dalam tubuh.

Konsumsi minimal kalsium setiap hari adalah 1.000 miligram, bisa dalam bentuk suplemen maupun didapatkan dari makanan sumber kalsium berikut ini:

  • Ikan rendah merkuri.
  • Sayuran hijau.

Salmon Premium Fillet Fresh

Salmon Premium Fillet Fresh

Apabila jumlah kebutuhan kalsium tidak terpenuhi lewat makanan, maka bisa mengonsumsi suplemen sebagai tambahan. Contohnya suplemen 500 miligram yang dikonsumsi 2 kali sehari atau sesuai kebutuhan.

  1. Asam Folat

Apa itu PMT ibu hamil? Yaitu makanan yang mengandung asam folat di dalamnya. Patut Sahabat Sehat ketahui bahwa asam folat merupakan makanan tambahan wanita hamil yang sangat penting bagi janin.

Karena kekurangan asam folat dapat menyebabkan risiko cacat tabung saraf. Kekurangan asam folat dapat membuat bayi menderita cacat bawaan yang mengenai otak juga sumsum tulang bayi.

Oleh sebab itu, wanita hamil direkomendasikan mengonsumsi 600 hingga 800 miligram asam folat setiap harinya. Nutrisi ini bisa didapatkan dari:

  • Hati ayam maupun sapi.
  • Kacang-kacangan.
  • Kacang dan selai kacang.
  • Sayuran hijau.

Kailan Organik

Kailan Organik

Kekurangan asam folat merupakan salah satu masalah yang sangat sering dialami oleh ibu hamil. Oleh sebab itu, biasanya dokter akan merekomendasikan untuk menambah asupannya dengan menggunakan suplemen.

Suplemen berisi 300 hingga 500 miligram asam folat ini harus dikonsumsi 1-2 kali sehari. Dosisnya disesuaikan dengan kondisi ibu, bisa dikonsumsi satu kali atau dua kali setiap harinya.

  1. Zat Besi

Apa itu PMT ibu hamil? Yaitu makanan yang mengandung zat besi. Banyak kasus ibu hamil kekurangan zat besi di Indonesia sehingga mengakibatkan cepat lelah, tidak bertenaga, dan lemas.

Pemberian zat besi sering dilakukan, terutama usia kehamilan awal dan trimester kedua. Sebab di masa-masa ini merupakan masa yang rentan. Kekurangan zat besi juga sering diistilahkan dengan kurang darah.

Oleh sebab itu, diberikan pil tambah darah (berisi zat besi) untuk menyeimbangkan kandungan zat besi dalam darah. Pada masa kehamilan, setidaknya harus mengonsumsi sebanyak 27 miligram zat besi setiap hari.

Jika mengonsumsi kurang dari angka tersebut, maka Sahabat Sehat bisa kekurangan asupan oksigen sehingga menyebabkan lemas dan lesu. Agar memaksimalkan penyepan zat besi juga dibutuhkan asupan vitamin C yang cukup.

Apa itu PMT ibu hamil yang mengandung zat besi? Sahabat Sehat bisa mengonsumsi makanan berikut:

  • Sayuran berdaun hijau.
  • Buah-buahan citrus.
  • Daging ayam dan unggas.
  • Daging sapi.

Selain mengonsumsi makanan tersebut, dalam kasus ibu hamil kekurangan zat besi akan diberikan suplemen tambahan. Berupa pil atau kapsul yang dikonsumsi sekali sehari.

Agar kesehatan ibu dan janin terjaga dengan baik, pemeriksaan berkala harus selalu dilakukan. Sahabat Sehat bisa datang ke dokter kandungan atau memeriksakan diri di Posyandu.

Selain pemeriksaan kesehatan, Posyandu juga membagikan PMT kepada para ibu hamil seperti suplemen protein, asam folat, kalsium, maupun zat besi. Suplemen dan PMT diberikan sesuai dengan keadaan masing-masing ibu hamil.

Jadi, apa itu PMT ibu hamil, yaitu pemberian makanan tambahan pada ibu hamil untuk memastikan kesehatan ibu dan janin dalam kandungannya.

  1. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20170615/4721406/cara-pemberian-makanan-tambahan-PMT-ibu-hamil-balita-dan-anak-sekolah/
  2. https://www.sehatq.com/artikel/makanan-tambahan-ibu-hamil
Tags: