Home » Blog » 2 Resep Steak Ikan Tuna: Lada Hitam dan Rica-Rica A La Hotel Bintang 5!

2 Resep Steak Ikan Tuna: Lada Hitam dan Rica-Rica A La Hotel Bintang 5!

resep steak tuna lada hitam

Sahabat sehat, tentunya sudah tidak asing jika mendengar ikan tuna, kan? Jenis ikan yang cukup populer di kalangan masyarakat, yang bisa selalu menjadi pilihan untuk masakan oriental dan western. Tidak seperti kebanyakan ikan lain, daging ikan tuna ini berwarna merah muda bukan putih. Ikan tuna sendiri merupakan ikan air laut. 

Perlu diketahui sahabat sehat, ikan tuna merupakan ikan yang mudah ditemui di pasaran. Sahabat sehat tidak perlu takut, karena harganya pun berkisar cukup terjangkau.

Mulai dari Rp 25.000,- sampai dengan Rp 75.000,-.  Olahan ikan tuna ini juga penuh manfaat bagi kesehatan loh. Nah, kira-kira ikan tuna enaknya dimasak apa aja ya? Mari kita simak bersama-sama! 

Resep Makanan Ikan Tuna Rica – Rica 

Untuk sahabat sehat yang pecinta pedas, resep makanan ikan tuna rica – rica ini perlu dicoba! Tidak perlu khawatir, selain resep steak tuna lada hitam, rica-rica termasuk resep yang simpel dan sangat sederhana. Sahabat sehat bisa mencobanya dengan bahan-bahan yang ada di rumah dan proses pemasakan yang relatif singkat. Dengan waktu yang cepat, sahabat sehat sudah bisa membuat suatu hidangan dengan aroma dan cita rasa yang sangat menggugah selera. 

Bahan – Bahan Yang Diperlukan :

  • 500 gram ikan tuna fillet 
  • 1 sendok makan air perasan jeruk nipis
  • 1 batang serai geprek
  • 2 helai daun jeruk & kemangi yang telah disiangi. 
  • Bumbu merah (6 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 5 cabai merah dan cabai keriting yang dihaluskan)
  • Seasoning (garam, lada, gula). 

Cara Membuatnya : 

  1. Bersihkan dan bumbui potongan ikan tuna selama kurang lebih 10 menit. Setelah bumbu meresap, goreng hingga tekstur ikan renyah. 
  2. Tumis bumbu halus, serai, dan daun jeruk. Berikan sedikit air dan biarkan hingga kuah menyusut. Setelah itu, masukkan ikan dan tumis sebentar. Olahan ikan tuna pun telah siap. 

Resep Steak Tuna Lada Hitam 

Siapa bilang steak hanya bisa dibuat dengan daging sapi dan ayam? Resep steak tuna lada hitam ini bisa sahabat sehat coba di rumah. Sahabat sehat bisa menggunakan potongan ikan tuna yang berukuran sedikit lebih besar untuk resep steak tuna lada hitam. Berikut adalah bahan – bahan yang diperlukan resep steak tuna lada hitam.

Bahan – Bahan Yang  Diperlukan :

  • 2 siung bawang putih
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 1 jumput garam & lada 
  • Daun rosemary atau dill. 
  • Saus Lada Hitam

Cara Memasak :

  1. Panaskan minyak di teflon/pan yang anda punya. Masukkan ikan tuna untuk dibakar bersama bawang putih & daun rosemary/dill agar wangi. 
  2. Berikan seasoning garam dan lada, siram dan olesi ikan tuna dengan minyak tumisan bersamaan dengan bawang putih dan daun yang sahabat sehat pakai. Panggang hingga cukup matang.
  3. Olesi dan tuangkan steak tuna dengan saus lada hitam. Jika lebih suka dicelupkan, penyajian steak tuna dan saus lada hitam bisa terpisah. 

Bagaimana, sahabat sehat? Setelah membaca kedua resep olahan ikan tuna; resep makanan ikan tuna rica – rica dan resep steak tuna lada hitam. Mudah dan sederhana, kan? Sahabat sehat bisa mulai mencoba membuat kedua resep tersebut dalam waktu luang anda, untuk menghidangkan makanan yang aromatik bagi keluarga & kerabat. Selamat mencoba!

Sumber : Macam resep ikan

Photo by cottonbro from Pexels