Home » Blog » Coba Resep Steak Tuna untuk Diet dan Varian Sausnya!

Coba Resep Steak Tuna untuk Diet dan Varian Sausnya!

resep steak tuna diet

Sahabat sehat, apakah ada pernah merasa guilty saat memilih makanan? Terutama untuk beberapa dari sahabat sehat yang sedang menjalani program sehat untuk tujuan tertentu dari dokter atau program diet. Seperti contohnya saja, mungkin beberapa dari anda sudah beralih mengkonsumsi daging ikan yang dinilai lebih light dan sehat. 

Pada artikel kali ini, kita akan membahas olahan steak dari ikan, khususnya ikan tuna. Ikan tuna sangatlah sehat karena mengandung Vitamin D, B16, dan B12.

Selain itu, kandungan kalori dalam ikan tuna lebih sedikit dari ikan lainnya. Ini alasannya, kenapa ikan tuna baik untuk dijadikan bahan resep steak tuna diet sahabat. Kita lihat yuk sahabat sehat, resep steak tuna diet dan variannya! 

Resep Steak Tuna Diet

Kita akan membahas cara masak ikan tuna yang enak, in the version of steak. Sahabat sehat bisa berkreasi dengan saus-saus unik untuk menemani resep steak tuna untuk diet yang akan sahabat sehat buat. Pertama-tama, mari kita simak cara pembuatan steak tuna diet terlebih dahulu. 

Bahan – Bahan Resep Steak Tuna untuk Diet :

  • 100 – 200 gram Ikan Tuna Fillet (bisa juga dipotong supreme)
  • 2 sdm minyak zaitun (untuk menggantikan minyak biasa yang kandungan kolestrolnya lebih tinggi)
  • 2 siung bawang putih 
  • Satu jumput garam & lada (bisa disesuaikan)
  • Daun rosemary atau dill (untuk wewangian atau aroma) 

Setelah menyiapkan bahan-bahan tersebut, sahabat sehat hanya perlu membakarnya di teflon/pan yang anda miliki. Selama proses, sahabat sehat bisa mengguyur ikan tuna dengan minyak zaitun yang digunakan dengan bawang putih & daunnya.

Hal ini dilakukan agar bumbu dan aroma semakin meresap pada ikan tuna. Setelah proses ini, mari kita melihat cara-cara menyajikan resep steak tuna untuk diet yang enak!

Saus Gravy 

Saus gravy, merupakan salah satu saus yang cukup diminati oleh masyarakat untuk hidangan steak. Saus ini dibuat dengan kaldu sapi cokelat atau brown beef stock yang dikentalkan dengan roux (margarin dan terigu). Tidak perlu bahan-bahan yang ribet, saus pengiring resep steak tuna untuk diet ini bisa dibuat dengan roasted mirepoix (bawang bombay, wortel, dan seledri yang dibakar hingga kecokelatan), kaldu sapi, seasoning, dan roux pengental. 

Mushroom Sauce 

Tak kalah populer dari saus gravy, penikmat saus ini juga banyak loh! Sahabat sehat bisa menggunakan saus ini untuk dihidangkan bersama resep steak tuna untuk diet anda. Sahabat sehat hanya memerlukan jamur champignon atau shitake, tumisan bawang bombay, cooking cream, seasoning (garam dan lada hitam), dan air. Masak semua bahan hingga mengental, dan tadaaa.. mushroom sauce pun telah jadi dan siap menjadi saus pendamping resep steak tuna untuk diet sahabat sehat.

Saus BBQ 

Sahabat sehat hanya perlu mencampurkan tomat, krim, dan kecap inggris untuk membuat saus BBQ yang lezat. Jika anda tidak memiliki banyak waktu, tenang saja! Saus BBQ ini sudah banyak ditemukan dalam bentuk instannya yang bisa langsung dibeli & dikonsumsi. 

Saus Keju 

Saus ini saus yang dinilai paling OG dan memiliki peminat yang lebih luas karena anak-anak pun biasa cenderung menyukainya. Sahabat sehat hanya perlu merebus susu & parutan keju hingga mengental untuk membuat saus ini. Tambahkan seasoning seperlunya saja untuk mengimbangi rasa.

Itulah beberapa varian saus yang bisa dihidangkan bersama dengan resep steak tuna untuk diet sahabat sehat. Semoga bermanfaat! 

Sumber : Cookin

Photo by Engin Akyurt from Pexels