Home » Blog » 3 Ide Membuat Steak Tuna yang Gampang dan Enak 

3 Ide Membuat Steak Tuna yang Gampang dan Enak 

ide menu steak tuna

Apakah sahabat sehat pernah mencoba untuk membuat steak tuna ? Mungkin beberapa orang sudah pernah memakannya namun belum pernah untuk mengolahnya langsung. Padahal ternyata ada banyak sekali ide menu steak tuna dengan berbagai macam tambahannya. 

Manfaat ikan tuna ini ternyata sangat banyak karena memiliki kandungan lemak, protein maupun asam lemak omega-3 yang tinggi. Beberapa manfaat tuna yang wajib sahabat sehat tau yaitu dapat mencegah anemia, menyehatkan jantung dan memenuhi kebutuhan protein kalian. 

Maka dari itu perlu untuk mengonsumsi tuna. Nah berikut beberapa cara membuat steak tuna dengan berbagai bahan tambahan lainnya sebagai berikut :

1. Steak Tuna Saus Mushroom

Nah sahabat sehat, inilah bahan-bahan untuk membuat steak tuna saus mushroom sebagai berikut :

  250 gr tuna fillet

  1 bawang putih dihaluskan

  2 sdm garam dan merica

  50 gr demi glace

  Jamur kancing 

Cara membuat steak tuna ini dengan memotong tuna dan bumbui dengan merica dan garam secukupnya, diamkan. Lalu tumislah jamur dengan bawang putih dan garam. Masak demi glace dengan 500 ml air hingga mendidih dan masukkan jamur tadi. Masak hingga kuah menjadi kental, tak lupa masukkan gula dan garam.

Selanjutnya masak tuna sebentar dengan butter, lalu dibolak-balik hingga warna berubah menjadi cokelat keemasan Setelah itu bisa siram saus mushroom diatas tuna dan siap untuk dihidangkan.

2. Steak Tuna Bumbu Madu

Bagi sahabat sehat yang menyukai makanan manis, madu sangat cocok menjadi tambahan, berikut bahan-bahan yang dibutuhkan :

  500 gr tuna fillet 

  2 bawang putih (dihaluskan)

  2 bawang merah (dihaluskan)

  1 sdt garam 

  100 ml air

  3 sdm madu

  Merica secukupnya.

  Minyak goreng secukupnya

Bahan Saus

  1 buah tomat segar

  7 buah cabe rawit

  5 buah cabe merah keriting 

  Gula jawa

  Kaldu jamur secukupnya

  Garam secukupnya

Masak ikan dengan memanaskan minyak, lalu masukkan bawang putih dan bawang merah. Tambahkan air secukupnya, tak lupa juga tambahkan madu dan garam. Masukkan ikan tuna, masak hingga matang dan kuah menyusut. Lalu panggang ikan tadi dan dibolak-balik. 

Untuk saus, sahabat sehat bisa menumis bumbu saus tadi hingga kuah mulai mengental. Lalu masakan bisa disajikan di piring.

3. Steak Tuna Bumbu Kacang

Ide menu steak tuna selanjutnya yaitu dengan bahan-bahan sebagai berikut :

  250 gr tuna fillet

  3 bawang putih yang sudah dihaluskan

  5 bawang merah yang sudah dihaluskan

  250 gram kacang tanah goreng dan sudah dihaluskan

  1 tangkep gula merah

  Garam, lada dan air secukupnya.

Caranya dengan memotong tuna memanjang dan dibumbui dengan merica dan garam secukupnya, lalu diamkan. Kemudian masak bumbu halus tadi hingga harum, lalu masukkan kacang halus. Tambahkan air secukupnya.

Tambahkan garam, merica, lada, dan tak lupa gula merah juga, masak hingga matang. Kemudian bumbu kacang tersebut dioleskan ke tuna secara merata dan tambahkan kecap juga. Lalu panggang ikan tuna dan bisa dibolak-balik hingga warna merah kecokelatan dan makanan bisa segera dihidangkan.

Nah itulah beberapa ide menu steak tuna dengan berbagai macam tambahan yang gampang diolah dan dipraktikkan oleh sahabat sehat semua.

Sumber : Cookpad

Gambar oleh Jeff Balbalosa dari Pixabay