Home » Blog » Resep Steak Tuna Crispy yang Enak dan Membuat Tubuh Kuat

Resep Steak Tuna Crispy yang Enak dan Membuat Tubuh Kuat

resep steak tuna crispy

Sahabat sehat, menu ikan merupakan menu yang sangat dianjurkan karena sehat. Selain itu rasanya juga enak dan cara memasaknya pun mudah. Tak perlu ribet, seperti resep steak tuna crispy yang berikut ini. Sahabat sehat bisa segera untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Bahan-bahan

Bahan utama yang diperlukan tentu saja adalah ikan tuna, sahabat Sehat. Bisa pilih fillet tuna frozen yang praktis, tinggal potong serta iris, dan dapatkan tuna berkualitas di sini. Siapkan 2 buah potongan tuna steak frozen, lalu diamkan hingga tidak beku lagi, kemudian iris tipis dengan ketebalan sesuai selera dan ikuti seratnya.Sedangkan bahan-bahan lainnya ialah sayuran pelengkapnya sebagai berikut.

1 buah wortel, kupas dan iris-iris memanjang agak tebal 

8 buah buncis, yang dipotong agak panjang

Kentang, kupas dan iris memanjang juga jika akan digoreng, atau bisa juga di kukus atau di rebus lalu kupas dan ditumbuk serta campur dengan irisan seledri. Sedangkan jumlahnya sesuai selera, bisa 1 buah atau lebih.

Bumbu-bumbu

Bumbu-bumbunya ialah sebagai berikut

Garam sekitar 2 sendok teh

merica bubuk 1 sendok the

Bawang putih 2 siung, kupas dan haluskan atau bisa gunakan bubuk bawang putih sesuai selera

Minyak goreng secukupnya guna menggoreng steak ikan tuna hingga bisa tercelup seluruh permukaannya

Bahan untuk Balutan Steak

Telur 1 butir

Garam 1/4 sendok teh

Merica bubuk 1/4 sendok teh

Bawang putih 1 siung, kupas lalu haluskan atau cincang kecil-kecil

Tepung terigu 1 sendok makan

Jika mau membuat resep tuna pedas maka bisa tambahkan dengan bubuk cabe sesuai selera.

Bahan Saus Steak

Sebagai saus steaknya bisa beli saus berbekyu jadi, atau saus black pepper jadi dan lain sebagainya sesuai selera atau bisa buat sendiri dengan bahan-bahan saus berupa berikut ini.

minyak goreng 5 sendok makan

Bawang putih 3 siung, kupas dan geprek, atau haluskan  atau dicincang kecil-kecil

Bawang merah besar, kupas dan iris-iris agak tipis

Tomat, 1 hingga 2 buah dipotong dadu

Air sekitar 400 ml 

gula pasir 1 sendok teh

garam 1 sendok teh

tepung maizena, 2 sendok teh lalu larutkan dengan  air biasa sedikit saja

Saus tomat satu sendok makan

saus tiram satu sendok makan

Cara Pembuatan

Sayuran wortel dan buncis dikukus atau direbus, selama 7 menit, untuk wortelnya, lalu pada menit ke 3, bisa dimasukkan buncisnya. Hal ini karena tekstur wortel yang lebih keras.

Lalu kentangnya bisa digoreng atau direbus kemudian ditumbuk, sesuai selera. Jika dibuat kentang tumbuk maka bisa dicampurkan bawang putih yang telah dihaluskan dan taburan seledri iris, serta bumbu merica halus, sehingga bisa lebih enak rasanya.

Selanjutnya persiapkan tuna filetnya.

Campurkan bumbu-bumbunya yaitu 

garam, dan merica, serta bawang putih yang telah dihaluskan ke dalam suatu wadah lalu masukkan potongan tunanya dan balurkan bumbu-bumbu tersebut ke seluruh permukaan daging tuna hingga bumbu meresap, secara merata. Lalu diamkan sejenak, dan siapkan adonan balutan steaknya.

Pecahkan telur pada suatu wadah lalu tambah dan campur dengan bumbu berupa garam, dan merica, serta bawang putih. Kemudian kocok hingga telur dan bumbu tercampur merata.

Lalu persiapkan tepung terigu pada yang berbeda. Jika suka pedas maka nisa tambahkan bubuk cabai pada tepungnya dan aduk hingga merata.

Selanjutnya celupkan irisan tuna yang telah dibaluri bumbu tadi pada kocokan telur, hingga ke seluruh permukaannya tertutup telur. Lalu berikutnya angkat potongan tuna kemudian letakkan pada campuran tepung pembalutnya. Lalu guling-gulingkan hingga merata dan tertutup seluruh permukaannya dengan tepung tadi. 

Lakukan hal ini berulang-ulang hingga selesai seluruh potongan ikan tuna nya terbalut tepung semua. 

Lalu goreng hingga matang.

Kemudian panaskan tomat dan bumbu garam, gula serta bawang, bisa beri tambahan air larutan maizena dan bubuk kaldu ayam jika suka kental. Lalu sajikan. Mudah bukan Sahabat sehat.

Source: Resep Ikan